home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Cara Mudah bagi Pria agar Kulit Awet Muda

7 Cara Mudah bagi Pria agar Kulit Awet Muda

Pria sering kali mengabaikan perawatan untuk tubuhnya, terutama muka. Padahal, perawatan dapat membantu pria tetap awet muda. Tidak mesti di salon, perawatan juga bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Berikut beberapa cara awet muda bagi pria.

Berbagai cara agar awet muda bagi pria

1. Pakai tabir surya setiap keluar rumah

Mengurangi paparan sinar matahari terlalu lama merupakan salah satu cara menjaga kulit terlihat awet muda untuk pria. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan tabir surya.

Bukan supaya kulit tak menghitam, tapi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih yang dapat menyebabkan munculnya keriput dan tanda-tanda penuaan yang akan membuat Anda terlihat lebih tua.

2. Pakai pelembap wajah

Banyak pria tak suka memakai produk skincare atau perawatan wajah. Namun, selain tabir surya, pelembap merupakan salah satu produk yang penting.

Pelembap untuk kulit dapat menjaga kekenyalan dan kehalusan kulit tubuh dan wajah Anda, serta mencegahnya dari kekeringan akibat dehidrasi. Kulit yang kering dapat memunculkan tanda-tanda penuaan di wajah Anda, lho!

3. Minum air putih

Minum air putih sekitar 6 – 8 gelas per hari akan membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi, memberi warna kulit lebih baik, serta membuat penampilan Anda tampak cerah. Itu berarti rutin minum air putih termasuk cara mudah awet muda bagi pria.

4. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup penting dalam menjaga kesehatan dan penampilan Anda. Orang dewasa umumnya membutuhkan 6 – 8 jam tidur malam. Kurang tidur dapat mengakibatkan terbentuknya kantung di bawah mata yang membuat penampilan Anda tampak lebih tua.

Selain untuk faktor penampilan, waktu tidur yang kurang juga dapat meningkatkan timbulnya risiko kesehatan lainnya.

5. Berhenti merokok

Merokok dapat membuat Anda terlihat lebih tua dengan munculnya keriput dan garis di sekitar mulut dan mata Anda. Selain itu, merokok dapat memunculkan sejumlah masalah kesehatan seperti berkurangnya sistem imun tubuh hingga risiko diabetes dan kanker.

6. Olahraga supaya tubuh juga awet muda

Melakukan olahraga yang teratur menjadi salah satu cara awet muda bagi pria. Olahraga dapat menjaga berat badan, meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan stamina, serta membentuk tubuh lebih bugar.

Salah satu olahraga yang dapat dilakukan yaitu latihan aerobik. Olahraga ini juga sangat baik untuk kesehatan organ jantung dan otak.

7. Makan sehat sebagai cara awet muda bagi pria

Cara awet muda bagi pria yaitu dengan makan makanan rendah lemak, rendah kolesterol, dan tinggi serat. Perbanyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacang, gandum utuh, serta minyak zaitun.

Kurangilah asupan makanan olahan, termasuk makanan beku (seperti sosis dan bakso), serta junk food. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, Anda akan terhindar dari kemungkinan masalah kesehatan. Sehingga, Anda pun akan lebih awet muda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

A Man’s Guide to Looking and Feeling Younger https://www.everydayhealth.com/mens-health/anti-aging-guide.aspx diakses 15 Januari 2018.

Man Up! A Guide to Looking Great as You Get Older https://www.webmd.com/men/ss/slideshow-men-look-younger diakses 15 Januari 2018.

Fight Aging: 6 Secrets to Staying Young http://www.health.com/health/gallery/0,,20356118,00.html#eat-more-plants-0 diakses 15 Januari 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 4 minggu lalu
x