8 Pilihan Obat Herbal untuk Meringankan Nyeri Sendi

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/04/2020
Bagikan sekarang

Nyeri sendi adalah keluhan sakit fisik yang cukup umum dan bisa dialami siapa saja. Penyebab nyeri sendi dapat dipicu oleh aktivitas sehari-hari yang berat, gerakan tubuh yang canggung, cedera, hingga penyakit tertentu. Ketika kita bertambah usia pun, nyeri sendi semakin umum terjadi karena dipengaruhi proses penuaan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Kebanyakan kasus nyeri sendi dapat ditangani dengan obat generik dari apotek, tapi bisa juga menggunakan obat herbal dari bahan-bahan alami. Simak beberapa pilihannya di bawah ini!

Pilihan obat herbal untuk nyeri sendi

Dikutip dari Medical News Today, obat herbal dan suplemen dari bahan alami rerata tergolong aman untuk mengatasi nyeri sendi. Obat-obatan alami pun dipercaya memberikan lebih sedikit efek samping pada tubuh ketimbang obat kimia.

Namun sebelum cari tahu lebih lanjut, penting untuk memahami lebih dulu bahwa daftar obat herbal dan bahan alami di bawah ini tidak lantas pasti menyembuhkan nyeri sendi hingga tuntas.

Sejauh ini, potensi obat herbal dan bahan alami masih diperkirakan sebatas meringankan atau meredakan nyeri pada sendi saja; tidak menyembuhkan kondisi medis yang jadi penyebab mendasarnya.

Bukti-bukti dari penelitian ilmiah yang ada mengenai efektivitas dan keamanannya pun masih terbatas. Maka itu, Anda sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter sebelum memutuskan menggunakan obat-obatan alami apa pun.

1. Gel lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang umum digunakan sebagai obat pereda nyeri sendi dengan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Potensinya ini dikenal berkat kandungan antiradangnya yang bekerja mencegah produksi dan pelepasan enzim pemicu radang ke dalam darah.

Lidah buaya juga terkenal akan sifat analgesiknya yang efektif meringankan nyeri sendi akibat cedera olahraga, tapi juga nyeri akibat osteoarthritis dan rematik.

Cara mengobatinya, bisa Anda lakukan dengan mengoleskan gel lidah buaya yang telah didinginkan, lalu diamkan selama beberapa menit hingga nyeri mereda.

2. Kayu putih

Seperti lidah buaya, daun cajuput yang telah dilusing menjadi minyak kayu putih bisa digunakan sebagai obat herbal atau alami untuk nyeri sendi.

Daun tanaman kayu putih ini mengandung flavonoid serta tanin, yang mungkin dapat membantu dalam mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang dihasilkan akibat nyeri sendi.

Selain itu, minyak kayu putih juga memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan juga anti-inflamasi. Cukup dengan mengaplikasikannya langsung pada area yang terasa sakit, menghirupnya, atau menambahkan pada air hangat lalu digunakan untuk mandi.

3. Jahe

Jahe adalah rempah bumbu masak yang bisa Anda jadikan salah satu obat herbal untuk meredakan nyeri sendi. Jahe mengandung antidoksidan kuat yang dapat menghentikan proses peradangan (inflamasi).

Dalam pengobatan tradisional asal Tiongkok pun, jahe sudah sejak lama dipercaya dapat memperlancar sirkulasi darah untuk meredakan nyeri serta pembengkakan pada persendian.

4. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman paling populer di dunia, dan bahkan telah digunakan untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

Nah, ada juga bukti bahwa teh hijau dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan nyeri sendi, seperti akibat rematik.

Green tea atau teh hijau kaya antioksidan polifenol yang kuat bernama epigallocatechin 3-gallate (EGCG). Kandungan ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang merusak sel di dalam tubuh.

Sebuah penelitian dari Universitas Michigan menemukan bukti bahwa ECGC mempunyai manfaat bagi pemilik kondisi nyeri sendi akibat rheumatoid arthritis. Sebelum mengonsumsi obat herbal nyeri sendi jenis ini, jangan lupa untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

5. Bubuk kunyit

Bubuk kunyit dilaporkan berpotensi menjadi salah satu pilihan obat herbal untuk mengatasi nyeri sendi.

National Center for Complementary and Alternative Medicine telah menemukan bahwa sifat antiradang dari curcumin dalam kunyit bekerja paling baik untuk memerangi nyeri sendi tulang dibanding tanaman herbal lainnya. Namun, bukti penelitian ini baru didapat dari hasil uji pada tikus lab.

6. Air garam

Bukan sembarang garam dapur yang bisa Anda gunakan sebagai obat alami untuk meringankan nyeri sendi, tapi garam Epsom. Garam Epsom diklaim mengandung magnesium yang mudah terserap ke dalam kulit untuk meredakan nyeri.

Apabila Anda ingin menggunakannya untuk mengatasi nyeri, taburkan garam Epsom ke dalam bak air hangat bersuhu 38° Celsius

7. Nanas

Tidak hanya segar dimakan sebagai rujak, Anda juga bisa menjadikan nanas sebagai obat alami untuk nyeri sendi.

Nanas mempunyai kandungan bromelain yang bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan akibat nyeri sendi. Bromelain pun membantu memecah molekul protein kompleks serta memproduksi zat yang melawan rasa sakit.

8. Borage oil

Tanaman borago atau starflower mempunyai kandungan asam lemak omega-6 dalam jumlah besar yang bisa juga disebut sebagai gamma linolenic acid (GLA).

Selama proses metabolisme, GLA dapat berubah menjadi pemicu prostaglandin untuk membantu mengatur respons imun dalam tubuh.

Pada sebuah tinjauan di tahun 2011, terdapat bukti bahwa minyak biji blackcurrant, minyak evening primrose, serta minyak biji borage dapat dijadikan sebagai obat herbal atau alami nyeri sendi. Hal ini dikarenakan fungsinya untuk menghilangkan rasa sakit pada sendi juga baik untuk penderita rheumatoid arthritis.

Berbagai cara alami mengatasi nyeri sendi selain pakai obat herbal

Jika Anda ingin mengatasi rasa sakit yang terasa pada tubuh akibat nyeri sendi, ada cara lain yang bisa dilakukan. Tidak hanya dengan obat herbal nyeri sendi, Anda juga bisa mencoba cara lainnya seperti hal-hal di bawah ini:

  • Menggunakan obat medis untuk meredakan nyeri sendi. Obat penghilang rasa sakit oral dan topikal mampu mengurangi pembengkakan serta peradangan.
  • Salah satu cara meminimalisir nyeri sendi yang bisa Anda lakukan adalah dengan tetap aktif secara fisik. Rutin melakukan olahraga ringan bisa dikategorikan sebagai obat alami nyeri sendi.
  • Lalu, jangan lupa pula untuk melakukan peregangan setelah duduk terlalu lama atau sebelum olahraga. Hal ini diperlukan untuk mempertahankan rentang gerak yang baik untuk persendian Anda.
  • Pertahankan dan jaga berat badan di kisaran normal untuk mengurangi stres juga tekanan pada sendi.
  • Obat alami nyeri sendi lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan terapi pijat, berendam air hangat, serta beristirahat dengan cukup.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Saya Sakit Perut Setelah Buka Puasa?

Pernahkah Anda sakit perut setelah buka puasa? Bisa jadi ini karena pengaruh makanan yang Anda konsumsi saat berbuka. Apa lagi sebab lainnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

4 Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Puasa menjadi tantangan tersendiri untuk Anda yang memiliki maag. Namun, jangan khawatir, berikut tips-tips mencegah maag saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

5 Tips Lancar Puasa Bagi Anda yang Punya Tekanan Darah Tinggi

Punya masalah hipertensi alias tekanan darah tinggi saat puasa tentu memberikan tantangan sendiri. Agar puasa tetap lancar, ikuti tips ampuhnya berikut ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 04/05/2020

Bolehkah Kita Donor Darah Saat Puasa? Apa Saja Risikonya?

Donor darah sebaiknya dilakukan teratur. Tapi bagaimana jika jadwal donor darah Anda selanjutnya jatuh di bulan Ramadan? Bolehkah donor darah saat puasa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 02/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

diagnosis hiv

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020
minum madu saat sahur

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
buah untuk berbuka puasa

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020
fit saat puasa

7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 09/05/2020