Definisi

Apa itu hemangioma?

Hemangioma adalah tumor jinak yang disebabkan oleh pertumbuhan abnormal pembuluh darah. Hemangioma adalah kondisi bawaan lahir, biasanya muncul sebagai benjolan merah pada kulit, dan dapat muncul pada bagian tubuh manapun.

Hemangioma dapat terjadi saat bayi masih berada dalam kandungan dan menghilang saat bertumbuh dewasa.

Seberapa umumkah hemangioma?

Hemangioma umum terjadi. Kondisi ini dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun, namun biasanya pada awal kelahiran. Sepertiga kasus hemangioma muncul sejak lahir. Kondisi ini dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala hemangioma?

Hemangioma biasanya muncul pada tahun-tahun awal pada bayi. Terdapat area berwarna merah pada kulit, biasanya pada wajah, dada, atau punggung. Seiringnya waktu, bekas kemerahan akan berkembang cepat menjadi benjolan pada kulit. Hemangioma akan mengempis dan menghilang.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Hemangioma dapat terdeteksi melalui tes atau diagnosis. Apabila hemangioma mulai berdarah, menyebabkan rasa sakit atau tanda-tanda pembengkakan, konsultasikan dengan dokter. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab hemangioma?

Hemangioma disebabkan oleh pertumbuhan abnormal pada pembuluh darah yang tidak bersifat kanker. Penyebab pasti dari pertumbuhan masih belum diketahui, namun dapat merupakan faktor keturunan. Beberapa penelitian mendukung hipotesis bahwa estrogen berperan dalam perkembangan hemangioma.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk hemangioma?

Ada banyak faktor risiko untuk hemangioma, yaitu:

  • Anda seorang wanita
  • Anak Anda lahir prematur
  • Bayi berkulit putih lebih berisiko terhadap hemangioma daripada bayi berkulit hitam

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk hemangioma?

Hemangioma cenderung untuk menghilang seiringnya waktu, sehingga dokter biasanya tidak memerlukan perawatan karena dapat memberikan efek samping pada kulit. Namun, apabila hemangioma mulai mempengaruhi penglihatan atau kemampuan dalam beraktivitas, dokter dapat memberikan beberapa perawatan:

  • Beta blockers (dengan propranolol sebagai perawatan utama) yang berupa gel dapat dioleskan ke kulit. Namun, jenis obat ini dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, glukosa tinggi dan wheezing.
  • Obat-obatan corticosteroid adalah pilihan alternatif dari obat-obatan beta blocker. Obat ini dapat diberikan melalui suntikan, pil atau krim kulit.
  • Laser dapat digunakan untuk menghilangkan hemangioma, meringankan rasa sakit dan nyeri.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk hemangioma?

Hemangioma dapat dikenali secara visual. Tidak diperlukan diagnosis. Namun, apabila pembuluh darah berada di dalam tubuh, CT scan dan MRI dapat diperlukan.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi hemangioma?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi hemangioma:

  • Kenali kondisi dan perawatan yang tersedia
  • Diskusikan dengan dokter sebelum melakukan perawatan untuk mengatasi hemangioma

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016