Umumnya, kondisi perut sakit saat batuk merupakan sesuatu yang biasa terjadi. Saat Anda batuk, sebagian besar otot tubuh akan kontraksi, terutama otot di bagian dada, diagfragma, dan area perut. Proses kontraksi ini butuh energi untuk mengeluarkan batuk dari saluran pernapasan. Nah, otot-otot yang sering kontraksi ini lama-lama akan capek sehingga timbul rasa sakit. Kondisi ini dapat terjadi bila batuk berlangsung lama.

Namun, jika saat batuk yang Anda alami bukan sakit otot perut, melainkan rasa nyeri perut yang menusuk, mungkin ada penyebab lain yang menyertai.

Ada beberapa penyakit yang menyertai gejala perut sakit saat batuk

Nyeri dan sakit pada perut, biasanya akan meningkat dengan gerakan atau batuk yang berlebih. Jika rasa sakit yang Anda rasakan bertambah parah saat batuk, ada baiknya Anda segera minta bantuan medis. 

Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan perut sakit saat batuk:

1. Kista ovarium

Kebanyakan wanita akan mengalami kista ovarium selama masa hidup mereka. Kista ovarium merupakan kondisi munculnya kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium Anda atau menempel di bagian luar. Kista ovarium dapat menimbulkan rasa sakit parah di bagian perut dan panggul ketika Anda mengalami batuk kronis. Disarankan untuk menghubungi dokter untuk tindakan lebih lanjut.

2. Radang panggul

Radang panggul merupakan sebuah penyakit yang berpotensi untuk mengembangkan infeksi pada serviks, ovarium, rahim, dan saluran tuba falopi. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang menular melalui hubungan seksual.

Salah satu gejalanya adalah perut sakit saat batuk dan kondisi ini berpotensi untuk terjadi kehamilan ektopik atau bahkan ketidaksuburan pada wanita jika tidakterdiagnosis sedari dini.

4. Radang usus buntu

Apendisitis alias radang usus buntu merupakan suatu kondisi yang menyebabkan usus terkena infeksi bakteri dan menjadi meradang. Jika tidak diobati, radang usus buntu menjadi kondisi yang mengancam jiwa karena usus buntu Anda penuh dengan nanah dan berisiko terjadinya kenaikan ruptur (robeknya jaringan usus). Usus buntu bisa terasa sakit jika melakukan gerakan berlebih, bahkan bisa terasa sakit saat batuk ataupun tertawa.

5. Sumbatan di usus

Ketika usus Anda terhalang oleh bekas sayatan operasi atau infeksi, hal tersebut bisa saja menyebabkan penyumbatan. Penyumbatan tersebut bisa meliputi tekanan di daerah panggul, sakit di bagian pusar, perut sakit saat batuk, mual dan bahkan sembelit kronis.

6. Round ligament pain pada ibu hamil

Round ligament pain adalah kondisi di mana ibu hamil merasakan sakit pada sisi tertentu di bagian perutnya. Biasanya kondisi ini dirasakan pada trimester kedua. Ligamen yang sakit ini tempatnya terletak di panggul dan mengelilingi rahim. Selama hamil, rahim akan memperluas bagian perut dan meregangkan ligamennya. Perut nyeri saat batuk kadang menjadi dampak yang bisa Anda dapatkan pada kondisi ini.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca