Berbagai Gejala Psoriasis yang Perlu Anda Waspadai Sebelum Terlambat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Apa yang Anda ketahui dari penyakit psoriasis? Psoriasis adalah penyakit menyebabkan peradangan kronis pada kulit yang melibatkan autoimun. Autoimun adalah kondisi yang menyerang sistem kekebalan imun tubuh.

Anda bisa mengetahui ciri psoriasis dengan kondisi adanya bercak kulit warna putih atau merah yang bersisik tebal. Biasanya ciri penyakit psoriasis muncul di bagian kaki, punggung, lutut, siku, tangan dan kulit kepala. Apa saja gejala psoriasis lainnya? Simak di sini.

Apa penyebab psoriasis?

Psoriasis terjadi saat sel kulit pada tubuh membelah secara abnormal atau berlebihan. Di kulit orang normal, biasanya kulit mati akan mengelupas dan muncul diganti dengan sel kulit baru dalam beberapa minggu tapi tidak dengan orang psoriasis.

Sel kulit orang psoriasis akan muncul dan tumbuh dalam hitungan hari saja. Maka tak jarang kulitnya akan menebal dan menumpuk di bagian-bagian tertentu.

Pemicu psoriasis lainnya

Stress

Stres juga bisa menjadi pemicu psoriasis muncul dan semakin parah kondisinya. Anda harus belajar atau sebisa mungkin menghindari stres untuk mencegah bercak psoriasis muncul.

Alkohol

Penggunaan alkohol berat bisa memicu psoriasis muncul. Jika Anda menggunakan alkohol secara berlebihan, psoriasis mungkin lebih sering terjadi.

Cedera

Kecelakaan, luka, atau goresan bisa memicu psoriasis muncul. Selain itu, suntikan,  vaksin, dan sinar matahari juga bisa menjadi penyebab Anda terkena psoriasis.

Apa saja gejala psoriasis?

Umumnya, orang dengan psoriasis akan mengalami beberapa hal berikut ini:

  • Bagian kulit memerah terasa tebal, kering, dan bersisik
  • Kulit pecah-pecah yang terkadang bisa berdarah
  • Kuku yang menebal dengan tekstur tidak rata
  • Sendi-sendi yang membengkak dan kaku

Psoriasis juga bisa terjadi pada kuku. Perhatikan tanda-tanda bila kuku sudah mulai berubah warna, kuku mudah hancur dan mulai menebal.

Mengenal gejala psoriasis menurut jenisnya

Psoriasis punya jenis yang berbeda, berikut merupakan jenis dan gejalanya:

  • Psoriasis vulgaris adalah kondisi bercak kulit dengan warna kemerahan dan dibagian atasnya terdapat kilauan warna perak di atasnya. Kondisi ini bisa menyebabkan gatal pada kulit dan dalam beberapa kasus menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.
  • Guttate psoriasis, kondisi ini merupakan jenis psoriasis yang muncul dengan bercak kecil bersisik merah pada setiap bagian tubuh. Terdapat banyak bagian kecil dengan sisik merah bila Anda mengalami kondisi ini.
  • Inverse psoriasis, adalah kondisi yang memiliki ciri bercak yang ditemukan di bagian tubuh yang tertutup. Contohnya seperti ketiak, selangkangan, daerah payudara, alat kelamin, dan bokong.
  • Psoriasis pada kulit kepala, hal ini juga bisa terjadi karena sering dikira ketombe berlebih dan penebalan pada kulit ini kepala ini sering diabaikan saja oleh sebagian orang. Ciri-ciri yang bisa didapat adalah mulai muncul sisik penebalan berwarna putih di sekitar rambut kepala.

Bila Anda memiliki kondisi dan ciri penyakit psoriasis seperti yang telah dijelaskan di atas tadi, segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter nantinya akan memeriksa dan melakukan perawatan medis. Jangan didiamkan saja penyakit ini. Jika diabaikan, psoriasis dapat memengaruhi sendi dan organ dalam tubuh.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca