Bisakah Diabetes Mellitus Tipe 2 Lama-Lama Berubah Jadi Tipe 1?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/01/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Pada tahun 2014, diabetes termasuk salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia. Ada mitos yang menyatakan bahwa diabetes mellitus tipe 2 bisa berubah menjadi diabetes tipe 1. Apa benar bisa begitu? Berikut ulasannya.

Apakah diabetes mellitus tipe 2 bisa berubah jadi diabetes tipe 1?

penyebab penyakit diabetes

Perlu digarisbawahi bahwa diabetes mellitus tipe 2 tidak mungkin dan tidak bisa berubah menjadi tipe 1. Jika ada yang menyatakan pernah mengalaminya, hal ini hanya sebatas kesalahan diagnosis.

Ada sebagian orang yang awalnya didiagnosis terkena diabetes tipe 2 dan di kemudian hari justru berubah menjadi diabetes tipe 1. Bukan berarti tipe diabetesnya berubah seiring dengan berjalannya waktu, tetapi pasti ada kesalahan dalam mendiagnosisnya.

Hal ini juga bisa terjadi sebaliknya. Dokter juga bisa salah mendiagnosis diabetes tipe 1 dengan tipe 2. Ini karena diabetes tipe 1 bisa muncul di usia dewasa meski terbilang sangat jarang terjadi.

Untuk mengetahui tipe diabetes seseorang dengan tepat, dokter biasanya akan melakukan beberapa tes glukosa darah. Tes darah biasanya dilakukan untuk memeriksa antibodi yang menyerang sel insulin atau beta di pankreas.

Perbedaan diabetes tipe 1 dan tipe 2

angka harapan hidup diabetes

Diabetes tipe 1 termasuk penyakit autoimun yang terjadi ketika tubuh menyerang sel-sel sehat penghasil insulin. Akibatnya, semua sel beta, sel penghasil insulin di pankreas, rusak dan tak bisa menjalankan fungsinya. Oleh karena itulah tubuh membutuhkan asupan insulin dari luar sepanjang hidupnya.

Sementara itu, diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh masih bisa memproduksi hormon insulin meski tidak sebanyak orang normal. Namun masalahnya, tubuh tidak bisa menggunakannya secara efektif sehingga kadar gula darah di dalam tubuh melonjak drastis.

Tak seperti diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 biasanya lebih sering menyerang orang dewasa. Pasalnya, penyakit yang satu ini umumnya muncul akibat gaya hidup tidak sehat yang selama ini Anda terapkan. Sementara diabetes tipe 1 cenderung muncul karena memang ada kesalahan pada sistem kekebalan tubuh sehingga biasanya muncul di masa kanak-kanak.

Namun, keduanya sama-sama tidak bisa disembuhkan, hanya bisa dikendalikan kadar gula darahnya. Pada diabetes tipe 2, Anda bisa mengurangi keparahan gejala dengan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat seperti olahraga dan pola makan serta selalu konsumsi obat penurun gula darah secara teratur. Sementara itu, diabetes tipe 1 bisa dikelola dengan rutin suntik insulin.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Diabetesi termasuk golongan yang rentan terjangkit virus COVID-19. Selain lakukan upaya pencegahan, jaga juga kadar gula darah di rumah dengan tips berikut.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
diabetesi
Coronavirus, COVID-19 30/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Kopi Filter Berpotensi Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Jenis kopi apa yang Anda suka? Jenis kopi filter bisa mengurangi risiko terhadap diabetes. Simak penjelasan ilmiahnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Diabetes, Health Centers 29/04/2020 . Waktu baca 4 menit

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes perlu mengontrol diabetesnya. Salah satu yang bisa dilakukan, yaitu jalan kaki. Apa manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Diabetes, Health Centers 26/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

Memilih camilan untuk penderita diabetes tidak boleh sembarangan. Selain perlu memperhatikan kandungan nutrisinya, jumlahnya pun tidak kalah penting.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
camilan untuk penderita diabetes
Diabetes, Health Centers 24/04/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

diabetes insipidus adalah

Diabetes Insipidus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 12 menit
sering buang air kecil

8 Kondisi yang Menjadi Penyebab Sering Buang Air Kecil

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
prostatitis

Prostatitis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 10 menit
penyakit kulit diabetes

5 Penyakit Kulit yang Umum Menyerang Pasien Diabetes

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 4 menit