Kapan Anda terakhir kali mengecek tekanan darah Anda? Banyak orang yang tak sadar mengalami tekanan darah tinggi. Biasanya, kondisi ini terjadi akibat kebiasaan hidup yang buruk sehingga tekanan darah normal tidak terjaga. Tahukah Anda apa yang terjadi jika tekanan darah berubah tidak normal? Simak penjelasannya berikut ini.

Tekanan darah tinggi, penyebab utama dari penyakit kronis

Saat ini, tekanan darah tinggi telah menjadi penyebab utama berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner, stroke, bahkan diabetes.

Kebanyakan kasus, tekanan darah tinggi tidak menimbulkan gejala tertentu, jadi banyak yang tak tahu kalau dirinya mengalami kondisi ini. Tentu jika dibiarkan akan meningkatkan peluang penyakit kronis.

Hipertensi terjadi ketika aliran darah tidak lancar akibat adanya penggumpalan plak atau ukuran pembuluh darah menyempit, sehingga membuat tekanan di dalamnya jadi meningkat.

Ketika aliran darah terus-terusan tidak normal, jantung tidak akan bekerja optimal untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Lama-kelamaan, jantung bisa mengalami kerusakan dan akhirnya mengalami penyakit jantung, bahkan gagal jantung.

Selain itu, kondisi ini membuat berbagai organ di dalam tubuh berisiko tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Akhirnya, beberapa organ juga bisa rusak dan menimbulkan penyakit kronis.

Kendalikan dan jaga tekanan darah normal, supaya terhindar dari penyakit

Anda dikatakan memiliki tekanan darah normal jika hasilnya menunjukkan angka kurang atau sama dengan 120/60 mmHg. Lebih dari itu, Anda berisiko mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Memang, ketika lebih dari angka tersebut belum tentu Anda mengalami hipertensi. Namun jika hasil tekanan darah telah menunjukkan lebih atau sama dengan 140/90 mmHg, Anda kemungkinan besar mengalami hipertensi.

Hipertensi sayangnya tidak dapat disembuhkan tapi bisa dikendalikan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet menemukan bahwa pasien hipertensi yang dapat mengendalikan tekanan darahnya dengan baik, maka dapat terhindar dari berbagai penyakit kronis yang mematikan.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa beberapa risiko penyakit ikut turun seiring dengan penurunan tekanan darah, seperti:

  • Risiko penyakit jantung menurun 24 persen
  • Risiko stroke menurun 40 persen
  • Risiko kematian menurun sebanyak 21 persen

Tekanan darah harus dipantau dengan rutin

Sebaiknya, Anda mulai sekarang memantau tekanan darah dengan melakukan pemeriksaan rutin. Memang, banyak yang mengira kalau hal ini merepotkan karena harus pergi ke dokter dulu untuk memeriksakan tekanan darah.

Namun, untuk memantau tekanan darah normal Anda bisa melakukan pemeriksaan di rumah kok. Sekarang ini sudah banyak alat pemeriksaan tekanan darah digital yang mudah digunakan.

Terapkan gaya hidup sehat agar tekanan darah tetap normal

Supaya memiliki tekanan darah normal, sebaiknya mulai sekarang terapkan gaya hidup sehat. Dimulai dari pemilihan makanan yang sehat, seperti menghindari makanan berlemak dan berkalori tinggi. Alih-alih mengonsumsi makanan tersebut, Anda bisa memilih makanan yang kaya vitamin, mineral, serat, seperti sayur dan buah.

Buat jadwal olahraga rutin, supaya lemak yang menumpuk di dalam tubuh bisa dibakar dan tidak menghambat aliran darah. Tak perlu ke gym atau pusat olahraga, Anda bisa melakukan olahraga yang mudah seperti jogging di area rumah Anda setiap hari.

Usahakan untuk melakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari untuk menghindari tekanan darah melonjak tinggi.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca