Panduan Memilih Pelembap yang Cocok dan Aman untuk Kulit Psoriasis

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Memilih produk perawatan kulit itu perlu Anda diperhatikan. Apalagi jika Anda memiliki psoriasis, Anda perlu ekstra hati-hati dengan kondisi kulit Anda. Perawatan kulit yang tepat bisa jadi cara untuk mengendalikan dan mencegah gejala psoriasis jadi makin parah. Untuk itu, simak panduan memilih pelembap untuk psoriasis berikut ini.

Panduan memilih pelembap untuk psoriasis

Pelembap jadi produk perawatan kulit yang sangat penting untuk psoriasis. Pelembap menjaga kelembapan kulit sehingga mengurangi rasa gatal, kulit kering, dan retak akibat psoriasis. Ini akan mengurangi risiko terjadinya jaringan parut atau infeksi kulit.

Selain mengetahui cara memilih pelembap untuk psoriasis yang tepat, jangan lupa konsultasi dulu dengan dokter Anda sebelum menggunakannya. Berikut panduan memilih pelembap yang tepat dan aman untuk orang dengan psoriasis, antara lain:

1. Paham poin penting sebelum memilih pelembap

Ada banyak produk pelembap yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kelembapan kulit untuk psoriasis. Namun, ada beberapa faktor yang memengaruhi keefektifan pelembap bagi kulit psoriasis, yaitu:

  • Pahami seberapa parah kondisi kulit
  • Tahu jenis psoriasis yang Anda miliki
  • Area kulit yang terkena psoriasis
  • Bahan-bahan aktif yang terkandung pada pelembap.

2. Jenis pelembap yang aman bagi psoriasis

memilih pelembap
Sumber Huffington Post

Banyaknya jenis pelembap di pasaran, pasti membuat Anda bingung arus pilih yang mana. Namun, tidak semua jenis pelembap itu aman untuk kulit dengan psoriasis. Beberapa jenis pelembap yang aman kandungannya untuk psoriasis, antara lain:

 Retinoid

Retinoid sering digunakan untuk mempercepat pengelupasan kulit yang mulai berkerak atau kering. Saat kulit mengering, akan muncul rasa gatal dan tidak nyaman. Semakin cepat kulit tersebut terkelupas, rasa gatal dan tidak nyaman juga akan ikut berkurang.

Selain itu retinoid juga mengandung tambahan vitamin A, yang membantu lindungi kulit dari kerusakan sinar matahari dan penuaan.

Coal tar atau vitamin D

Coal tar membantu kulit jadi lebih sehat dengan memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit baru. Orang dengan psoriasis memiliki pertumbuhan sel kulit baru yang abnormal dan sangat cepat. Zat ini akan mengurangi kondisi kulit bersisik pada orang dengan psoriasis. Karena kandungannya, pelembap ini juga bisa digunakan pada kulit sekitar kepala.

Selain coal tar, Anda juga bisa memilih pelembap dengan kandungan vitamin D. Cara kerja vitamin D sama seperti pelembap yang mengandung coal tar. Sayangnya, vitamin D kemungkinan dapat mengiritasi kulit bagi sebagian orang.

Antralin

Antralin mampu memperlambat pertumbuhan sel kulit baru sekaligus mengurangi pembengkakan kuli akibat psoriasis. Pelembap dengan kandungan ini memiliki efek samping yang paling minim, sehingga dianggap aman untuk digunakan dalam jangka panjang.

Asam salisilat

Asam salisilat dapat membantu menghilangkan tampilan kulit bersisik dan bercak-bercak akibat psoriasis. Penggunaan asam salisilat bisa digunakan bersamaan dengan pelembap lainnya karena asam salisilat dapat membantu krim lain menembus kulit lebih baik.

Krim kortikosteroid

Krim kotrikosteroid mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan pada bercak kulit akibat psoriasis. Biasanya krim ini digunakan untuk area kulit yang lebih sensitif atau sulit dijangkau pelembap biasa.

3. Lakukan uji sensitivitas dan efektivitas pelembap

pelembap untuk kulit kering

Kandungan pelembap yang aman untuk psoriasis sangat banyak dan tentu saja akan membuat kulit Anda membaik. Namun, beberapa produk mungkin memiliki risiko dan efek samping walaupun cukup kecil dan ringan. Jadi, pilihlah produk dengan ukuran yang lebih kecil.

Sebelum menggunakannya sebagai perawatan, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter Anda. Bisa juga melakukan uji sensitivitas lebih dulu. Caranya, oleskan sedikit saja pelembap pada area kulit yang tidak mengalami gejala psoriasis.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Pilihan Salep yang Ampuh Redakan Gejala Psoriasis

Pemakaian salep secara rutin efektif meredakan gejala psoriasis yang mengganggu. Namun, salep dengan kandungan apa yang paling ampuh untuk psoriasis?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit Kulit, Health Centers 25/04/2020 . Waktu baca 6 menit

Benarkah Ada Hubungan Psoriasis dengan Insomnia?

Psoriasis adalah penyakit perandangan kulit. Kondisi ini disebut-sebut dapat memicu insomnia. Bagaimana sebenarnya hubungan psoriasis dengan insomnia?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Penyakit Kulit, Health Centers 18/03/2020 . Waktu baca 4 menit

Psoriasis Guttata

Psoriasis guttata (gutata) adalah psoriasis yang menyebabkan bintik-bintik merah menyebar luas pada kulit. Ketahui penyebab dan pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 27/02/2020 . Waktu baca 7 menit

Psoriasis Inversa

Psoriasis inversa adalah jenis psoriasis yang menyerang area kulit yang berlipat dan berkerak. Kenali gejala, penyebab, dan pengobatannya di ulasan ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 26/02/2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit mata pada psoriasis

Komplikasi Penyakit Mata yang Biasa Terjadi pada Pasien Psoriasis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . Waktu baca 4 menit
terapi untuk psoriasis arthritis

Pilihan Terapi Alternatif untuk Bantu Meringankan Psoriasis Arthritis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 4 menit
obat pemicu psoriasis

Punya Psoriasis? Waspada, 5 Obat Ini Bisa Jadi Pemicu Gejalanya Makin Parah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020 . Waktu baca 4 menit
penanganan psoriasis arthritis

Penanganan Psoriasis Arthritis dengan Tips Menjalani Hidup Sehat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 23/05/2020 . Waktu baca 4 menit