Perubahan Gaya Hidup Setelah Diagnosis Kanker Hati

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/03/2020
Bagikan sekarang

Wajar apabila penderita kanker hati pernah mengalami depresi. Kebanyakan orang sulit menerima kenyataan bahwa kanker dapat kambuh kembali. Berdasarkan penelitian, sekitar 50-70% pasien kanker hati mengalami kekambuhan dalam kurun waktu 5 tahun pasca operasi atau mengalami kondisi ketika kanker telah menyebar ke bagian tubuh lainnya. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan setelah pulih dari kanker? Kami akan berbagi beberapa tips mengenai perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kanker datang kembali.

Hadapi rasa lelah

Kelelahan umumnya dialami pasien kanker. Kelelahan yang dialami pasien bukanlah rasa lelah biasa, melainkan lelah tubuh dan pikiran yang tidak dapat disembuhkan dengan istirahat. Sensasi lelah ini juga cenderung bertahan lama dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, kondisi ini dapat ditangani dengan olahraga. Pasien yang menjalani olahraga teratur terbukti memiliki kondisi fisik dan mental yang lebih baik.

Kembali ke kehidupan normal

Kembali ke kehidupan normal mungkin tidaklah mudah bagi sebagian orang yang memiliki kanker hati. Anda akan memiliki sejumlah pertanyaan seputar emosi, citra tubuh, kelelahan atau masalah gaya hidup. Dalam hal ini, peran keluarga, teman dan dokter akan sangat membantu.

Pengobatan kanker hati dapat membuat Anda teramat sangat lelah, sehingga porsi aktivitas dan istirahat harus benar-benar seimbang. Bagi sebagian orang yang ‘gila kerja’, mungkin meninggalkan tanggung jawab dalam bekerja menjadi sangat sulit untuk diterima. Namun, membiarkan tubuh beristirahat saat kelelahan tentunya lebih baik daripada memaksakan diri terlalu keras. Pasien yang baru sembuh dari kanker harus selalu ingat bahwa salah satu metode yang paling efektif dalam meningkatkan kesehatan fisik dan emosional adalah dengan beristirahat.

Pilih makanan sehat

Langkah ini mungkin terasa sulit bagi kebanyakan pasien karena umumnya kemampuan mengecap mereka ikut berubah selama menjalani pengobatan. Pasien rentan mengalami frustasi karena kehilangan nafsu makan dan berat badan atau bahkan berat badan naik di luar kendali. Oleh karenanya, cobalah untuk mulai membentuk kebiasaan makan yang sehat. Pilihlah makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, karotenoid, dan bahan kimia nabati. Selain itu, makanan rendah lemak juga dapat mengurangi risiko kekambuhan atau metastasis.

Hindari tembakau dan alkohol

Menghindari tembakau dan alkohol merupakan salah satu keputusan baik demi kesehatan Anda. Walaupun terlihat sangat sederhana, langkah ini memiliki dampak yang sangat besar bagi tubuh Anda. Selain mencegah kekambuhan atau metastasis, tindakan ini memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti mencegah kanker paru-paru.

Beberapa tips di atas hanya akan berhasil jika Anda disiplin menjalaninya. Bila Anda merasa olahraga tidak cocok untuk Anda, berkonsultasi dengan dokter untuk saran medis lain. Selain itu, mintalah dukungan keluarga dan kerabat yang memiliki kebiasaan sehat agar Anda dapat menjalani hidup yang lebih baik setelah pulih dari kanker.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Resep Bola-Bola Cokelat untuk Buka Puasa yang Bisa Dibuat Bareng Si Kecil

    Bingung mau bikin menu buka puasa seperti apa? Anda bisa membuat bola-bola cokelat bersama si kecil, ini resep mudah yang bisa diikuti.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Hari Raya, Ramadan 06/05/2020

    6 Perubahan Gaya Hidup untuk Anda yang Sering Depresi

    Hidup dengan depresi memang tidak mudah, namun berikut adalah perubahan kecil untuk gaya hidup Anda yang bisa bantu mengurangi gejalanya.

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha

    Bosan dengan Mie yang Itu-Itu Saja? Coba 3 Resep Mie Shirataki Lezat Berikut

    Bosan dengan bihun, soun, atau mie kuning? Jangan cemas, Anda bisa menikmati lezatnya mie shirataki. Yuk, intip resep masakan mie shirataki berikut ini.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji

    Sutopo Meninggal Akibat Kanker Paru, Ini Daftar Gejala Awal Sampai Menyebar

    Kepala Humas BNPB, Sutopo, meninggal dunia pada Minggu (7/7), di Guangzhou, China akibat kanker paru. Kenali gejala awal sampai penyebarannya berikut ini.

    Ditinjau secara medis oleh: Hello Sehat Medical Review Team
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi

    Direkomendasikan untuk Anda

    makan sayuran

    Tips Makan Sayuran Agar Mudah Dicerna oleh Tubuh

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 27/05/2020
    makanan lebaran sehat

    3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
    Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020
    menu puasa untuk ibu hamil

    Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
    diabetes dan kanker hati

    Diabetes Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Hati, Ini Tips Mencegahnya

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Dipublikasikan tanggal: 16/05/2020