home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tips Pakai Hairspray Tanpa Merusak Rambut

Tips Pakai Hairspray Tanpa Merusak Rambut

Adakah tips pakai hairspray agar rambut bebas dari kerusakan? Hairspray bagi kaum wanita memang sudah tidak asing lagi bahkan ada yang sudah akrab penggunaannya sehari-hari. Tetapi, hairspray biasanya terbuat dari bahan-bahan kimia yang bisa membahayakan rambut. Memang, dengan menggunakan hairspray Anda dapat mempertahankan gaya rambut agar tetap stabil bentuknya. Tapi apakah Anda rela kesehatan rambut jadi korbannya?

Agar terhindar dari kerusakan, yuk simak tips pakai hairspray yang benar tanpa merusak rambut Anda.

Tips pakai hairspray agar rambut tidak rusak

Ketika pakai hairspray, Anda harus punya tujuan tertentu untuk rambut Anda. Hairspray pada dasarnya berguna untuk membuat Anda tetap terbentuk seperti yang Anda yang inginkan. Berikut beberapa tips pakai hairspray yang bisa Anda terapkan:

  • Pertama, ingat bahwa hairspray yang bagus, tidak akan membuat rambut Anda lengket atau penuh bintik putih. Jika seperti itu, coba cari merk lain.
  • Sebelum menggunakan hairspray, baiknya kocok dulu botol hairspray. Mengocok hairspray bertujuan untuk mencegah ada cairan menggumpal dan ketika sampai di helai rambut akan menyebabkan kerusakan.
  • Sangat tidak dianjurkan untuk menyemprot hairpsray dekat dengan kulit kepala dan rambut. Buat jarak 30 cm dari semprotan hingga ke rambut Anda. Hal ini dilakukan untuk memberi efek alami ke rambut, jadi tidak terlalu kaku ketika sehabis disemprot.
  • Untuk yang punya kulit kepala sensitif, baiknya hindari hairpsray yang mengandung alkohol. Alkohol akan membuat kulit kepala dan rambut kering, dan menimbulkan ketombe di kemudian hari.
  • Kalau Anda ingin mengurangi kandungan hairpsray pada rambut Anda, Anda bisa menggunakannya dengan menyemprotkan hairspray pada sisir. Setelah disemprotkan, sisir rambut Anda, rambut pun tidak akan terlalu banyak mengandung bahan kimia. Anda juga bisa menyemprotkan ke tangan lalu dibasuh ke rambut setelahnya.
  • Jika sebelumnya rambut Anda memang sudah bermasalah (seperti rusak, bercabang, atau berketombe), baiknya Anda aplikasikan hairspray pada ujung rambut saja. Hal ini dilakukan guna menghindari kerusakan berlebih.

Perawatan jika rambut Anda sering disemprot hairspray

Segera keramas sehabis pakai hairspray

Biasanya hairspray pada rambut digunakan setelah menghadiri acara tertentu. Wanita umumnya akan malas membersihkan rambut kalau sudah terlalu lelah, akibatnya rambut hairspray akan dibawa semalaman. Inilah yang harus dihindari. Keramaslah dengan air dingin, jangan lupa oleskan pelembab rambut dan vitamin setelahnya agar rambut tetap sehat.

Lakukan perawatan rambut sesering mungkin

Kalau Anda memang tipe wanita yang setiap hari pake hairspray, sering-seringlah untuk merawat kesehatan rambut Anda. Rambut sama sifatnya dengan tubuh Anda, jika banyak terkena paparan kimia, akan cepat rusak dan akhirnya bisa menyebabkan kebotakan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 28/03/2017
x