Harapan Hidup Pada Penderita Kanker Payudara Metastasis

Oleh

Jika Anda telah diberi tahu bahwa Anda memiliki kanker payudara metastatik, ini berarti bahwa kanker telah berkembang dikenal sebagai “stadium 4.”

Kanker payudara stadium 4 didefinisikan memiliki penyebaran di luar jaringan payudara ke daerah lain dari tubuh.

Apa itu metastasis?

Untuk memahami prognosis kanker payudara stadium 4, akan membantu bila sebelumnya mengetahui sesuatu tentang proses metastasis. Ketika kanker “bermetastasis,” maka itu berarti telah menyebar di luar bagian tubuh dari tempatnya berasal. Dalam kasus kanker payudara, diagnosis stadium 4 mungkin berarti kanker telah mencapai tulang, paru-paru, hati, atau bahkan otak Anda.

Kanker payudara metastatik tidak sama bagi semua penderitanya. Gejala pada stadium 4 akan tergantung pada sejauh mana kanker telah menyebar di dalam tubuh Anda.

Meskipun kanker payudara metastatik belum ada obatnya, tapi bisa dirawat. Menerima pengobatan yang tepat dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan memperpanjang umur Anda.

Angka harapan hidup pada kanker payudara stadium 4

The American Cancer Society (ACS) menyatakan bahwa tingkat kelangsungan hidup selama lima tahun setelah diagnosa pada pasien kanker payudara stadium 4 adalah 22 persen.

Persentase ini jauh lebih rendah dari pada stadium awal. Pada stadium 3, lima tahun tingkat kelangsungan hidup relatif adalah 72 persen. Pada stadium 2, lebih dari 90 persen.

Karena tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi pada tahap awal kanker payudara, diagnosis, dan pengobatan dini sangat penting.

Apa yang mempengaruhi tingkat harapan hidup?

Tingkat harapan hidup bagi pasien kanker payudara didasarkan pada studi dari banyak pasien dengan kondisi tersebut. Statistik ini tidak dapat memprediksi kesehatan masa depan Anda dan umur Anda. Prognosis setiap orang berbeda. Harapan hidup penderita kanker payudara metastatik dapat dipengaruhi oleh:

  • Usia Anda
  • Kesehatan umum Anda
  • Reseptor hormon pada sel kanker
  • Jenis jaringan yang telah terpengaruh kanker
  • Sikap dan pandangan

Statistik yang perlu diketahui

Ada beberapa fakta umum yang membantu untuk mengetahui tentang prognosis kanker payudara. Menurut University of Maryland Medical Center (UMMC):

  • Setelah kanker paru-paru, kanker payudara menyebabkan kematian lebih banyak pada wanita daripada jenis kanker lainnya.
  • Perempuan dalam kelompok ekonomi yang lebih tinggi memiliki tingkat kelangsungan hidup lebih tinggi daripada wanita dalam kelompok yang lebih rendah.
  • Banyak wanita dengan kanker payudara sekarang hidup lebih lama daripada waktu dulu. Selama 10 tahun terakhir, jumlah kematian akibat kanker payudara telah menurun secara substansial.

Bagaimana kanker bisa kambuh lagi?

Dalam beberapa tahun terakhir, khususnya pada wanita di bawah usia 50 tahun telah terlihat penurunan yang sangat kuat pada tingkat kematian akibat kanker payudara, yang dilaporkan oleh UMMC. Penurunan ini disebabkan adanya peningkatan pada screening dan pengobatan untuk penyakit ini.

Terlepas dari perkembangan ini, penderita kanker payudara perlu mengingat kemungkinan kambuhnya kanker. Menurut UMMC, jika kanker payudara Anda kambuh, kemungkinan besar akan terjadi dalam waktu lima tahun setelah menerima pengobatan untuk kondisi tersebut.

Semakin dini, semakin baik

Tingkat stadium kanker payudara ketika Anda didiagnosis memainkan peran penting dalam prognosis Anda. Menurut National Cancer Institute (NCI), Anda memiliki kesempatan terbaik untuk bertahan hidup selama lima tahun setelah didiagnosa kanker payudara dan diobati pada stadium awal.

Ingat bahwa setiap orang itu berbeda, dan respon Anda terhadap pengobatan mungkin tidak cocok pada orang lain – bahkan pada stadium 4. Diskusikan dengan dokter Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang faktor-faktor individu yang dapat mempengaruhi prognosis Anda.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca