4 Panduan Olahraga Setelah Operasi Kanker

Oleh

Setelah operasi paru-paru, dokter akan merekomendasi Anda untuk berkonsultasi dengan ahli fisioterapi. Fisioterapi memiliki peran penting dalam proses pemulihan Anda. Untuk memaksimalkan proses pemulihan Anda, Anda perlu terus bergerak dan aktif setiap jam Anda bangun. Hal ini juga dapat membantu mengatasi rasa sakit. Berikut adalah beberapa olahraga yang dapat membantu Anda mengembalikan kekuatan Anda.

Jaga postur Anda

Setelah operasi, tubuh Anda akan cenderung miring ke sisi yang dioperasi. Hal ini dapat menyebabkan kejang otot, sehingga akan terasa sakit dan tidak nyaman. Anda dapat melihat di cermin untuk menjaga postur Anda. Anda juga dapat menanyakan pada keluarga dan teman apakah postur Anda cenderung miring sebelah. Mungkin akan terasa tidak nyaman untuk menyesuaikan postur Anda, namun lama kelamaan Anda akan terbiasa.

Berjalan lebih awal untuk napas yang lebih dalam

Anda dapat mencegah komplikasi dengan berjalan setelah operasi. Berjalan dapat membuat Anda menarik napas lebih dalam dan memperluas paru-paru Anda. Hal ini dapat membantu Anda mengeluarkan sekresi berlebih dari paru-paru dengan batuk, sehingga infeksi dapat dicegah. Ahli fisioterapi Anda akan memberi tahu bagaimana meningkatkan jumlah jalan selama Anda di rumah sakit dan saat Anda sudah di rumah. Berikut adalah beberapa tips untuk deep breathing:

Ingatlah untuk menarik napas melalui hidung dan mengeluarkannya dari mulut.

Taruh tangan di bagian perut di antara perut dan dada. Tangan Anda akan terasa seperti di atas balon. Keluarkan udara melalui mulut dengan rileks.

Letakkan kedua tangan di kedua sisi dada Anda. Saat menarik napas dalam-dalam, cobalah untuk meregangkan tangan saling menjauhi pada masing-masing sisi dada Anda. Lalu keluarkan udara melalui mulut Anda dengan rileks.

Setelah deep breathing (bernapas dalam-dalam), Anda dapat batuk apabila diperlukan. Pastikan Anda tidak batuk terlalu keras, karena akan terasa sakit pada area yang dioperasi.

Olahraga lengan

Anda mungkin merasa kaku atau keras pada daerah sekitar tulang rusuk. Untuk mengatasi rasa sesak, Anda dapat melakukan latihan lengan sesuai instruksi dari ahli fisioterapi. Latihan tersebut dapat meliputi:

Shoulder flexion: Angkat tangan Anda ke atas menghadap ke langit-langit dan tahan selama 10 detik, kemudian turunkan perlahan. Cobalah untuk tidak memaksa diri Anda. Angkat hingga Anda merasa nyaman tanpa rasa sakit.

Shoulder abduction: Angkat tangan Anda ke samping, ke luar dan menjauhi tubuh.

Side flexion: Mulailah dengan kedua lengan rileks pada setiap sisi tubuh. Perlahan sandarkan ke salah satu sisi dengan satu tangan bergerak ke arah kaki. Sandarkan menjauhi sisi yang dioperasi untuk merasakan regangan pada sisi tersebut.

Postural stretch: Duduk dengan tegak pada kursi sambil memegang tongkat atau handuk dengan pegangan yang lebar. Kemudian angkat tongkat atau handuk ke atas dengan tangan selurus mungkin.

Anda dapat melakukan latihan-latihan ini setiap pagi dan malam hari, setidaknya 3 kali sekali, sambil menahan setiap gerakan paling sebentar 10 detik. Anda semustinya akan melihat perkembangan dalam 4 – 6 minggu. Hindari mengangkat beban yang lebih berat dari 4 kilo seperti anak-anak, hewan peliharaan, barang belanjaan atau keranjang cucian selama 1 minggu pertama setelah operasi.

Olahraga tidak hanya membantu Anda pulih setelah operasi paru-paru, namun juga membantu kesehatan Anda secara keseluruhan. Jangan hentikan olahraga ini setelah Anda pulih. Latihan-latihan sederhana ini dapat membantu hati Anda untuk lebih sehat dengan kanker paru-paru.

Share now :

Direview tanggal: Oktober 27, 2016 | Terakhir Diedit: Maret 11, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca