Bisakah Suplemen Omega-3 Mengatasi Psoriasis?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Psoriasis umumnya ditandai dengan munculnya ruam-ruam merah, kulit mengelupas, dan juga terasa kering. Psoriasis ini tidak terjadi dalam sekali waktu, melainkan dalam jangka waktu panjang. Untungnya, salah satu penelitian terbaru menyatakan bahwa suplemen omega-3 bisa mengatasi kondisi ini.

Omega-3 adalah bagian dari asam lemak yang memengaruhi banyak fungsi tubuh. Mulai dari memengaruhi pembekuan darah sampai peradangan. Tubuh manusia tidak bisa menghasilkan omega-3, sehingga harus didapatkan dari makanan atau suplemen.

Ada dua jenis omega-3 yang sangat penting dalam menghambat peradangan sel, yakni DHA (Docosahexaenoic acid) dan EPA (Eicosapentaenoic Acid). Kandungan omega-3 inilah yang digadang-gadang bisa mengatasi psoriasis.

Peran omega-3 untuk mengatasi psoriasis

penyakit psoriasis

Saat seseorang mengalami psoriasis, sistem imunnya memberi tahu sel kulit untuk beregenerasi dengan sangat cepat. Belum diketahui kenapa terjadi seperti ini, tetapi akhirnya kulit jadi meradang, muncul ruam, ada juga bercak-bercak kering dan bersisik di kulit.

Dilansir dari laman Medical News Today, penggunaan suplemen omega-3 bisa meredakan peradangan pada sel kulit. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology tahun 2014. Dalam penelitian ini, para ahli menunjukkan bahwa omega-3 bisa mengurangi gejala-gejala psoriasis.

Studi tersebut melakukan 15 kali percobaan. Dari seluruh percobaan, sebanyak 12 percobaan dengan pemberian omega-3 dosis tinggi menunjukan bahwa gejala-gejala psoriasis bisa membaik. Gejala psoriasis yang diatasi dengan pemberian omega-3 ini yaitu, berkurangnya kulit yang memerah, kulit yang berkerak, dan rasa gatal.

Dalam penelitian tersebut ditemukan juga bahwa hasil ini akan efektif jika sudah rutin minum suplemen omega-3 setidaknya dalam waktu 3 bulan.

Manfaat lain suplemen omega-3

kesehatan jantung

Selain mengurangi gejala psoriasis, omega-3 juga memberikan manfaat lainnya. Omega-3 yang pada dasarnya bersifat menghambat peradangan bisa membantu jaga kondisi kesehatan dalam jangka panjang secara keseluruhan.

Efek pencegahan peradangan ini sangat dibutuhkan oleh orang dengan psoriasis. Orang dengan psoriasis lebih mudah mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah. Omega-3 bisa membantu mencegah terjadinya peradangan pada pembuluh darah maupun sel jantung.

Meskipun bermanfaat, bukan berarti semakin besar dosis omega-3 nya akan semakin bagus. Omega-3 yang berlebihan justru tidak menunjukkan perbaikan yang harusnya terjadi ketika minum omega-3 secukupnya.

Lalu seberapa banyak dosis yang dibutuhkan?

cara menghilangkan jerawat

Untuk mendapatkan manfaat omega-3 yang optimal, pastikan bahwa suplemen yang Anda minum mengandung EPA dan DHA yang seimbang. Suplemen yang mengandung EPA dan DHA yang seimbang banyak ditemukan dalam suplemen minyak ikan.

Tidak ada standar yang tepat untuk mengurangi peradangan pada psoriasis harus minum berapa banyak suplemen. Akan tetapi, dr. Wilson Liao, seorang spesialis kulit di University of California, San Fransisco merekomendasikan bahwa Anda harus mulai minum suplemen omega-3 secara perlahan.

Jika ingin mencoba suplemen omega-3, dr. Wilson Liao menyarankan untuk minum suplemen yang setidaknya mengandung 1 gram EPA dan ½ gram DHA setiap hari selama 8 minggu, sembari dilihat adakah perbaikan yang terjadi pada kulit Anda.

Sebelum memilih untuk minum suplemen omega-3, sebaiknya Anda konsultasikan dahulu ke dokter yang mengetahui kondisi fisik Anda sebenarnya seperti apa. Suplemen omega-3 yang dosisnya terlalu tinggi bisa menimbulkan mual, diare, atau masalah pencernaan lainnya.

Apakah omega-3 hanya ada dalam bentuk suplemen?

omega 3 untuk ibu hamil

Omega-3 pada dasarnya juga terdapat dalam makanan. Dr. Wilson Liao mengatakan bahwa sebelum memberikan pasiennya omega-3 berbentuk suplemen, ia menyarankan untuk meningkatkan makanan yang tinggi omega-3 terlebih dahulu.

Menurut Medical Medical News Today, omega-3 akan lebih baik diserap ketika diperoleh dari sumber makanan, daripada bentuk suplemen. Suplemen memang bukan menjadi pilihan satu-satunya untuk meningkatkan kebutuhan omega 3. Dari makanan juga bisa didapatkan omega-3 yang tinggi EPA dan DHA-nya seperti:

  • Ikan salmon
  • Ikan sarden
  • Ikan makarel
  • Chia seeds
  • Telur, terutama yang diperkaya DHA atau ditulis telur omega-3
  • Tiram
  • Minyak sarden
  • Minyak salmon
  • Ikan teri

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Pilihan Salep yang Ampuh Redakan Gejala Psoriasis

Pemakaian salep secara rutin efektif meredakan gejala psoriasis yang mengganggu. Namun, salep dengan kandungan apa yang paling ampuh untuk psoriasis?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit Kulit, Health Centers 25/04/2020 . Waktu baca 6 menit

Benarkah Ada Hubungan Psoriasis dengan Insomnia?

Psoriasis adalah penyakit perandangan kulit. Kondisi ini disebut-sebut dapat memicu insomnia. Bagaimana sebenarnya hubungan psoriasis dengan insomnia?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Penyakit Kulit, Health Centers 18/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Psoriasis Guttata

Psoriasis guttata (gutata) adalah psoriasis yang menyebabkan bintik-bintik merah menyebar luas pada kulit. Ketahui penyebab dan pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 27/02/2020 . Waktu baca 7 menit

Psoriasis Inversa

Psoriasis inversa adalah jenis psoriasis yang menyerang area kulit yang berlipat dan berkerak. Kenali gejala, penyebab, dan pengobatannya di ulasan ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 26/02/2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit mata pada psoriasis

Komplikasi Penyakit Mata yang Biasa Terjadi pada Pasien Psoriasis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . Waktu baca 4 menit
terapi untuk psoriasis arthritis

Pilihan Terapi Alternatif untuk Bantu Meringankan Psoriasis Arthritis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 4 menit
obat pemicu psoriasis

Punya Psoriasis? Waspada, 5 Obat Ini Bisa Jadi Pemicu Gejalanya Makin Parah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020 . Waktu baca 4 menit
penanganan psoriasis arthritis

Penanganan Psoriasis Arthritis dengan Tips Menjalani Hidup Sehat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 23/05/2020 . Waktu baca 4 menit