Cara Mengobati Diabetes Gestasional yang Perlu Diperhatikan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Beberapa wanita yang terkena diabetes gestasional bisa melakukan beberapa cara untuk bantu mengobati penyakitnya. Beberapa di antaranya mengontrol kadar gula darah mereka dengan mengubah pola makan dan berolahraga secara teratur. Selain itu Anda dapat melakukan beberapa terapi pengobatan. Berikut cara mengobati dan mengatasi diabetes gestasional yang bisa Anda lakukan.

Cara mengobati diabetes gestasional dengan pengobatan dokter

Mengobati diabetes gestasional dengan obat jadi cara yang sebaiknya Anda coba pertama kali. Pasalnya saat hamil, Anda tidak diperkenankan mencoba-coba berbagai perawatan yang berisiko membahayakan janin.

Obat ini tentu saja tidak dibeli bebas di pasaran, melainkan harus atas resep dokter. Berikut beberapa cara mengobati diabetes gestasional dengan pengobatan dokter, dikutip NHS:

Insulin

Jika tubuh tidak merespon insulin, Anda mungkin perlu suntikan insulin sebagai cara mengobati diabetes gestasional untuk menurunkan kadar glukosa pada darah.

Insulin harus diberikan dengan cara disuntikkan melalui titik-titik tertentu di tubuh. Ketika konsultasi dengan dokter, Anda akan diberi tahu cara seputar mengobati diabetes gestasional dengan insulin, seperti:

  • Bagaimana dan kapan menyuntikkan sendiri
  • Bagaimana menyimpan insulin dan membuang jarum anda dengan benar
  • Tanda-tanda dan gejala gula darah rendah

Insulin ada dalam beberapa berbeda bentuk.  Berikut ini resep yang mungkin akan diberikan dokter sebagai cara mengobati diabetes gestasional:

  • Analog insulin yang bekerja cepat, biasanya disuntikkan sebelum atau sesudah makan. Dapat bekerja dengan cepat, tetapi tidak berlangsung lama.
  • Insulin basal, biasanya disuntikkan pada waktu tidur atau bangun tidur.

Selalu ikuti rekomendasi dokter saat menggunakan insulin selama kehamilan. Jika Anda sedang menggunakan insulin, Anda perlu memeriksa beberapa hal berikut:

  • Glukosa darah puasa (setelah Anda tidak makan selama sekitar 8 jam – biasanya jadi hal pertama di pagi hari)
  • Glukosa darah saat 1 atau 2  jam setelah setiap makan
  • Glukosa darah pada waktu lain (misalnya, jika Anda merasa tidak enak badan atau telah memiliki masa hipoglikemia – glukosa darah rendah)

Jika glukosa darah Anda turun terlalu rendah, Anda mungkin terkena hipoglikemia.

Obat minum hipoglikemik

Cara mengobati diabetes gestasional berikutnya adalah penggunaan obat minum. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin akan diberi resep obat minum hipoglikemik yang disebut metformin.

Ini adalah obat yang diminum untuk menurunkan kadar gula dalam darah Anda. Pemilihan obat metformin ini biasanya dilakukan bila gula darah dapat terkontrol.

Meski minum obat ini termasuk cara mengobati diabetes gestasional, metformin bisa menyebabkan efek samping, seperti:

  • Mual (perut sakit)
  • Muntah
  • Kram perut dan diare (buang air besar encer)

Obat apa pun yang Anda konsumsi semuanya harus berdasar resep dokter.

Bagaimana cara mengatasi diabetes gestasional tanpa konsumsi obat?

Cara mengobati diabetes gestasional yang paling sering dianjurkan oleh dokter dan perawat adalah mengatur pola makan.

Ini karena pola makan yang sehat, bisa mengontrol gula darah sehingga Anda tidak perlu minum obat sebagai cara mengobati diabetes gestasional.

Berikut beberapa cara mengatasi diabetes gestasional di rumah, dikutip dari NHS:

Rutin memeriksa kadar gula darah

Bagian terpenting dari cara mengobati diabetes gestasional adalah memeriksa tingkat gula darah secara rutin.

Kadar glukosa pada darah biasanya diukur dari jumlah milimol glukosa yang ada dalam satu liter darah. Milimol adalah pengukuran yang menentukan jumlah glukosa dalam darah Anda. Pengukuran dinyatakan dengan milimol per liter, atau mmol/l.

Target mmol/l akan ditetapkan untuk Anda oleh dokter. Biasanya Anda perlu mengecek kadar gula darah berikut:

  • Glukosa darah puasa (setelah Anda tidak makan selama sekitar 8 jam. Umumnya tes dilakukan di pagi hari)
  • Glukosa darah postprandial (1 atau 2 jam setelah Anda makan)

Dokter akan menjelaskan kapan dan seberapa sering Anda perlu mengukur kadar glukosa pada darah sebagai cara mengatasi diabetes gestasional.

Anda mungkin perlu menguji kadar glukosa darah puasa dan gula darah normal setelah makan selama kehamilan.

Jika diabetes Anda sedang diobati dengan insulin, Anda mungkin harus sering menguji glukosa pada darah sebelum tidur di malam hari.

Mengurangi konsumsi gula

Setelah tahu bahwa Anda memiliki diabetes gestasional, membatasi jumlah gula yang dikonsumsi adalah cara ampuh untuk mengatasi diabetes gestasional.

Gula yang perlu dikurangi berasal dari karbohidrat  seperti nasi putih contohnya.Terlebih bagi Anda yang terlalu gemuk atau obesitas, gantilah sumber karbohidrat seperti nasi putih menjadi nasi merah.

Makan seperti biasa

Cara mengatasi diabetes gestasional berikutnya adalah makan seperti biasa. Maksudnya, jangan melewatkan jam makan, dan selalu seimbangkan menu makanan ibu hamil.

Menu yang baik yaitu mencakup karbohidrat dengan indeks glikemik rendah (GI) agar Anda dapat menyerap karbohidrat lebih lambat. Ini membantu menjaga kadar gula darah Anda stabil di antara jam makan.

Beberapa menu makanan ibu hamil yang bisa dipilih sebagai cara mengobati diabetes gestasional adalah:

  • Pasta
  • Oatmeal
  • Roti dengan gandum kasar (atau gandum hitam)
  • Umbi-umbian seperti kentang, singkong, dan ubi jalar

Ibu hamil juga bisa memilih makanan yang tinggi serat untuk membantu sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Ini termasuk salah satu cara mengobati diabetes gestasional yang dialami ibu hamil.

Banyak makan sayur dan buah

Cara mengobati diabetes gestasional berikutnya adalah mengonsumsi makanan tinggi serat, buah dan sayur termasuk di dalamnya. Anda harus mengonsumsi setidaknya 5 porsi buah-buahan segar dan sayuran setiap hari.

Namun, meski mengonsumsi buah termasuk cara mengatasi diabetes gestasional, Anda hanya perlu makan 1 porsi buah tiap kali makan dan tidak lebih dari 3 porsi sehari.

Kurangi konsumsi jus buah instan yang dijual di pasaran karena banyak mengandung gula. Sebaiknya, makanlah buah utuh untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.

Batasi konsumsi gula dan makanan manis

Cara mengobati diabetes gestasional yang paling sering diberikan yaitu menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi.

Anda bisa tetap mengonsumsi makanan mengandung gula, tapi seimbangkan dengan minuman yang tidak mengandung gula.

Jika ibu hamil ingin makan kue, minumannya harus bebas gula. Ini untuk menyeimbangkan kadar gula di dalam tubuh agar tidak meningkat.

Mengonsumsi lemak tak jenuh

Cara mengobati diabetes gestasional berikutnya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Beberapa jenis lemak tak jenuh dapat menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil tetap sehat dan juga dapat mengurangi kadar kolesterol.

Ini salah satu cara mengatasi diabetes gestasional. Makanan yang mengandung lemak tak jenuh adalah:

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Alpukat
  • Selai yang dibuat dari bunga matahari, buah zaitun, dan minyak sayur

Olahraga

Aktivitas fisik bisa menjadi cara mengatasi diabetes gestasional karena dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Olahraga yang bisa dilakukan untuk ibu hamil dengan diabetes gestasional tidak perlu berat, misalnya jalan kaki 30 menit dalam seminggu atau bersepeda.

Berenang atau olahraga low impact lainnya juga bisa dijadikan cara mengatasi diabetes gestasional. Tanyakan pada dokter Anda olahraga seperti apa dan seberapa sering dilakukan yang terbaik untuk ibu hamil.

Menjaga berat badan tetap ideal

Penting bagi ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional untuk menjaga berat badan selama kehamilan.

Bagi Anda dengan IMT sebelum hamil <18,5 maka kenaikan berat selama kehamilan adalah 7-18 kg. Sementara itu, jika Anda obesitas, kenaikan berat badan tidak boleh lebih dari 11,4 kg.

Cara mengatasi diabetes gestasional agar tidak berpengaruh pada janin

Dikutip dari Medline Plus, ada beberapa cara mengobati diabetes gestasional yang dialami ibu hamil agar janin di dalam kandungan tidak terpengaruh.

Petugas kesehatan, seperti dokter, perawat, atau bidan akan mengawasi perkembangan janin selama kehamilan. Berikut cara mengatasi diabetes gestasional agar tidak berpengaruh pada janin:

  • Melakukan kunjungan ke dokter tiap minggu
  • Rajin melakukan USG yang untuk mengecek bayi Anda
  • Melakukan berbagai tes yang menunjukkan apakah bayi Anda sehat atau tidak

Selalu pantau dan konsultasikan kesehatan Anda pada dokter untuk mencegah terjadinya keparahan kondisi.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Februari 3, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca