Perawatan Psoriasis Kuku Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 5 Caranya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Psoriasis tidak hanya menyerang kulit, tapi juga kuku. Jika Anda memiliki psoriasis kuku, sangat penting untuk menjaga kuku Anda tetap sehat. Pasalnya, tangan dan kuku Anda terlibat dalam berbagai aktivitas sehingga riskan cedera dan membuat gejalanya semakin parah. Selain perawatan dokter, Anda juga perlu melakukan perawatan di rumah pada kuku yang terkena psoriasis. Bagaimana cara perawatannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Perawatan psoriasis kuku di rumah

Psoriasis kuku menyebabkan kuku Anda berubah warna, rapuh, dan terangkat ke atas sehingga mudah berdarah. Munculnya gejala tersebut tentu membuat aktivitas Anda terganggu karena hampir semua kegiatan melibatkan tangan Anda.

Supaya gejala psoriasis tidak bertambah parah, Anda memerlukan bantuan dokter. Selain mendapatkan obat-obatan yang diresepkan dokter, seperti kortikosteroid, calcipotriol, dan tarazotene.

Perawatan tersebut akan berjalan efektif jika Anda juga melakukan perawatan di rumah sesuai dengan arahan American Academy of Dermatology, seperti:

1. Jaga kuku Anda tetap pendek

memotong kutikula kuku

Membiarkan kuku terus panjang bisa membuat kotoran menumpuk di sekitar kuku. Hal tersebut bisa memperburuk penampilan kuku dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi.

Jadi, perawatan psoriasis kuku di rumah yang harus diutamakan adalah menjaga kuku tetap pendek. Anda perlu berhati-hati memotong kuku supaya tidak membuat kuku semakin parah. Akan lebih baik jika Anda membersihkan gunting kuku sebelum menggunakannya.

Hindari memotong kutikula, yakni lapisan yang berada di pangkal kuku. Bila bagian kuku ini dipotong, kuku akan terluka dan area psoriasis dapat meluas.

2. Pakai pelembap untuk kuku

Perawatan psoriasis untuk kuku di rumah selanjutnya adalah rajin melembapkan kuku. Psoriasis membuat kuku Anda kering dan rapuh. Dengan mengoleskan pelembap kuku, kekeringan kuku bisa dihindari.

Pelembap yang Anda oleskan dapat mengunci kelembapan kulit sehingga mencegah kuku kering. Tidak semua pelembap memiliki efek yang sama, jadi pilih pelembap kuku yang diformulasikan untuk psoriasis. Waktu pemakaian yang paling baik adalah tidak lebih 3 menit setelah Anda mencuci tangan.

3. Jangan gigiti kuku atau membersihkan penumpukan di kuku

menggigit kuku

Jika Anda punya kebiasaan menggigiti kuku, tinggalkan kebiasaan ini segera. Menggigiti kuku bisa menyebabkan kulit kuku terluka dan memperparah psoriasis. Selain itu, hindari juga membersihkan penumpukan di kuku.

Psoriasis menyebabkan penumpukan di bawah kuku sehingga kuku Anda jadi terangkat. Ini adalah gejala yang umum dan untuk meredakannya bukan dengan membersihkannya.

Anda hanya perlu melakukan perawatan psoriasis kuku baik dokter maupun di rumah dengan rutin. Dengan sendirinya perlahan-lahan, penumpukan di bawah kuku akan mereda.

4. Pakai sarung tangan

sarung tangan karet

Perawatan psoriasis kuku di rumah memang difokuskan untuk mencegah gejala agar tidak bertambah parah. Ini bisa dimulai dengan menghindari paparan bahan-bahan pembersih yang sifatnya iritan.

Psoriasis membuat kuku dan kulit sekitarnya jadi sensitif, jadi gunakan sarung tangan untuk menghindari paparan bahan kimia. Sarung tangan juga mencegah kuku tangan Anda terus basah sehingga kuku jadi tidak terlalu rapuh.

5. Sebaiknya berhenti pakai cat kuku

kuku kuning akibat kuteks

Bahan iritan tidak hanya ada pada sabun, sampo, atau bahan pembersih saja, tapi juga terdapat di kuteks. Kuku Anda yang sedang bermasalah sebaiknya tidak perlu dibubuhi kuteks karena bisa mengiritasi dan menimbulkan infeksi.

Alih-alih mengubah penampilan kuku yang bermasalah jadi lebih cantik, mengecat kuku bisa membuat kuku jadi makin rusak. Adanya cat kuku kemungkinan juga mengurangi penyerapan pelembap atau obat yang dioleskan ke kuku dan membuat warna kuku jadi menguning.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca