home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Boleh Atau Tidak, Tidur Siang Saat Menstruasi? Ini Jawabannya

Boleh Atau Tidak, Tidur Siang Saat Menstruasi? Ini Jawabannya

Susah tidur umumnya disebabkan oleh kebanyakan minum kopi. Akan tetapi, tidak bisa tidur pada wanita bisa saja terjadi menjelang menstruasi atau ketika haid sedang berlangsung. Kenapa, ya, hal ini bisa terjadi? Lantas, boleh atau tidak, ya tidur siang saat menstruasi? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini!

Kenapa susah tidur saat atau menjelang menstruasi?

dismenore atau nyeri haid

Sebelum Anda mencari tahu boleh atau tidak tidur siang saat menstruasi, lebih baik pahami dahulu kenapa Anda susah tidur saat datang bulan.

Alasan utama mengapa Anda dan sebagian besar wanita mengalami insomnia saat mendekati jadwal haid adalah perubahan hormon reproduksi yang terjadi di dalam tubuh.

Sebelum terjadinya haid, sebenarnya tubuh Anda telah mempersiapkan segala hal untuk terjadinya pembuahan, seperti mematangkan telur, mengeluarkan telur, hingga menebalkan rahim sebagai tempat tumbuhnya janin.

Semua hal tersebut dilakukan oleh hormon reproduksi, termasuk hormon estrogen dan progesteron. Hormon estrogen dan progesteron berperan penting dalam pembentukan lapisan rahim, sehingga kedua jenis hormon ini akan cukup tinggi jumlahnya di dalam tubuh hingga sesaat sebelum haid – peluruhan rahim – terjadi.

Sementara, hormon-hormon tersebut bekerja bertolak belakang dengan hormon melatonin yang juga disebut sebagai hormon tidur. Akibat jumlah hormon estrogen dan progesteron yang sangat tinggi saat itu, hormon melatonin tidak dapat bekerja dengan baik untuk mengatur waktu tidur serta merangsang rasa kantuk datang.

Jadi, tidak heran jika Anda sering mengalami susah tidur saat masa-masa menjelang haid. Di samping itu, menstruasi yang menimbulkan gejala PMS seperti perut kram dan nyeri haid (dismenore) juga bisa mengganggu tidur.

Boleh atau tidak, tidur siang saat menstruasi?

Perubahan hormon dan gejala PMS bisa jadi penyebab dari susah tidur. Setelah mengetahui ini, sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, “lantas bolehkah tidur siang?” Pasalnya, tidur siang juga bisa menyebabkan Anda susah memejamkan mata di malam harinya.

Tidak ada studi maupun peneliti yang menyebutkan bahwa Anda tidak boleh tidur siang saat menstruasi. Tidur siang bisa membantu meringankan gejala PMS, seperti meredakan perut kram dan meningkatkan suasana hati. Rasa kantuk akibat susah tidur di malam sebelumnya pun bisa bisa Anda atasi.

Namun, manfaat tersebur hanya akan Anda dapatkan jika tidur siang dilakukan sesuai dengan aturan. Situs Mayo Clinic menyebutkan beberapa aturan tidur siang yang sehat, seperti:

  • Durasi tidur siang tidak terlalu lama, sekitar 10-20 menit atau tidak lebih dari 1 jam.
  • Tidak tidur setelah pukul 3 siang.
  • Pastikan Anda tidur di tempat yang nyaman dengan pencahayaan yang redup agar kualitas tidur siang optimal walaupun hanya sebentar.

Jadi, tidur siang tetap boleh Anda lakukan saat menstruasi asal tidak menyalahi aturan yang disebutkan di atas. Tidak hanya saat menstruasi, aturan tersebut juga berlaku pada saat kondisi tubuh Anda sehat tanpa gangguan.

Cara mengatasi susah tidur saat menstruasi

hormon melatonin

Tidur nyenyak membuat hari Anda jadi lebih baik, apalagi jika sedang menstruasi. Jangan khawatir, Anda bisa tidur dengan nyenyak saat menstruasi dengan beberapa tips berikut ini.

1. Minum obat pereda nyeri

Gejala PMS yang mengganggu, seperti kram perut dan nyeri tubuh bisa Anda ringankan dengan minum obat pereda nyeri, seperti ibuprofen. Selain meredakan nyeri, jenis ibuprofen tertentu mengandung diphenhydremine yang merupakan bahan aktif dalam Benadryl — antihistamin pada obat alergi.

Diphenhydremine bersifat menenangkan sehingga bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Namun, perlu Anda pahami bahwa penggunaan obat ini tidak boleh sembarangan atau digunakan dalam jangka panjang. Pasalnya, hal tersebut bisa menimbulkan efek samping pada tubuh Anda.

Jika Anda mengalami susah tidur saat menstruasi disertai kram perut, penggunaan obat antinyeri ini bisa menjadi pertimbangan. Namun, jika Anda punya masalah pada lambung atau lapisan perut, sebaiknya hindari penggunaan obat.

2. Olahraga rutin

Selain tidur siang yang tidak jadi masalah, ternyata olahraga juga bisa Anda lakukan saat sedang menstruasi. Olahraga dapat mengurangi keparahan gejala PMS yang mengganggu tidur.

Di samping itu, olahraga sendiri juga bisa meningkatkan kualitas tidur Anda dengan meningkatkan suasana hati yang jadi lebih baik. Anda bisa memilih jenis olahraga yang nyaman dilakukan saat menstruasi, contohnya jalan santai atau jalan cepat. Akan lebih baik, Anda menerapkan olahraga ini secara rutin, tidak hanya saat sedang haid saja untuk mendapatkan manfaat kesehatan secara menyeluruh.

3. Konsultasi ke dokter

Jika cara di atas tidak cukup ampuh mengatasi susah tidur, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter. Apalagi jika gejala PMS yang Anda rasakan cukup parah atau kesulitan tidur yang Anda alami sudah berlangsung lebih dari satu minggu dan mengganggu aktivitas harian.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Jehan, S., Auguste, E., Hussain, M., Pandi-Perumal, S. R., Brzezinski, A., Gupta, R., Attarian, H., Jean-Louis, G., & McFarlane, S. I. (2016). Sleep and Premenstrual SyndromeJournal of sleep medicine and disorders3(5), 1061.

Pms and insomnia. (2020, September 15). Retrieved April 06, 2021, from https://www.sleepfoundation.org/insomnia/pms-and-insomnia.

Period pain | menstrual cramps. (2020, November 18). Retrieved April 06, 2021, from https://medlineplus.gov/periodpain.html.

Premenstrual syndrome (pms). (2020, February 07). Retrieved April 06, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/premenstrual-syndrome/symptoms-causes/syc-20376780.

How to get a great nap. (2020, November 13). Retrieved April 06, 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/napping/art-20048319.

Publishing, H. (n.d.). By the WAY, DOCTOR: Is it okay to take ibuprofen p.m.? Retrieved April 06, 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/is-it-okay-to-take-ibuprofen-pm.

Physical activity and your menstrual cycle. (2018, December 27). Retrieved April 06, 2021, from https://www.womenshealth.gov/getting-active/physical-activity-menstrual-cycle.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal diperbarui 21/03/2017
x