Hubungan Antara Asma, Pikiran, dan Tubuh

Oleh

Sikap Anda memiliki pengaruh besar saat Anda mengatasi kondisi asma. Penelitian terbaru menemukan bahwa pikiran Anda merupakan faktor yang penting untuk mengatasi kondisi pernapasan kronis. Maka dari itu, semakin percaya diri Anda dalam mengatasi gejala, semakin baik Anda mengendalikan kondisi asma Anda.

Anda tidak dapat menghentikan faktor genetik dari membuat Anda rentan terhadap masalah pernapasan, namun Anda dapat memilih bagaimana Anda mengatasinya. Para peneliti yang mempelajari koneksi pikiran dan tubuh percaya bahwa saat Anda tetap positif terhadap situasi, Anda lebih memiliki kendali terhadap asma dan  mengambil langkah yang tepat untuk menghindari gejala yang serius.

Banyak penelitian yang telah mendukung kesimpulan ini, termasuk penelitian pada tahun 2006 oleh Hasbro Children’s Research Center di Rhode Island. Para ilmuwan menemukan bahwa anak-anak dengan kepercayaan diri yang positif lebih jarang mengalami gangguan serangan asma terhadap kegiatan sehari-hari. Hal ini disebabkan anak-anak dengan rasa percaya diri yang lebih tinggi dan kemampuan yang lebih baik dalam mengatasi masalah biasanya lebih banyak waktu untuk menjaga diri mereka sendiri, dan ini adalah aspek yang penting dalam mengendalikan asma. Anak-anak ini juga memberikan usaha untuk berpartisipasi di sekolah, aktivitas olahraga dan sosial, serta tidur yang berkualitas, faktor-faktor yang memberi dampak positif terhadap asma.

Mengenal koneksi pikiran dan tubuh

Konsep ini masuk akal jika Anda berpikir bagaimana asma terjadi. Asma adalah kondisi anti peradangan yang disebabkan perubahan fisik yang terjadi dalam tubuh, namun kondisi ini juga dapat dipicu oleh emosi dan stress. Walau mood Anda tidak menyebabkan asma, mood dapat memperburuk gejala asma dan menyebabkan Anda merasa semakin stress. Semakin buruk perasaan Anda, semakin Anda menjadi gelisah. Kegelisahan menyebabkan tubuh melepas hormon yang memperburuk asma, menciptakan siklus yang sulit dihentikan.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi asma

Jika Anda memiliki masalah dalam mengatasi stress, Anda dapat berkonsultasi dengan konselor profesional yang dapat membantu Anda membuat metode yang efektif dan langkah-langkah modifikasi perilaku. Berolahraga rutin, berpartisipasi pada aktivitas relaksasi seperti yoga, teknik pernapasan, dapat memperbaiki kondisi asma dan kesehatan Anda. Ingatlah bahwa penting juga untuk mengikuti rencana tindakan asma dan mengonsumsi pengobatan seperlunya untuk mengendalikan kondisi Anda.

Apakah ada hal lain yang perlu saya perhatikan?

Mengontrol pikiran negatif seharusnya tidak membuat Anda merasa perilaku Anda adalah penyebab dari penyakit.

Metode mengendalikan pikiran adalah jenis ‘pengobatan’ yang sangat aman dan dapat bekerja dengan efektif jika dikombinasikan dengan perawatan medis. Setiap teknik memiliki risiko dan efek sampingnya sendiri. Bicarakan dengan penyedia medis tentang perhatian yang Anda miliki.

Yang juga perlu Anda baca