Kanker Payudara Stadium 3: Tahap, Harapan Hidup, dan Pengobatan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/02/2020
Bagikan sekarang

Mungkin dunia serasa runtuh ketika dokter mendiagnosis Anda memiliki kanker payudara stadium 3. Akan timbul banyak pertanyaan di benak Anda. Apa akibatnya, berapa lama lagi dapat hidup, dan pengobatannya. Setiap tahapan kanker payudara memiliki pengobatan yang berbeda. Mari kenali lebih jauh tentang tahapan kanker ini.

Kanker payudara stadium 3 apakah bisa sembuh?

sembuh dari kanker payudara

Kanker payudara stadium 3 adalah kondisi sel kanker yang telah menyebar hingga ke luar payudara. Meski begitu, penyebarannya masih terbatas hingga ke jaringan terdekatnya saja.

Jaringan terdekat payudara, antara lain kelenjar getah bening atau otot sekitar payudara. Pada tahap ini sel kanker juga belum menyebar ke organ-organ lain seperti jantung atau hati.

Pada tahap ini, kanker sudah dianggap masuk stadium lanjut. Dikatakan lanjut karena biasanya perkembangan kanker lebih agresif dan ada kemungkinan muncul kembali setelah diobati.

Meski demikian, bukan berarti kanker payudara yang Anda derita tidak dapat disembuhkan sama sekali.

Pembagian kategori kanker payudara stadium 3

Secara umum, dokter membagi kanker payudara stadium 3 dalam tiga kategori spesifik, yaitu:

Stadium 3A

Ada tiga kemungkinan yang mungkin Anda alami di fase kanker payudara stadium 3A, yaitu:

  • Mungkin ada (atau tidak ada) tumor di payudara, dengan ukuran kecil hingga besar. Sel kanker ditemukan di 4-9 kelenjar getah bening di sekitarnya
  • Tumor berukuran lebih besar dari 5 cm dan ada kelompok kecil sel kanker yang ditemukan di kelenjar getah bening di dekatnya
  • Tumor berukuran lebih besar dari 5 cm dan ditemukan hingga di 3 kelenjar getah bening terdekat di bawah lengan atau dekat tulang dada

Stadium 3B

Tahap ini berarti tumor telah menyebar ke kulit payudara atau dinding dada. Dinding dada adalah struktur yang mengelilingi dan melindungi paru-paru, seperti tulang rusuk, otot, kulit, atau jaringan ikat.

Sel kanker juga sudah membuat kulit rusak dan menyebabkan pembengkakan. Pada tahap ini, sel kanker kemungkinan telah menyebar hingga ke-9 kelenjar getah bening di ketiak atau dekat tulang dada.

Stadium 3C

Pada kanker payudara stadium 3C, payudara biasanya memiliki tumor dengan ukuran berapa pun. Bahkan, bisa jadi tidak ada tumor sama sekali.

Selain itu, sel kanker juga telah menyerang dinding dada atau kulit payudara sehingga mengakibatkan peradangan atau luka borok.

Pada tahap ini, Anda juga biasanya mengalami salah satu kondisi berikut:

  • Sel kanker ditemukan di 10 atau lebih kelenjar getah bening ketiak
  • Kanker ditemukan di kelenjar getah bening yang mencapai tulang selangka
  • Kanker ditemukan di kelenjar getah bening di bawah lengan dan dekat tulang dada

Apa pun stadiumnya, sumber informasi terbaik adalah dokter Anda sendiri. Memahami dengan jelas tahapan kanker payudara yang Anda alami dapat membantu Anda untuk memahami pengobatan yang direkomendasikan dengan dokter.

Dengan begitu, Anda bisa membantu diri sendiri untuk mematuhi rencana pengobatan yang telah dibuat.

Harapan hidup kanker payudara stadium 3

herceptin obat kanker payudara risiko penyakit jantung

Menurut National Cancer Institute di Amerika Serikat, angka harapan hidup wanita pengidap kanker payudara stadium 3-5 tahun adalah sekitar 72 persen.

Artinya adalah sekitar 72 dari 100 wanita yang berada di stadium kanker payudara ini, diperkirakan akan tetap bertahan hidup selama 5 tahun setelah didiagnosis.

Sebagai perbandingan, angka harapan hidup untuk wanita dengan kanker payudara stadium 0 dan 1 hampir 100 persen, untuk kanker payudara stadium 2 sekitar 93 persen, dan stadium 4 sekitar 22 persen.

Meski lebih umum menyerang wanita, pria juga bisa saja terkena kanker payudara. Pria yang didiagnosis kanker payudara stadium 3 memiliki peluang harapan hidup yang sedikit lebih tinggi, yaitu 75 persen.

Jika dibandingkan, angka harapan hidup pria pada stadium 0 dan 1 sekitar 100 persen, sedangkan stadium 2 sekitar 87 persen, dan stadium 4 sekitar 25 persen.

Menurut American Cancer Society, peluang harapan hidup dapat juga terus meningkat sepanjang waktu. Apalagi kemajuan pengobatan juga sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Itu semua juga tergantung pada beberapa faktor, seperti usia, kebugaran fisik, respons tubuh terhadap pengobatan, jenis kelamin, dan ukuran tumor.

Konsultasikanlah dengan dokter Anda untuk mendapatkan angka harapan hidup yang lebih sesuai dengan kondisi Anda.

Pilihan pengobatan kanker payudara stadium 3

lama efek kemoterapi

Pada stadium 3, sel kanker telah menyebar luas hingga ke luar payudara dan kelenjar getah bening di dekatnya. Maka rencana pengobatann biasanya merupakan kombinasi dari beberapa terapi sekaligus. Cara ini dikatakan lebih efektif jika dibandingkan dengan menggunakan satu jenis metode pengobatan saja.

Dokter biasanya akan menentukan apakah kanker dapat ditangani dengan operasi atau tidak. Jika dokter yakin bahwa sebagian atau besar seluruh bagian kanker dapat diangkat melalui tindakan bedah, operasi akan dilakukan. 

Namun, jika dokter memutuskan bahwa kanker pada tahap ini tidak dapat ditangani dengan operasi, perawatan biasanya dilakukan dengan terapi. Perawatan itu termasuk kemoterapi atau radiasi.

Berikut berbagai pilihan perawatan yang direkomendasikan untuk pasien kanker payudara stadium 3:

Kemoterapi

Kemoterapi menjadi pengobatan utama untuk kanker payudara stadium 3. Kemoterapi terkadang dilakukan sebelum operasi untuk mengecilkan tumor sehingga lebih mudah untuk diangkat. Kemoterapi juga bisa dilakukan setelah operasi untuk menghancurkan sel-sel kanker yang tersisa setelah operasi.

Biasanya obat kemoterapi dikonsumsi secara oral atau disuntikkan langsung ke pembuluh darah. Tergantung dari jenis perawatannya, kemoterapi mungkin diberikan pada sebuah siklus dengan masa istirahat di antaranya.

Ada banyak efek samping dari kemoterapi dalam mengobati kanker payudara, tapi biasanya akan segera mereda ketika Anda selesai melakukan perawatannya. Efek samping prosedur ini di antaranya:

  • Meningkatkan risiko infeksi
  • Anemia
  • Memar dan perdarahan
  • Rambut rontok
  • Muntah
  • Masalah mulut dan gigi
  • Perubahan kulit dan kuku
  • Masalah ingatan dan konsentrasi
  • Gejala menopause

Operasi

Untuk mengobati kanker payudara stadium 3, dokter juga kerap menyarankan operasi atau pembedahan. Ada dua jenis pembedahan yang biasa direkomendasikan yaitu lumpektomi dan mastektomi.

Lumpektomi adalah pengangkatan tumor dan jaringan yang terkena di sekitar payudara. Sementara mastektomi adalah kondisi saat seluruh jaringan payudara diangkat termasuk kelenjar getah bening jika diperlukan.

Radiasi

Radiasi adalah prosedur yang biasanya direkomendasikan setelah operasi untuk membantu menghancurkan sel kanker yang mungkin masih tertinggal. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan sinar radiasi berenergi tinggi.

Terapi hormon

Terapi hormon adalah jenis pengobatan yang dilakukan dengan menghambat kerja hormon dan mencegah perkembangan sel kanker pada kanker payudara stadium 3. Terapi ini umumnya hanya efektif pada jenis sel kanker yang sensitif terhadap hormon.

Obat-obatan yang diberikan membantu mencegah tumor atau sel kanker mendapatkan hormon yang dibutuhkan untuk tumbuh. Obat juga bisa menghentikan indung telur untuk melepaskan hormon.

Obat-obatan yang biasanya digunakan yaitu:

  • Aromatase inhibitor anastrozole (Arimidex)
  • Exemestane (Aromasin)
  • Letrozole (Femara) untuk wanita pascamenopause

Terapi target

Terapi target adalah perawatan yang dilakukan hanya dengan menargetkan sel kanker tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.

Dokter akan menganjurkan terapi target jika sel-sel kanker payudara menunjukkan HER2/neu (perubahan genetik yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker).

Wanita dengan kanker payudara stadium 3 yang positif HER2 mungkin akan diresepkan ado-trastuzumab emtansine, lapatinib, neratinib, pertuzumab, atau trastuzumab.

Sumber foto: Bude & Beyond

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kapan Boleh Berhenti Periksa Mamografi?

Mamografi adalah salah satu cara untuk mendeteksi kanker payudara sejak usia 40 tahun. Lalu, kapan boleh berhenti periksa mamografi?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

Mengapa Neuroblastoma (Jenis Kanker Saraf) Bisa Terjadi pada Anak-Anak?

Sebagai salah satu jenis kanker yang menyerang sel saraf, neuroblastoma sering diderita oleh anak. Apa penyebab neuroblastoma pada anak?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Metastase Kanker Payudara

Metastase atau penyebaran kanker payudara juga bisa disebut sebagai kanker payudara stadium 4. Temukan gejala hingga angka harapan hidupnya di sini!

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin

Apa Alat Thermal Scanner yang Dipakai untuk Mendeteksi COVID-19?

Beberapa bandara melakukan uji menggunakan thermal scanner sebagai antisipasi pencegahan coronavirus. Apa itu sebenarnya thermal scanner?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Coronavirus, COVID-19 18/02/2020

Direkomendasikan untuk Anda

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
merawat pasien kanker payudara

7 Tips Merawat Pasien Kanker Payudara dalam Pengobatan

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 18/04/2020
seberapa sering tes mamografi

Seberapa Sering Wanita Perlu Melakukan Tes Mamografi?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 07/04/2020
pewarna rambut kanker payudara

Pewarna Rambut Permanen Ternyata Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020