Kayu Manis: Obat Herbal untuk Diabetes yang Bisa Anda Coba

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Pernahkah terpikir oleh Anda bahwa bumbu yang tersedia di dapur Anda bisa jadi sangat bermanfaat? Akhir-akhir ini, banyak perdebatan mengenai efek kayu manis terhadap penurunan kadar gula darah. Apa kata penelitian mengenai manfaat kayu manis untuk diabetes?

Penelitian mengenai manfaat kayu manis untuk diabetes

Meskipun masih menjadi perdebatan, kayu manis diklaim dapat menurunkan kadar gula darah dalam suatu penelitian. Banyak ahli yang mendukung pernyataan bahwa kayu manis bermanfaat menurunkan kadar gula darah, namun tidak sedikit pula yang menampiknya.

Salah satu penelitian yang mendukung manfaat kayu manis untuk menurunkan gula darah adalah penelitian yang dilakukan oleh Richard Anderson dan peneliti lainnya untuk menguji efek kayu manis terhadap kadar gula darah, total kolesterol, trigliserida, HDL kolesterol, dan LDL kolesterol.

Penelitian ini melibatkan 60 orang penderita diabetes tipe 2 yang terdiri dari 30 pria dan 30 wanita berusia rata-rata 50 tahun ke atas. Mereka dibagi menjadi 6 kelompok yang dipilih acak.Kelompok pertama mengonsumsi 1 gr kayu manis per hari, kelompok kedua mengonsumsi 3 gr, dan kelompok ketiga mengonsumsi 6 gr kayu manis per hari.

Kelompok 3, 4, dan 5 mengonsumsi kapsul plasebo dengan jumlah yang sama dengan konsumsi kayu manis pada kelompok 1,2, dan 3. Setelah 40 hari, kelompok yang mengonsumsi kayu manis turun kadar gula darahnya sebesar 18-29%, trigliserida 23-30%, kolesterol LDL 7-27%. Namun, tidak ditemukan adanya perubahan signifikan pada HDL kolesterol.

Ini berarti mengonsumsi kayu manis 1, 3, 6 gr per hari bagi penderita diabetes tipe 2 dapat menurunkan kadar gula darah dan risiko komplikasi diabetes yang berhubungan dengan darah tinggi dan jantung.

Sedangkan kapsul plasebo tidak memiliki efek apapun terhadap kadar gula darah dan total kolesterol maupun LDL kolesterol. Banyak penderita diabetes yang telah mencoba untuk menambahkan setengah sendok teh kayu manis dalam teh saat sarapan selama beberapa bulan dan mendapati bahwa kadar gula darah mereka turun.

Petunjuk menambahkan kayu manis dalam menu diet diabetes Anda

Kayu manis telah diteliti juga dapat meningkatkan metabolisme glukosa. Perlu ditekankan bahwa kayu manis tidak akan menyembuhkan penyakit diabetes Anda, kayu manis hanya dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Tentunya, bukan berarti mengonsumsi kayu manis membuat Anda bebas mengonsumsi gula dan karbohidrat. Makanan tetap harus dijaga. Untuk menambahkan kayu manis dalam diet diabetes Anda, cobalah ikuti petunjuk berikut ini.

  • Selalu konsultasikan pada dokter jika Anda ingin menambahkan ¼-½ sendok teh kayu manis per hari dalam menu diet Anda. Meski ada banyak penelitian yang menyatakan bahwa kayu manis menurunkan kadar gula darah, tetapi dokter Anda juga wajib tahu tambahan makanan dalam menu diet diabetes Anda.
  • Selalu gunakan takaran yang sama tiap hari untuk menghindari kadar gula yang naik-turun.
  • Gunakan kayu manis bubuk atau batangan, bukan produk olahan kayu manis seperti minyak kayumanis, misalnya. Methylhydroxychalcone polymer (MHCP), kandungan utama pada kayu manis yang memiliki efek mirip insulin dan menaikkan sensitivitas insulin, tidak ditemukan pada minyak kayu manis.

Meskipun masih ada banyak perdebatan tentang efek kayu manis untuk diabetes, namun tidak ada salahnya untuk menambahkan ¼-½ sendok teh kayu manis. Tidak ada efek samping kecuali Anda alergi kayu manis. Jika Anda masih ragu mengenai manfaat kayu manis untuk diabetes, Anda bisa mengonsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter dan tanyakan apakah kayu manis aman untuk Anda atau sebaliknya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

Memilih camilan untuk penderita diabetes tidak boleh sembarangan. Selain perlu memperhatikan kandungan nutrisinya, jumlahnya pun tidak kalah penting.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Diabetes, Health Centers 24/04/2020 . 3 mins read

Panduan Makan untuk Orang yang Punya Riwayat Diabetes

Risiko diabetes pada orang dengan riwayat keluarga akan meningkat sehingga perlu upaya untuk mencegah diabetes dengan menjaga dan memilih makanan sehat.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Diabetes, Health Centers 23/04/2020 . 4 mins read

Apakah Neuropati pada Diabetesi Bisa Disembuhkan?

Meski belum ada pengobatan untuk menyembuhkan neuropati diabetik, pengidap diabetes dapat meringankan gejala dan menghambatnya menjadi lebih parah.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Diabetes, Health Centers 20/04/2020 . 4 mins read

Pemanis Buatan dan Karbohidrat Ternyata Memengaruhi Sensitivitas Insulin

Ternyata perpaduan pemanis buatan dan karbohidrat dapat menjadi pengaruhi tingkat sensitivitas insulin seseorang. Seperti apa penjelasannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Diabetes, Health Centers 31/03/2020 . 4 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit kulit diabetes

5 Penyakit Kulit yang Umum Menyerang Pasien Diabetes

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . 4 mins read
diabetesi

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020 . 4 mins read
kopi filter mengurangi risiko diabetes

Kopi Filter Berpotensi Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 29/04/2020 . 4 mins read
manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020 . 4 mins read