4 Kiat Ampuh Mengatasi Alergi Dingin yang Mengganggu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Cuaca dingin atau musim hujan mungkin menjadi musuh terbesar bagi Anda yang punya alergi dingin. Pasalnya, kulit akan langsung bereaksi dengan munculnya ruam-ruam merah dan sensasi gatal yang mengganggu. Lantas, bagaimana cara mengatasi alergi dingin? Berikut penjelasannya.

Beragam cara mengatasi alergi dingin yang terbukti manjur

Tak perlu buru-buru panik saat kulit memerah, bengkak, dan gatal-gatal karena alergi dingin. Berikut ini cara mengatasi alergi dingin yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Buat tubuh tetap hangat

makanan menghangatkan tubuh

Ini menjadi cara mengatasi alergi dingin paling utama yang harus Anda lakukan. Ya, pastikan tubuh Anda tetap hangat supaya kulit Anda tidak cepat bereaksi terhadap suhu dingin di luar.

Mulai memasuki cuaca dingin atau musim hujan, pastikan Anda selalu sedia jaket dan kaus kaki sebelum ke luar rumah. Begitu kembali ke rumah, segera pakai selimut supaya tubuh Anda tetap hangat. Alhasil, Anda akan terlindungi dari ruam kulit dan gatal-gatal.

2. Hindari pemicu

efek AC

Cuaca dingin memang menjadi pemicu alergi dingin yang paling umum. Namun terkadang, berada di ruangan ber-AC, berenang, atau bahkan mandi pun juga bisa memicu gejala alergi dingin.

Untuk mengatasi alergi dingin, sebaiknya hindari pemicunya untuk sementara waktu. Kalau gejalanya mulai muncul setelah Anda terkena udara AC, segera pindah ke tempat yang lebih hangat. Begitu pula dengan berenang, berikan jeda sementara waktu sampai alerginya membaik.

3. Gunakan antihistamin

alergi obat antibiotik

Sebetulnya, tidak ada obat khusus untuk mengatasi alergi dingin. Akan tetapi, ada beberapa obat alergi dingin yang umum diresepkan oleh dokter untuk mengurangi gejalanya.

Dokter biasanya akan meresepkan antihistamin untuk membantu meredakan biduran saat alergi dingin kambuh. Obat golongan steroid glukokortikoid juga dapat diresepkan – tergantung seberapa parah gejala alerginya.

Berbagai pilihan obat alergi dingin yang lebih lengkap bisa Anda temukan di sini.

4. Siapkan suntikan epinephrine (EpiPen)

cara mengatasi alergi dingin epipen

Jika alergi dingin Anda cenderung parah, mudah kambuh, dan berisiko fatal, sebaiknya selalu sediakan EpiPen. EpiPen atau suntikan epinefrin digunakan sebagai senjata ampuh untuk menangkal reaksi alergi dingin yang berlebihan.

Namun demikian, pastikan Anda sudah mengantongi izin dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Ini bertujuan untuk mengurangi efek samping yang mungkin timbul.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Agustus 27, 2018 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca