Berbagai Obat-obatan yang Bisa Mencegah Diabetes

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19/03/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pradiabetes adalah suatu kondisi di mana tingkat gula darah Anda lebih tinggi dari batas normal, tetapi belum cukup tinggi untuk ditentukan sebagai diabetes. Tanpa Anda sadari, pradiabetes bisa menjadi diabetes tipe 2 dalam 10 tahun atau kurang. Bila Anda memiliki pradiabetes, kerusakan jangka panjang pada jantung dan sistem peredaran darah mungkin sudah dimulai. Selain dengan mengubah gaya hidup, ternyata ada beberapa obat yang berpotensi ampuh untuk membantu mencegah diabetes.

Daftar obat untuk mencegah diabetes

Bersamaan dengan pola makan sehat dan rutinitas olahraga, beberapa obat dapat disarankan dokter untuk membantu mencegah diabetes. Terutama jika Anda sudah memiliki risiko tinggi untuk terkena diabetes tipe 2.

Salah satu obat yang cukup umum diresepkan dokter untuk mencegah diabetes adalah pioglitazone. Studi menunjukkan risiko diabetes menurun pada orang pradiabetes yang mengonsumsi obat ini.

Pioglitazone bekerja membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin dan menurunkan kadar gula darah. Pioglitazone juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan jumlah kolesterol baik. Pioglitazone memang sudah sejak lama digunakan untuk mengobati diabetes, jadi efeknya pada pradiabetes tentu tidak mengejutkan.

Obat lainnya yang diyakini efektif untuk mencegah diabetes adalah rosiglitazone. Obat ini dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada orang-orang yang berisiko tinggi untuk mengembangkan penyakit kronis yang berat. Risikonya turun menjadi 2 kali lipat jika dikombinasikan dengan obat lain yang digunakan untuk mencegah diabetes, dan jika dilakukan dengan perubahan gaya hidup.

Beberapa obat-obatan, seperti metformin, dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada orang yang berisiko tinggi ketika perubahan gaya hidup saja mungkin tidak cukup.

Adakah efek samping dari obat pencegah diabetes ini?

Tampaknya diperlukan lebih banyak penelitian untuk melihat lebih dalam efek jangka panjang dari obat-obat ini. Terutama pioglitazone. Sampai sekarang pioglitazone diketahui tidak memiliki manfaat yang cukup untuk direkomendasikan sebagai obat mencegah pradiabetes.

Selain itu, pioglitazone juga memiliki beberapa efek samping yang berhubungan dengan berat badan dan edema (pembengkakan tubuh karena retensi cairan). Berat badan Anda mungkin bertambah karena obat ini meningkatkan fungsi dan pertumbuhan sel-sel lemak baru. Jika Anda memiliki penyakit metabolik, sel-sel lemak bisa menjadi besar dan tidak bekerja dengan baik.

Resep obat diabetes untuk orang-orang yang tidak memiliki diabetes jangan membuat Anda menjadi tidak peduli tentang kondisi kesehatan Anda. Nutrisi, olahraga, dan perubahan gaya hidup berkontribusi lebih efektif dalam mencegah diabetes.

Selalu minta nasihat dokter Anda sebelum mulai menggunakan obat untuk mencegah diabetes. Obat-obatan ini tidak boleh digunakan tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Makan untuk Orang yang Punya Riwayat Diabetes

Risiko diabetes pada orang dengan riwayat keluarga akan meningkat sehingga perlu upaya untuk mencegah diabetes dengan menjaga dan memilih makanan sehat.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
makanan untuk mencegah diabetes
Diabetes, Health Centers 23/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Apakah Neuropati pada Diabetesi Bisa Disembuhkan?

Meski belum ada pengobatan untuk menyembuhkan neuropati diabetik, pengidap diabetes dapat meringankan gejala dan menghambatnya menjadi lebih parah.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
neuropati diabetik
Diabetes, Health Centers 20/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Pemanis Buatan dan Karbohidrat Ternyata Memengaruhi Sensitivitas Insulin

Ternyata perpaduan pemanis buatan dan karbohidrat dapat menjadi pengaruhi tingkat sensitivitas insulin seseorang. Seperti apa penjelasannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Diabetes, Health Centers 31/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Bagaimana Strip Test Gula Darah Bisa Mengetahui Kadar Gula Kita?

Penderita diabetes pasti sudah tidak asing dengan alat tes gula darah. Namun, tahukan Anda bagaimana sebuah strip bisa memberikan informasi sepenting itu?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Konten Bersponsor
alat tes gula darah
Hidup Sehat, Fakta Unik 27/03/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit kulit diabetes

5 Penyakit Kulit yang Umum Menyerang Pasien Diabetes

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
diabetesi

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
camilan untuk penderita diabetes

Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020 . Waktu baca 3 menit