backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

6 Cara Menipiskan Rambut Tebal yang Susah Diatur

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 26/01/2024

    6 Cara Menipiskan Rambut Tebal yang Susah Diatur

    Rambut tebal dan mengembang memang terkadang sulit sekali diatur. Bahkan, menyisir rambut saja membutuhkan waktu lama. Nah, salah satu solusinya yaitu menipiskan rambut. Berikut berbagai cara menipiskan rambut bagi Anda yang memiliki rambut tebal.

    Berbagai cara menipiskan rambut tebal

    Rambut tebal dan mengembang bukan termasuk dalam masalah rambut, melainkan karakteristik alami dari jenis rambut tertentu.

    Jenis rambut ini biasanya memiliki helaian rambut yang lebih tebal dan lebar sehingga terlihat lebih bergelombang dan kusut dibandingkan dengan jenis lainnya.

    Oleh karena itu, rambut mengembang membutuhkan perawatan khusus agar lebih halus dan tipis. Nah, inilah beberapa cara menipiskan rambut tebal dan mengembang agar terlihat lebih halus.

    1. Potong model pendek

    Cara paling instan menipiskan rambut yang tebal adalah dengan dipotong pendek. Berbagai styling potongan rambut pendek bisa mengurangi volume rambut sehingga tampilan rambut terlihat lebih tipis.

    Beberapa referensi model rambut pendek yang bisa Anda terapkan yaitu bob, shaggy layer, rambut sebahu, atau pixie dengan aksen soft layer.

    Ada keuntungan juga memiliki rambut pendek bagi Anda yang tidak suka perawatan rambut yang ribet dan memakan waktu. Perawatan rambut pendek lebih praktis daripada rambut panjang yang tebal.

    2. Smoothing

    Smoothing rambut merupakan cara meluruskan rambut yang melibatkan penggunaan bahan kimia dan tekanan panas untuk membuat rambut lebih lembut, dan mudah diatur.

    Prosedur ini cenderung membuat rambut terlihat lebih rapat, kurang bervolume, dan terlihat lebih tipis.

    Namun, kekurangan perawatan smoothing yaitu sifatnya sementara dan biayanya cukup mahal. Apabila ingin mempertahankan efek rambut tips, Anda dapat mengulangi perawatan smoothing kembali.

    3. Gunakan model rambut layering

    manfaat potong rambut

    Layering adalah teknik pemotongan rambut untuk memberikan tampilan berlapis dan bertekstur yang bisa menyesuaikan dengan ketebalan dan panjang rambut yang diinginkan.

    Teknik ini merupakan cara menipiskan rambut karena dapat memberikan kesan rambut yang lebih ringan dan lebih halus.

    Model rambut layering bermanfaat menyamarkan tekstur rambut, mengurangi tampilan rambut kusut, dan mudah diatur. Beberapa potongan rambut yang bisa Anda coba yaitu shaggy, wolf cut, atau mullet.

    4. Pakai masker rambut

    Cara menipiskan rambut selanjutnya yaitu dengan rutin menggunakan masker rambut secara teratur. Pasalnya, rambut mengembang bisa disebabkan karena rambut kering.

    Nah, masker rambut biasanya mengandung bahan pelembap, seperti minyak jojoba, shea butter, atau aloe vera. Bahan-bahan ini juga bermanfaat mengurangi kusut, meningkatkan kekuatan, serta menjaga kesehatan rambut.

    Akan tetapi, jangan lupa untuk memilih masker rambut yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda, ya. 

    Minyak untuk mengatasi rambut mengembang

    • Minyak argan: kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin E. 
    • Minyak jojoba: memiliki tekstur yang mirip dengan minyak alami rambut dan dapat membantu melembapkan rambut.
    • Minyak kastor: membantu meratakan rambut dan mengurangi efek kering.
    • Minyak almon: kaya akan vitamin E yang memberikan kelembutan pada rambut.

    5. Kurangi styling rambut

    Menurut Evergreen Beauty College, hair styling yang melibatkan panas dengan pengaturan suhu tinggi dapat menyebabkan rambut kering dan patah. Pasalnya, salah satu penyebab rambut mengembang yaitu kondisi rambut kering.

    Oleh karena itu, cara menipiskan rambut sebaiknya hindari penggunaan hair styling secara berlebihan. Gunakan suhu maksimal 180°C saat melakukan hair styling.

    Selain itu, jika ingin menggunakan pengeriting atau catokan sebaiknya biarkan rambut setengah kering terlebih dulu.

    6. Hindari produk yang mengandung alkohol

    Cara agar rambut tidak tebal selanjutnya yaitu menghindari produk yang mengandung alkohol karena dapat membuat rambut makin kering.

    Alkohol memang umum ditambahkan pada hair oil, hair spray, atau gel rambut dengan klaim membuat rambut lebih lembut. 

    Namun, efek ini hanya bertahan sementara saja. Bahkan, jika digunakan terlalu sering, alkohol dapat membuat rambut rusak, kering, dan patah.

    Ketika memilih produk perawatan rambut, hindari produk yang mengandung denatured alcohol, isopropyl alcohol, atau etanol.

    Nah, itu tadi berbagai cara menipiskan rambut yang bisa Anda lakukan. Memang terkadang rambut mengembang sulit diatur dan terlihat kering. Namun, rambut bergelombang bisa tumbuh sehat dan kuat jika dirawat dan dikelola dengan baik.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Andreas Wilson Setiawan

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 26/01/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan