Apa Itu Gangguan Vestibular?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu gangguan vestibular?

Gangguan vestibular adalah kondisi kerusakan sistem vestibular akibat suatu penyakit atau cedera tertentu.

Vestibular adalah sistem yang mencakup bagian telinga dalam dan otak yang mengolah informasi sensorik terkait pengendalian keseimbangan tubuh dan pergerakan mata.

Kondisi ini juga dapat disebabkan atau diperburuk dengan kondisi genetik atau lingkungan, atau mungkin saja terjadi tanpa penyebab yang pasti.

Seberapa umum gangguan vestibular?

Suatu studi epidemiologis besar terbaru memperkirakan sebanyak 35% orang dewasa berusia 40 tahun ke atas – sekitar 69 juta orang – pernah mengalami salah satu bentuk disfungsi vestibular.

Namun, kondisi ini dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala gangguan vestibular?

Apabila sistem terganggu oleh penyakit, penuaan, atau cedera, gangguan vestibular dapat terjadi. Beberapa masalah vestibular sering kali terkait dengan salah satu atau beberapa gejala ini, di antaranya:

  • Vertigo dan pusing
  • Ketidakseimbangan dan disorientasi spasial
  • Gangguan penglihatan
  • Perubahan pada pendengaran
  • Perubahan kognitif dan/atau psikologis

Terdapat pula beberapa gejala lainnya. Jenis dan tingkat keparahan gejala gangguan vestibular dapat berbeda-beda, mengganggu, dan sulit dijelaskan. Individu yang mengalami gangguan ini bisa saja dianggap pemalas, terlalu gelisah, atau mencari perhatian.

Beraktivitas di tempat kerja atau sekolah, melakukan aktivitas rutin harian, atau hanya turun dari tempat tidur pada pagi hari bahkan bisa saja sulit dilakukan.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis dan perawatan dini dapat menghentikan kondisi ini memburuk dan mencegah kondisi medis darurat lainnya. Untuk itu, bicaralah pada dokter Anda dengan segera untuk mencegah kondisi serius ini.

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab gangguan vestibular?

Gangguan keseimbangan dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri pada telinga, cedera pada kepala, atau gangguan peredaran darah yang memengaruhi telinga dalam atau otak. Banyak orang yang memiliki masalah dengan keseimbangan seiring bertambahnya usia. Gangguan keseimbangan dan pusing juga dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu.

Faktor Pemicu

Apa yang membuat saya lebih berisiko terhadap gangguan vestibular?

Terdapat beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya gangguan ini, antara lain:

  • Usia. Lansia lebih mungkin mengalami kondisi medis yang menyebabkan pusing, terutama rasa ketidakseimbangan. Lansia juga lebih mungkin mengonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan pusing.
  • Episode pusing sebelumnya. Jika Anda pernah mengalami pusing sebelumnya, Anda lebih mungkin akan mengalami rasa pusing lagi setelahnya.

Diagnosis dan Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana gangguan vestibular didiagnosis?

Dokter dapat menggunakan informasi dari riwayat medis seseorang dan melakukan pemeriksaan fisik sebagai dasar untuk melakukan tes diagnosis untuk menilai fungsi sistem vestibular dan untuk mengeliminasi penyebab alternatif dari gejala.

Beberapa tes yang dapat direkomendasikan oleh dokter dalam menegakkan diagnosis gangguan ini, seperti:

  • Electronystagmography (ENG). Merupakan kumpulan tes atau tes baterai, menggunakan elektroda kecil yang diletakkan di kulit sekitar mata selama tes. Tes ini dapat mengukur pergerakan mata untuk mengevaluasi tanda-tanda disfungsi vestibular atau gangguan neurologis
  • Tes rotasi. Tes rotasi merupakan cara lain untuk menilai seberapa baik mata dan telinga dalam bekerja sama. Tes ini juga menggunakan video goggles atau elektroda untuk melihat pergerakan mata.
  • Otoacoustic emissions (OAE). Tes OAE memberikan informasi tentang bagaimana sel rambut dari koklea bekerja dengan mengukur respons tanggap sel rambut terhadap rangkaian klik yang dihasilkan oleh speaker kecil yang dimasukkan ke dalam saluran telinga.
  • MRI. MRI menggunakan medan magnetik dan gelombang radio untuk menghasilkan gambar cross-sectional jaringan tubuh yang dipindai. MRI otak dapat menunjukkan adanya tumor, kerusakan stroke, dan kelainan jaringan lunak lain yang dapat menyebabkan pusing atau vertigo

Bagaimana cara mengobati gangguan vestibular?

Vestibular rehabilitation therapy (VRT)

VRT merupakan latihan kepala, tubuh, dan mata yang spesifik dirancang untuk melatih otak untuk mengenali dan mengolah sinyal dari sistem vestibular dan mengoordinasikannya dengan informasi dari visi dan proprioception.

Latihan di rumah

Latihan rumahan sering kali merupakan bagian perawatan yang penting. Latihan VRT yang tepat akan diberikan oleh terapis fisik atau okupasional untuk dilakukan dalam kecepatan yang ditentukan, beserta program fitnes progresif untuk meningkatkan tenaga dan mengurangi stres.

Penyesuaian pola makan

Banyak orang dengan penyakit Ménière’s, endolymphatic hydrops sekunder, dan pusing yang terkait dengan migrain berpikir bahwa modifikasi tertentu dalam pola makan membantu dalam mengatasi gangguan.

Pengobatan

Penggunaan obat-obatan dalam mengatasi gangguan vestibular bergantung apakah disfungsi sistem vestibular merupakan fase awal atau akut (berlangsung hingga 5 hari) atau fase kronis (berlanjut/menahun/jangka panjang)

Operasi

Apabila perawatan medis tidak efektif dalam mengatasi vertigo dan gejala lain akibat disfungsi sistem vestibular, operasi dapat dipertimbangkan.

Pencegahan

Apa saja yang dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi dan mengobati gangguan vestibular?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu mengatasi gangguan vestibular:

  • Jangan naik pesawat jika sinus atau telinga Anda terinfeksi atau tersumbat akibat penyakit.
  • Hindari membaca atau bekerja di depan komputer saat Anda sedang berada di kendaraan yang bergerak, seperti mobil, bus atau kereta.
  • Hindari mendengarkan musik dengan volume terlalu kencang.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Desember 17, 2018 | Terakhir Diedit: Desember 17, 2018

Sumber