Apa Itu Hemangioma Hati?

Oleh

Hemangioma adalah jenis tanda lahir yang terdiri dari banyak pembuluh darah kecil dan membuat kulit terlihat kemerahan atau keunguan. Hemangioma hati pada dasarnya adalah hemangioma yang terdapat pada hati. Hemangioma hati biasanya tidak mengganggu dan tidak menyebabkan gejala.

Karena tanda dari hemangioma hati bisa tidak terdeteksi, kondisi ini biasanya bisa ditemukan bila Anda dites untuk kondisi yang tidak berhubungan.

Hemangioma hati tidak bersifat kanker dan tidak akan menyebabkan kanker berkembang. Pertumbuhan biasanya berukuran sekitar 4 cm. Pada beberapa kasus, juga bisa tumbuh lebih besar. Wanita hamil atau yang menggunakan pengganti estrogen, misalnya, memiliki risiko tinggi pertumbuhan hemangioma yang lebih besar. Hal ini karena estrogen dipercaya meningkatkan pertumbuhan hati hemangioma. Pembesaran hemangioma bisa menyebabkan gejala.

Umumnya, Anda akan hanya memiliki satu hemangioma hati. Namun, ada kasus-kasus di mana beberapa telah ditemukan pada satu hati.

Penyebab dan faktor risiko hemangioma hati

Para ahli tidak yakin kenapa pembuluh darah berkelompok bersama dan membentuk hemangioma hati. Namun, mereka setuju bahwa hemangioma hati cenderung bawaan, yang berarti diturunkan melalui keluarga.

Kebanyakan hemangioma hati didiagnosis pada pasien antara usia 30 dan 50 tahun.

Wanita lebih cenderung terkena hemangioma hati daripada pria. Wanita yang melakukan terapi hormon untuk meningkatkan tingkat estrogennya berisiko tinggi terkena hemangioma hati.

Hemangioma hati bisa berkembang pada bayi. Kondisi ini disebut hemangioendothelioma infantil jinak  atau hemangiomatosis hati multinodular. Ini adalah tumor non-kanker langka yang menyebabkan banyak kasus gagal jantung dan kematian pada bayi. Bayi biasanya didiagnosis pada saat berusia 6 bulan.

Apa saja gejala hemangioma hati?

Pada banyak kasus, hemangioma hati tidak menyebabkan gejala. Namun, jika dipicu karena luka atau karena perubahan tingkat estrogen, gejala bisa terjadi.

Gejala hemangioma hati termasuk:

  • Nyeri pada sisi kanan atas perut
  • Merasa kenyang setelah makan porsi kecil makanan
  • Mual
  • Muntah
  • Kurangnya nafsu makan

Hemangioma hati mungkin menyebabkan penurunan berat badan yang disebabkan oleh hilangnya nafsu makan. Bila Anda mengalami gejala hemangioma hati, Anda sebaiknya menghubungi dokter Anda segera.

Pada bayi dengan hemangioma hati, gejala termasuk:

  • Pembesaran abdomen
  • Anemia
  • Tanda gagal jantung

Pada beberapa kasus, hemangioma hati bisa menyebabkan perdarahan atau mengganggu fungsi organ. Pada kasus yang jarang, mereka mungkin pecah.

Bagaimana hemangioma hati didiagnosis?

Pada mereka yang tidak menunjukkan gejala, hemangioma hati sering disepelekan hingga tidak sengaja ditemukan selama tes untuk masalah lain.

Hemangioma hati biasanya ditemukan menggunakan tes pencitraan – seperti ultrasound, CT scan, MRI scan, atau single photon emission computerized tomography (SPECT) scan. Tes pencitraan ini memungkinkan dokter Anda untuk melihat detail rumit dari hati Anda dan struktur disekitarnya. Tes darah mungkin juga digunakan. Bila dokter Anda mencari masalah hati lain, mereka mungkin menemukan hemangioma.

Apa saja pilihan pengobatan untuk hemangioma hati?

Kebanyakan hemangioma hati tidak mewajibkan pengobatan. Namun, bila hemangioma besar atau menyebabkan gejala, bisa diangkat melalui operasi. Bila hemangioma menyebabkan rasa sakit yang signifikan atau kerusakan pada bagian hati, maka dokter mungkin memutuskan mengangkat keseluruhan bagian yang rusak.

Hemangioma bisa tumbuh bila ada jumlah darah signifikan yang mengalir di dalamnya. Pada kasus ini, dokter mungkin menyumbat aliran darah pada hemangioma. Mereka bisa memutuskan ikatan arteri utama yang mensuplai hemangioma dengan darah. Sekeliling bagian pada hati akan tetap menerima darah dari arteri lain dan tetap sehat. Prosedur pembedahan ini disebut ligasi arteri.

Alternatifnya, obat bisa diinjeksikan ke dalam hemangioma hati untuk menyumbat suplai darah. Ini disebut embolisasi arteri.

Pada kasus langka sangat ekstrim, operasi tranplantasi hati mungkin diperlukan. Ini hanya terjadi pada kasus besarnya hemangioma hati yang ekstrim, atau hemangioma hati yang berlipat ganda dan tidak merespon pengobatan lain.

Pada kasus sangat ekstrim, pengobatan radiasi mungkin disyaratkan untuk mengecilkan massa.

Apa saja komplikasi dari hemangioma hati?

Hemangioma hati jarang menyebabkan komplikasi. Komplikasi yang bisa meningkat pada kasus langka adalah :

  • Pembesaran hemangioma
  • Kerusakan hati
  • Rasa sakit

Bila Anda hamil, sedang menggunakan terapi hormon, atau memiliki penyakit hati, bicarakan dengan dokter Anda untuk mengurangi risiko berkembangnya komplikasi.

Kebanyakan kasus hemangioma hati tidak menyebabkan risiko kesehatan di masa depan. Pada kasus yang jarang, transplantasi hati mungkin diperlukan. Orang yang melakukan transplantasi hati mungkin perlu untuk menggunakan obat-obatan sepanjang hidupnya untuk menjaga tubuh Anda dari menolak transplan hati. Dokter Anda akan memantau hemangioma untuk mencegah risiko ini.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca