home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Jenis Olahraga Kardio yang Aman Jika Anda Sakit Lutut

5 Jenis Olahraga Kardio yang Aman Jika Anda Sakit Lutut

Nyeri di bagian sendi dan sakit lutut menjadi hambatan utama bagi Anda yang senang olahraga kardio. Apalagi olahraga kardio sangat erat dengan gerakan-gerakan yang menekan seluruh persendian, termasuk bagian kaki dan lutut Anda. Jangan khawatir, Anda tetap bisa meneruskan kebiasaan olahraga kardio walaupun sedang sakit lutut, lho! Apa saja olahraga kardio yang boleh dilakukan dan bagaimana cara melakukannya agar aman untuk sakit lutut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Bolehkah berolahraga kardio saat sedang sakit lutut?

Menurut dr. Willibald Nagler dari Cornell Medical Center di New York, olahraga adalah pengobatan terbaik untuk meredakan nyeri lutut kronis, seperti dilansir dari laman Prevention. Pasalnya, olahraga dapat menguatkan otot-otot di sekitar sendi yang dapat mengurangi tekanan pada lutut.

Kabar baiknya, cedera di pergelangan kaki atau lutut tidak akan menghalangi Anda melakukan olahraga kardio. Bahkan, olahraga kadio justru dapat membantu penyembuhan luka dengan mengalirkan sel darah yang mengandung oksigen ke area yang sakit.

Jenis olahraga kardio yang tepat untuk Anda yang sakit lutut

Meski olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan lutut, Anda tidak bisa sembarang melakukan olahraga kardio. Anda wajib mengikuti teknik-teknik tertentu agar lutut Anda tidak semakin nyeri. Nah, berikut adalah jenis olahraga kardio yang baik dan aman untuk Anda yang mengalami masalah sakit lutut, di antaranya:

1. Renang

Bagi Anda yang menyukai olahraga renang, ini termasuk kabar baik bagi Anda. Pasalnya, renang menjadi salah satu olahraga kardio terbaik yang tidak memberatkan kerja lutut. Renang dengan gaya kupu-kupu atau gaya punggung, misalnya, dapat membantu membakar kalori secara signifikan sekaligus melatih semua otot utama dalam tubuh, terutama otot perut dan otot dada.

Selain kedua gaya renang tersebut, Anda juga bisa memilih gaya bebas yang dapat membantu membakar 100 kalori lebih banyak ketimbang jogging. Pada intinya, gaya apa pun yang Anda lakukan saat renang sama-sama membantu menguatkan otot-otot seluruh tubuh Anda.

2. Sepeda listrik elliptical

Meski sedang sakit lutut, Anda tetap bisa melakukan olahraga kardio menggunakan sepeda listrik elliptical. Walaupun melibatkan gerakan mengayuh sepeda, alat ini justru baik untuk meminimalisir cedera di bagian lutut, punggung, leher, dan pinggul selama Anda tidak melepaskan pijakan kaki ke pedal sepeda listrik tersebut.

Alat ini bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung dan tentunya membuat Anda berkeringat. Setiap kayuhan yang Anda lakukan dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda, tanpa membuat lutut Anda semakin sakit.

3. Mendayung

Olahraga yang satu ini sudah pasti tidak melibatkan kekuatan lutut Anda. Ya, mendayung adalah salah satu olahraga kardio terbaik untuk membakar kalori tanpa memberikan tekanan pada sendi lutut Anda. Tidak hanya melatih otot-otot tubuh, olahraga mendayung juga akan memaksimalkan kekuatan inti organ jantung setiap kali Anda menarik dayung sekuat tenaga.

4. Bersepeda

Olahraga yang satu ini sudah pasti melibatkan kekuatan lutut dan bagian kaki lainnya. Eits, tunggu dulu. Olahraga bersepeda tergolong aman dan tidak membuat sakit lutut Anda meradang, malah meningkatkan kelenturan dan kekuatan lutut Anda. Hal ini didukung oleh American Arthritis Society yang mengatakan bahwa beberapa kasus cedera lutut dan osteoarthritis dapat berangsur-angsur membaik dengan bersepeda.

Namun, pastikan untuk tidak memberi tekanan berlebih pada lutut Anda dengan menghindari jalanan menanjak. Posisikan jok sepeda sedikit lebih tinggi untuk mengurangi tekanan pada tempurung lutut Anda.

5. Step-up

Bila Anda ingin melakukan olahraga kardio dengan intensitas rendah, cobalah dengan gerakan step-up. Di sini Anda memerlukan bantuan kursi atau bangku yang kokoh dengan ketinggian tertentu sebelum memulai gerakan ini.

Pertama-tama, pijakkan kaki kanan ke bangku, lalu dorong tubuh Anda ke atas menggunakan otot bokong sehingga kaki benar-benar lurus dan kaki kiri terangkat dari tanah. Perlahan-lahan turunkan tubuh sampai kaki kiri menyentuh tanah, kemudian disusul oleh kaki kanan. Ulangi sebanyak 10 kali untuk membakar kalori yang lebih banyak.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

5 Great Cardio Exercises For People With Bad Knees. http://www.womenshealthmag.co.uk/fitness/sports-injuries/3195/5-best-cardio-exercises-workout-bad-knee-injury/. Accessed 5/3/2018.

Cardio With a Knee Injury. https://www.livestrong.com/article/298067-cardio-with-a-knee-injury/. Accessed 5/3/2018.

The Best and Worst Exercises for Bad Knees. https://www.prevention.com/fitness/exercises-knee-pain. Accessed 5/3/2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x