Definisi

Apa itu vagina kering?

Vagina kering terjadi ketika vagina kehilangan kelembapan vagina normal (atau pelumasan alami), membuat pasien merasa tidak nyaman dan sakit. Penyakit ini juga membuat hubungan seks jadi tidak nyaman.

Seberapa umumkah vagina kering?

Setiap wanita bisa terkena vagina kering. Tapi, penyakit ini lebih umum terjadi pada wanita postmenopause. Berdasarkan statistic, sekitar 1/5 wanita dalam tahap premenopause memiliki vagina kering. Saat tubuh wanita tidak memproduksi hormon estrogen dalam jangka waktu 5 tahun juga akan mengakibatkan vagina kering.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala vagina kering?

Gejala paling umum vagina kering adalah:

  • Vagina gatal
  • Vagina terasa panas
  • Sakit saat berhubungan seks

Karena vagina memiliki jaringan yang kurang elastis, pasien mungkin akan mengalami pendarahan dengan sedikit lendir atau pendarahan setelah sanitasi atau berhubungan seks.

Mungkin ada beberapa tanda atau gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir dengan gejalanya, silakan konsultasikan dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Ketika Anda mendeteksi atau menyadari tanda-tanda penyakit, sebaiknya Anda pergi ke rumah sakit atau temui dokter Anda untuk dites dan diperiksa dengan baik. Khususnya ketika vagina mengalami pendarahan, itu mungkin tanda kanker rahim.

Penyebab

Apa penyebab vagina kering?

Vagina kering bisa disebabkan infeksi atau rendahnya tingkat estrogen. Ini disebabkan beberapa alasan seperti menopause, melahirkan, dan menyusui, pengobatan kanker, merokok. Pasien kanker serviks juga bisa terkena penyakit ini karena operasi atau pencabutan ovarium.

Vagina kering bisa terjadi karena pengobatan, cara membersihkan yang salah (mencuci dengan pembersih vagina), kekeringan di alat kelamin, dan stimulasi vagina saat berhubungan seks tidak cukup atau tidak benar. Kadang-kadang penyebabnya tidak jelas.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk vagina kering?

Kasus-kasus dalam menopause, melahirkan dan menyusui, pengobatan kanker, merokok, operasi pengangkatan ovarium dapat menyebabkan turunnya tingkat estrogen, meningkatkan risiko.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk vagina kering?

Anda sebaiknya diskusikan dengan dokter Anda untuk mencari pengobatan paling sesuai. Beberapa wanita bisa menggunakan obat suplemen estrogen, menggunakan penyerap tambalan pada kulit, krim yang dioleskan ke alat kelamin, penyerapan tablet melalui vagina. Banyak wanita kadang-kadang menggunakan pelumas sebelum berhubungan seks. Menggunakan pelembap juga dapat membantu pengobatan.

Pengobatan ini termasuk langkah-langkah perawatan diri, seperti meningkatkan jumlah penyerapan air untuk menghindari dehidrasi.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk vagina kering?

Dokter mendiagnosis berdasarkan gejala dan tes jaringan vagina. Dalam beberapa kasus, dokter akan mengambil sampel sel atau keputihan vagina untuk pemeriksaan dengan mikroskop.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi vagina kering?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan berikut dapat membantu Anda mengatasi vagina kering:

  • Pemeriksaan rutin untuk melihat perkembangan gejala serta kondisi kesehatan Anda
  • Dengarkan petunjuk dokter, jangan sewenang-wenang menggunakan obat atau berhenti dari resep yang diberikan dokter kepada Anda
  • Katakan kepada dokter Anda jika Anda memiliki gejala vagina kering
  • Bersihkan vagina dengan benar
  • Minum banyak air
  • Coba gunakan pelembap atau pelumas dalam bentuk cair
  • Jangan gunakan zat berbasis minyak, seperti minyak limbah, tanpa persetujuan dokter. Anda bisa membuat vagina jadi lengket seperti lem, membuatnya jadi lebih buruk
  • Jangan gunakan produk yang membuat vagina iritasi. Produk ini yaitu: sabun, pelembap, mandi busa, pancuran terlalu dalam, semprotan vagina, dan parfum

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: December 14, 2016 | Terakhir Diedit: December 14, 2016