7 Buah yang Paling Baik Dikonsumsi untuk Meredakan Sakit Pinggang

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 28/03/2020
Bagikan sekarang

Ketika sakit pinggang melanda, rasanya pasti sangat mengganggu. Apalagi jika gejala nyerinya sampai membuat Anda sulit bergerak dan beraktivitas bebas. Nah selain minum obat pereda nyeri pinggang, ada baiknya Anda juga menjaga kesehatan otot dan persendian dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Psstt.. tujuh buah ini bisa Anda konsumsi sebagai camilan untuk bantu meredakan sakit pinggang dan punggung bawah, lho!

Macam-macam buah untuk meredakan sakit pinggang

Buah adalah salah satu jenis makanan yang menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Makan buah tidak hanya membantu mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin harian, tapi juga dapat mengatasi nyeri.

Buah memang bukan obat penyembuh. Namun, mengutip Everyday Health, khususnya buah berwarna terang diperkaya dengan kandungan antiradang yang tinggi sehingga mampu meringankan peradangan yang memicu nyeri.

Berikut beberapa pilihan buah lezat yang bisa Anda jadikan camilan sore untuk meringankan sakit pinggang dan punggung bawah:

1. Buah bit

Buah bit yang berwarna merah keunguan kaya akan antioksidan bernama betalain. Betalain dilaporkan berfungsi melawan proses peradangan dalam tubuh yang muncul sebagai respon dari cedera atau adanya infeksi.

Manfaat buah bit pun telah terbukti manjur oleh beberapa penelitian untuk mengurangi peradangan kronis yang memicu gejala arthritis (radang sendi), sakit pinggang, serta osteoporosis.

2. Ceri

Buah ceri populer digunakan untuk mempercantik kue. Namun, buah merah bulat yang rasanya manis ini ternyata bermanfaat untuk meredakan sakit pinggang, lho!

Ceri dilaporkan tinggi akan kandungan antioksidan bernama anthocyanin yang dapat memperlambat proses peradangan di dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian, kandungan antioksidan ceri tampak mampu meredakan peradangan pada otot dan persendian lutut akibat osteoarthritis. Maka, bukan tidak mungkin jika buah ini juga sama ampuhnya untuk meringankan sakit pinggang.

3. Stroberi

Buah stroberi yang juga berwarna merah menyala pun sama-sama diperkaya oleh antioksidan dan nutrisi penting lainnya untuk meredakan sakit pinggang.

Sebuah penelitian terbitan jurnal Nutritions tahun 2017 melaporkan bahwa asupan antioksidan dan vitamin C yang tinggi dalam stroberi secara drastis meringankan rasa sakit, peradangan, dan kualitas hidup keseluruhan pada orang dewasa yang mengidap nyeri kronis.

Selain itu, buah ini pun tinggi serat dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan sel dan struktur persendian tubuh.

4. Blueberry

Jarang mengonsumsi buah ini? Ternyata, blueberry mempunyai banyak kandungan fitronutrien seperti vitamin C dan antioksidan polifenol yang dapat melawan peradangan sekaligus mengurangi rasa sakit.

Blueberry juga khususnya mengandung tinggi antioksidan anthocyanin yang memiliki kemampuan anti-inflamasi kuat. Beragam penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan ini dapat menurunkan peradangan dan karenanya mengurangi rasa sakit.

5. Nanas

Buah asam berwarna kuning ini tinggi kandungan bromelain, yaitu enzim yang baik untuk mengatasi peradangan pemicu sakit pinggang dan arthritis (radang sendi).

Kandungan enzim bromelain dalam nanas juga dilaporkan dapat meringankan gejala rematik dan mempercepat perbaikan jaringan yang rusak akibatnya.

6. Anggur merah

Anggur merah (Red Globe) diperkaya dengan senyawa fitonutrien bernama resveratrol yang bersifat antiradang dan telah terbukti dapat melawan rasa sakit di dalam tubuh.

Tak hanya itu. Asupan resveratrol dapat menghambat pelepasan enzim yang berkontribusi pada degenerasi jaringan di sekitar pinggang. Resveratrol juga dilaporkan dapat melawan kerusakan tulang rawan di bagian punggung bawah serta pinggang.

7. Buah delima

Melansir Healthline, sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa ekstrak buah delima (pomegranate) dapat mengurangi stres oksidatif yang memicu peradangan dan reaksi nyeri. Penelitian yang sama juga menunjukkan buah delima bekerja menghalangi produksi enzim perusak tulang rawan.

Tidak hanya itu. Buah delima juga dilaporkan baik untuk membantu meredakan sakit di bagian pinggang dan punggung bawah, hingga gejala arthritis serta osteoarthritis.

Tidak mengherankan karena buah berwarna merah ini tinggi kandungan serat, protein, vitamin C, kalsium, dan vitamin K yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Apalagi, vitamin K dan kalsium bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Selain buah, makanan ini juga baik untuk sakit pinggang

Ada beberapa pilihan makanan lain selain buah untuk meredakan sakit pinggang. Pilihan makanan ini dapat membantu Anda mencegah dan mengurangi rasa sakit sehingga tidak malah menyebar ke area lainnya.

1. Makanan tinggi omega-3

Beberapa penelitian telah membuktikan asam lemak omega-3 bermanfaat untuk mengobati peradangan otot. Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak omega-3 mampu mengendalikan reaksi imun dalam tubuh.

Anda dapat memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 dari ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, telur, serta kacang kedelai. Jika tidak memungkinkan, coba untuk konsumsi suplemen yang mengandung minyak ikan omega-3.

2. Makanan tinggi protein

Daging ayam, kalkun, dan ikan mengandung protein yang tinggi. Begitu juga dengan daging sapi tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan.

Makanan tinggi protein akan membantu proses pemulihan otot dan tulang Anda. Namun, kalau Anda punya kondisi kesehatan khusus seperti penyakit ginjal, asam urat atau hipertensi, konsultasikan dulu dengan dokter makanan sumber protein apa yang paling aman dikonsumsi.

3. Sayur

Selain memperbanyak makan tujuh buah di atas, seimbangkan dengan ragam sayuran berwarna cerah untuk mempercepat pemulihan sakit pinggang.

Sayuran berwarna terang seperti kale, bayam, ubi, brokoli, parsley, dan bawang bombay merah dilaporkan memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi sehingga dapat lebih cepat melawan peradangan pada otot-otot di punggung bawah dan pinggang pemicu sakit.

Selain itu, sayuran yang tinggi magnesium juga baik untuk melemaskan otot sehingga tidak terasa terlalu tegang. Pilihan buah dan sayur untuk obat sakit pinggang herbal lainnya adalah bayam, alpukat, dan pisang.

4. Karbohidrat kompleks

Terbiasa makan nasi putih? Jika sakit pinggang Anda cukup kronis, tidak ada salahnya untuk mengganti dengan makanan pokok lain yang tinggi karbohidrat kompleks, misalnya roti gandum, oatmeal, atau beras merah.

Karbohidrat kompleks tetap mampu memberikan energi pada tubuh tanpa memicu peradangan di dalam tubuh.

5. Makanan tinggi kalium

Kalium tidak hanya berperan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh serta mengendalikan tekanan darah. Kalium juga berkhasiat untuk menjaga fungsi otot serta saraf, serta mengurangi pembengkakan pada otot-otot pinggang juga punggung yang masih sakit.

Makanan tinggi kalium selain buah untuk sakit pinggangyang bisa Anda konsumsi di antaranya adalah pisang, tomat, kentang, yogurt, dan produk olahan susu lainnya.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    7 Penyebab Sakit Pinggang pada Wanita, dan Cara Mengatasinya

    Hampir semua orang pernah sakit pinggang sekali seumur hidup. Namun, penyebab sakit pinggang pada wanita muda ternyata berbeda dengan yang dialami pria.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina

    Kurang Minum Air Putih Bisa Sebabkan Sakit Pinggang, Ini Alasannya

    Kurang minum air putih tidak hanya menimbulkan gejala dehidrasi, tapi juga bisa menyebabkan sakit pinggang. Mengapa demikian?

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu

    5 Macam Olahraga untuk Mengobati Sakit Pinggang

    Sakit pinggang itu menyiksa, tapi bukan berarti Anda hanya bisa rebahan. Untuk beberapa orang, mengobati sakit pinggang cukup efektif dengan cara olahraga.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina

    4 Tips Cegah Nyeri Pinggang Saat Duduk Lama di Mobil, Bus, Kereta, Atau Pesawat

    Duduk lama di kendaraan bisa memicu nyeri pinggang bawah kembalu kambuh. Tidak perlu cemas, ikuti tips mencegah nyeri pinggang saat duduk lama berikut ini.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji

    Direkomendasikan untuk Anda

    perbedaan sakit pinggang haid dan hamil

    Cara Membedakan Sakit Pinggang Karena Haid dan Hamil

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 31/03/2020
    terapi sakit pinggang

    8 Pilihan Terapi untuk Mengobati Sakit Pinggang Kronis yang Mengganggu

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 27/03/2020
    nyeri punggug sebelah kiri

    7 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri, dan Berbagai Cara Mengatasinya

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 12/03/2020
    obat sakit pinggang alami

    7 Obat Alami yang Direkomendasikan untuk Meredakan Sakit Pinggang

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 11/03/2020