Kenapa Kanker Payudara Stadium 4 Dapat Menimbulkan Pneumonia?

Oleh

Bahkan jika terjadi pada  individu yang sehat, pneumonia adalah kondisi yang sulit untuk diobati. Apalagi jika menjangkiti orang yang sudah lemah karena kanker payudara stadium lanjut. Cari tahu bagaimana beberapa pengobatan kanker payudara dapat meningkatkan risiko pneumonia sehingga Anda dapat menghindarinya.

Apa itu pneumonia?

Pneumonia adalah infeksi yang terjadi pada kantung udara di paru-paru. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh bakteri, jamur, ataupun virus. Pneumonia juga dapat mempengaruhi satu ataupun dua paru-paru pada waktu yang sama.

Pneumonia memiliki tanda-tanda dan gejala yang berbeda pada setiap orang tergantung pada tingkat parahnya infeksi paru-paru. Kasus infeksi dapat terjadi dari mulai infeksi yang paling ringan sampai pada tingkatan yang dapat mengancam jiwa seseorang. Banyak gejala pneumonia yang sangat mirip dengan flu atau pilek. Gejalan pneumonia biasanya mirip dengan gejala flu dengan jangka waktu yang lebih lama.

Berikut adalah gejala-gejala pneumonia

  • Demam
  • Perasaan tidak nyaman
  • Berkeringat lebih
  • Batuk berdahak
  • Diare, mual dan muntah
  • Sakit dada
  • Nyeri ataupun lelah pada otot
  • Kelelahan

Kanker stadium lanjut dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan mampu meningkatkan risiko terkena pneumonia. Penderita kanker juga biasanya menemukan kesulitan untuk  mengatasi infeksi ini.

Pneumonia pada kanker stadium 4

Pada tahap stadium 4 kanker, sel kanker telah menyerang organ-organ lain di dalam tubuh atau yang disebut dengan metastasis. Penderita kanker pada stadium ini mungkin masih berusaha untuk mengobati ataupun mengangkat kanker namun penderita kanker sering menghadapi penurunan kesehatan. Itulah sebabnya berkembangnya pneumonia pada penderita kanker payudara stadium 4 dapat menimbulkan masalah.

Berikut adalah tiga penyebab terjadinya pneumonia pada penderita kanker stadium akhir, yaitu:

Metastasis

Pada tahapan ini kanker sudah menyebar pada organ tubuh lain. Biasanya kanker telah menyebar dan bermetastasis ke daerah tulang, jaringan, dan organ tubuh di dekatnya. Kanker stadium 4 payudara paling sering menyebar ke organ tubuh seperti paru-paru, hati, dan otak.

Kanker yang telah menyebar ke paru-paru akan membuat pasien menjadi lebih lemah karena tubuh menghadapi kesulitan dalam melawan bakteri dan infeksi. Kanker yang telah menyebar ke paru-paru juga membuat paru-paru rentan terhadap infeksi seperti terkena pneumonia.

Komplikasi pasca operasi

Pasien kanker payudara bisa berkali-kali menjalani operasi untuk mengangkat kanker ataupun mengobati komplikasi. Sayangnya, operasi dapat menyebabkan efek buruk lain sehingga kondisi tubuh menjadi semakin rapuh. Penelitian menemukan pneumonia dapat terjadi dalam bebeapa minggu atau bulan setelah dilakukannya operasi kanker payudara.

Pengobatan dengan radiasi

Jaringan tubuh dan tulang di sekitar kanker payudara biasanya akan terkena radiasi saat pengobatan atau disebut dengan obliterans bronchiolitis yakni kondisi yang mengorganisir pneumonia atau BOOP. BOOP adalah suatu kondisi di mana paru-paru memiliki hubungan dengan pengobatan kanker. Pengobatan kanker dengan radiasi dapat menyebabkan BOOP meskipun kasusnya  tidak sering terjadi.

Pengobatan pneumonia pada kanker stadium 4

Banyak kasus munculnya pneumonia bisa diobati meskipun kebanyakan kasus pneumonia ini sulit untuk diobati. Mengobati pneumonia merupakan proses pengobatan yang panjang karena membutuhkan waktu dalam beberapa minggu atau bulan agar pasien dapat merasa sehat lagi. Proses pengobatan akan menjadi lebih lama jika seseorang sebelum terkena pneumonia sudah dalam keadaan sakit.

Pengobatan yang umum dilakukan untuk mengobati pneumonia yaitu:

Antibiotik

Antibiotik dapat mengobati pneumonia yang disebabkan oleh bakteri. Beberapa jenis bakteri dapat bertanggung jawab terhadap terjadinya pneumonia di dalam tubuh sehingga dokter pun perlu melakukan tes untuk menentukan jenis obat yang dibutuhkan pasien.

Obat anti virus

Obat anti virus ini mengobati pneumonia yang disebabkan oleh infeksi virus.

Obat batuk

Obat batuk tidak akan menyembuhkan pneumonia sepenuhnya namun obat batuk akan membantu pasien dalam mengatasi batuk yang sering menyertai pneumonia ini.

Obat nyeri tanpa resep

Obat nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen dan aspirin dapat menurunkan demam dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh pneumonia. Jika pasien telah didiagnosis pneumonia pada saat menderita kanker payudara stadium 4, pengobatan harus dikonsultasikan dengan dokter untuk mengetahui pilihan pengobatan yang sesuai.

Pentingnya mendeteksi pneumonia

Kanker payudara stadium lanjut dapat terjadi karena berbagai gejala dan komplikasi kesehatan. Di luar kondisi metastasis, kanker payudara stadium 4 juga bisa membawa banyak penyakit yang disebabkan karena pengobatan. Kemoterapi, radiasi, operasi, dan pengobatan kanker payudara lainnya dapat menyebabkan banyak efek samping pada penderita kanker termasuk efek mual dan kelelahan. Oleh karena itu, mengetahui penyebab pneumonia menjadi sangat penting karena pasien dapat mengetahui penyebab perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Jika pasien memiliki kanker payudara stadium 4 dan juga mengalami gejala pneumonia, ia harus segera menghubungi dokter agar kondisinya dapat cepat ditangani.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca