Definisi

Apa itu gangguan kepribadian paranoid?

Gangguan kepribadian paranoid (GKP) adalah jenis gangguan kepribadian eksentrik di mana penderitanya memiliki rasa curiga dan tidak percaya yang tak ada hentinya terhadap orang lain. Tanda lain dari kondisi ini termasuk keengganan untuk bercerita pada orang lain, memendam dendam, dan menganggap semua peristiwa sebagai sesuatu yang “merendahkan” atau “mengancam” dirinya. Seseorang dengan gangguan kepribadian seringnya lekas marah dan tidak bersahabat terhadap orang lain.

Paranoia dapat menjadi delusi ketika pemikiran dan keyakinan yang tidak rasional ini ia rasa sangat pasti, hingga tidak ada yang dapat menyakinkan orang tersebut bahwa apa yang mereka pikirkan atau rasakan tidaklah benar. Ketika seseorang memiliki paranoia atau delusi, tetapi tidak memiliki gejala lainnya (seperti mendengar atau melihat hal yang tidak nyata), kemungkinan mereka memiliki apa yang disebut dengan gangguan delusional. Karena hanya pikiran yang terkena dampak, seseorang dengan gangguan delusional biasanya dapat bekerja dan berfungsi dalam kehidupan sehari-hari; namun, kehidupan mereka mungkin terbatas dan terisolasi.

Seberapa umumkah gangguan kepribadian paranoid?

Gangguan kepribadian paranoid sangatlah umum terjadi. GKP lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.  GKP dapat mengenai pasien pada usia berapa pun. Hal ini dapat dikendalikan dengan mengurangi faktor risiko Anda. Diskusikanlah dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala gangguan kepribadian paranoid?

Gejala yang umum dari gangguan kepribadian paranoid adalah:

  • kekhawatiran bahwa orang lain memiliki motif tersembunyi
  • ekspektasi bahwa mereka akan dieksploitasi (digunakan) oleh orang lain
  • meragukan komitmen, kesetiaan atau kepercayaan orang lain, yakin bahwa orang lain menggunakan atau menipu mereka
  • enggan untuk bercerita pada orang lain atau mengungkapkan informasi pribadi dikarenakan oleh rasa takut bahwa informasi tersebut akan digunakan untuk melawan mereka
  • tidak dapat memaafkan dan menyimpan dendam
  • hipersensitif dan menerima kritikan dengan buruk
  • tidak mampu untuk bekerja dengan orang lain
  • membaca makna tersembunyi dari pernyataan sederhana atau pandangan biasa dari orang lain
  • menangkap adanya serangan pada karakter mereka yang tidak tampak bagi orang lain; mereka umumnya bereaksi dengan kemarahan dan cepat untuk membalas
  • memiliki kecurigaan yang berulang, tanpa alasan, bahwa pasangan atau kekasih mereka tidak setia
  • terisolasi secara sosial
  • umumnya bersikap dingin dan jauh dalam hubungan dengan orang lain, dan mungkin menjadi tukang atur dan pencemburu
  • tidak merasakan kelekatan
  • tidak bersahabat, keras kepala, dan argumentatif

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran akan gejala tertentu, konsultasikanlah pada dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Periksakan ke dokter atau ahli kesehatan mental profesional jika rasa curiga mengganggu hubungan atau pekerjaan Anda.

Penyebab

Apa penyebab gangguan kepribadian paranoid?

Penyebab pasti dari GKP masih belum sepenuhnya dipahami. Namun, sangat mungkin bahwa penyebab meliputi kombinasi dari faktor biologis dan psikologis. GKP lebih sering terjadi pada orang yang memiliki kerabat penderita schizophrenia. Pengalaman masa kanak-kanak awal, termasuk trauma fisik atau emosional, juga diduga berperan dalam GKP.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk gangguan kepribadian paranoid?

Ada banyak faktor yang membuat seseorang berisiko mengidap gangguan kepribadian paranoid, antara lain:

  • Jenis kelamin: pria lebih berisiko.
  • Riwayat kesehatan mental keluarga: GKP lebih sering terjadi pada orang yang memiliki kerabat penderita skizofrenia.
  • Faktor lingkungan: trauma fisik dan emosional pada pengalaman masa awal kanak-kanak.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana gangguan kepribadian paranoid didiagnosis?

Gangguan kepribadian paranoid didiagnosis berdasarkan evaluasi fisik dan psikologis. Dokter akan memulai evaluasi dengan melakukan riwayat medis dan psikiatris lengkap, dan jika terindikasi, pemeriksaan fisik akan dilakukan. Meskipun tidak ada tes laboratorium untuk mendiagnosis gangguan kepribadian secara spesifik, dokter bisa menggunakan berbagai tes diagnostik untuk menyingkirkan penyakit fisik sebagai penyebab dari gejala. Jika tidak ditemukan alasan fisik, dokter akan merujuk pasien ke psikolog untuk menilai gangguan kepribadian tersebut, mempertimbangkan berapa lama dan seberapa parah gejala orang tersebut.

Ahli kesehatan mental akan melakukan penilaian yang komprehensif. Mereka akan menanyakan mengenai masa kanak-kanak, sekolah, pekerjaan, dan hubungan Anda. Mereka juga bisa menanyakan bagaimana Anda akan merespon terhadap situasi yang dibayangkan. Hal ini untuk mengukur bagaimana Anda bereaksi terhadap situasi tertentu. Sebagai contoh, mereka bisa menanyakan apa yang akan Anda lakukan jika Anda menemukan dompet seseorang di trotoar. Ahli kesehatan mental tersebut kemudian akan membuat diagnosa dan membentuk rencana pengobatan.

Apa saja pengobatan untuk gangguan kepribadian paranoid?

Pengobatan merupakan hal yang sulit karena orang dengan kondisi ini sering kali merasa sangat curiga terhadap dokter. Jika pengobatan diterima, terapi bicara dan obat-obatan sering kali bisa efektif.

  • Psikoterapi (suatu bentuk konseling) adalah pengobatan pilihan untuk GKP. Pengobatan kemungkinan akan fokus pada meningkatkan kemampuan coping atau mengatasi hal secara umum, serta meningkatkan interaksi sosial, komunikasi, dan percaya diri.
  • Obat umumnya bukanlah fokus utama dalam pengobatan GKP. Namun, obat-obatan seperti obat anti-kecemasan, anti-depresan atau anti-psikotik, dapat miresepkan jika gejala orang tersebut ekstrem, atau jika ia juga menderita masalah psikologis lain yang terkait, seperti kecemasan atau depresi.

Individu yang menerima pengobatan dapat mempertahankan pekerjaan dan menjaga hubungan yang sehat. Namun, mereka harus meneruskan pengobatan sepanjang hidup mereka karena tidak ada penyembuh untuk GKP. Gejala GKP akan berlanjut tetapi dapat dikendalikan dengan perhatian dan dukungan.

Orang dengan GKP yang menolak pengobatan mungkin akan menjalani kehidupan yang kurang fungsional. GKP dapat mengganggu kemampuan mereka untuk mempertahankan pekerjaan atau memiliki interaksi sosial yang positif.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan kepribadian paranoid?

Masih belum ada tips diri yang dapat membantu pasien mengendalikan gangguan ini, karena penderita paranoia cendrung untuk tidak percaya dan curiga terhadap orang lain dan motivasi mereka, membuat bantuan dan dinamika kelompok berpeluang rendah untuk memberikan solusi dan mungkin malah membahayakan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter untuk memahami solusi terbaik untuk Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Juli 9, 2017 | Terakhir Diedit: Juli 9, 2017