6 Tips Makan Sehat untuk Kebaikan Jantung

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Jantung wajib dijaga kesehatannya agar Anda tetap selalu bugar. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan makan makanan sehat untuk jantung. Begitu mendengar kata “makanan sehat”, Anda mungkin jadi keburu ilfeel dan tak rela mengorbankan makanan favorit hanya demi diet. Namun, tidak usah khawatir . Kami berikan sejumlah tips makan enak tapi tetap sehat buat jantung Anda.

Tips masak dan makan makanan sehat untuk jantung

1. Makan makanan yang dipanggang, jangan digoreng

memasak salmon panggang

Makanan yang digoreng memang menggugah selera. Namun jika Anda ingin menjaga jantung tetap sehat, hindarilah jajan gorengan dan makanan berminyak lainnya. 

Lemak trans dan lemak jenuh yang Anda dapat dari minyak akan menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Ini kemudian bisa memicu berbagai masalah serius bagi jantung ke depannya.

Anda bisa beralih ke makanan yang serba dipanggang untuk menghindari penyumbat arteri (aterosklerosis) yang bisa Anda dapatkan dari makanan serba gorengan. Akan lebih baik lagi jika Anda juga menggantinya dengan makanan rebus atau kukusan.

2. Pakai greek yoghurt sebagai pengganti mayonaise

yoghurt saat puasa

Ganti mayonaise yang mengandung tinggi lemak dengan greek yogurt non-fat dalam tiap masakan Anda. Anda juga bisa menuangkan satu sendok makan Greek yoghurt pada sandwich dada ayam  yang penuh sayuran. Mengganti mayonaise dengan yoghurt tanpa lemak, akan berperan besar untuk membuang lemak dalam tubuh. Greek yoghurt juga didapuk bisa menambah ekstra protein dan kalsium pada asupan makanan Anda.

3. Kurangi makan keju

Lasagna, roti bakar, dan macaroni schotel merupakan makanan panggangan yang biasanya menggunakan banyak keju mengandung tinggi lemak. Sayangnya, tingginya lemak dalam menu makanan ini bisa bikin kesehatan jantung semakin buruk.

Untuk menyiasatinya, gantilah keju biasa dengan keju rendah lemak.  Ingat, untuk dapat manfaat jantung yang sehat, Anda hanya butuh maksimal 16 gram lemak per hari. Anda juga bisa menggunakan keju ricotta atau keju cottage, namun dengan takaran kurang dari 16 gram per hari.

4. Pintar memilih buah

memotong buah

Makan buah merupakan salah satu cara asupan makanan sehat untuk jantung. Buah-buahan mengandung banyak serat, tidak banyak kalori, dan bagus untuk tekanan darah dan berat badan Anda. Tapi pastikan Anda makannya buah segar langsung, dan bukan dari buah kalengan yang biasanya direndam dalam sirup.

Perlu diketahui, dalam satu cangkir buah peach kaleng yang direndam sirup saja memiliki 33 gram gula, yang mana ini tidak baik untuk kesehatan jantung dan kadar gula darah Anda. Maka, pilih buah segar bebas pestisida yang baik untuk kesehatan.

5. Makan buah sebagai pengganti es krim

manfaat yoghurt

Jika es krim adalah makanan favorit Anda, lain kali coba buat makanan dingin yang lebih sehat. Bekukan setengah cangkir blueberry, dan campur dengan non-fat yoghurt. Dessert manis ini hampir sama sekali tak memiliki lemak jenuh, bandingkan dengan 14 gram lemak jenuh dalam secangkir es krim. Anda juga akan menghindari kalori dan gulanya sebagai bagian dari makan makanan sehat untuk jantung

6. Buat oatmeal sendiri

Sumber:https://www.macheesmo.com/bacon-cheddar-savory-oatmeal/

Oatmeal adalah makanan favorit untuk menurunkan kolesterol, karena kandungan seratnya yang mudah larut. Namun satu sachet oatmeal siap saji yang dijual di supermarket bisa mengandung 15 gram gula, alias 3 sendok teh! Lebih baik beli oatmeal asli dan masak sendiri. Tambahkan sejumput kismis dan taburi sedikit cinnamon atau kayu manis, dan Anda hanya akan mendapat 9 gram gula. Memang lebih merepotkan, tapi makanan sehat untuk jantung ini juga sangat besar manfaatnya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca