Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

5 Manfaat Masker Gelatin untuk Kulit Wajah

    5 Manfaat Masker Gelatin untuk Kulit Wajah

    Penggunaan masker gelatin kian populer karena diklaim dapat memberantas berbagai masalah kulit. Gelatin adalah produk protein turunan dari kolagen. Berbeda dengan protein biasanya, gelatin dalam bentuk masker punya manfaat yang unik bagi kulit.

    Sekilas tentang masker gelatin

    agar-agar, gelatin rumput, rumput laut

    Gelatin adalah produk yang terbuat dari kolagen. Sementara itu, kolagen merupakan protein yang paling banyak ditemukan di dalam tubuh. Protein ini menyusun berbagai jaringan, mulai dari kulit, persendian, kuku, rambut, hingga tulang.

    Anda bisa memperoleh gelatin dengan merebus kolagen dalam air. Jika Anda pernah merebus tulang sapi untuk membuat kaldu, akan ada lapisan mirip jeli berwarna keruh yang muncul begitu kaldu mulai dingin. Inilah kolagen yang keluar dari tulang sapi.

    Sekitar 98 – 99% kandungan gelatin terdiri atas protein. Namun, gelatin bukan protein yang lengkap karena ada beberapa jenis asam amino yang tidak terdapat di dalamnya. Meski begitu, gelatin mengandung asam amino lainnya yang tak kalah bermanfaat.

    Selain dikonsumsi sebagai makanan, gelatin kerap digunakan sebagai bahan baku produk skincare dan kosmetik. Anda bisa menemukannya dalam sampo, losion badan, dan masker gelatin untuk wajah yang kian hari kian populer.

    Gelatin untuk masker biasanya berbentuk bubuk. Anda pun dapat membuat masker sendiri dengan mencampurkan gelatin dan air. Campuran ini menghasilkan masker peel-off yang lentur dan mudah dikelupas.

    Manfaat masker gelatin bagi wajah

    Di bawah ini sejumlah khasiat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan masker gelatin.

    1. Menghaluskan kulit

    Masker gelatin dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin menghaluskan kulit wajah. Gelatin secara alamiah akan memberikan cairan dan nutrisi yang kulit Anda butuhkan. Hasilnya, kulit menjadi sehat dan kenyal dengan tekstur yang lebih rata.

    Kandungan protein pada masker ini juga membantu mengisi celah tak kasatmata antara sel-sel kulit. Celah inilah yang kerap menjadi penyebab kulit kering dan kusam. Dengan mengisi celah tersebut, kulit akan kembali mendapatkan strukturnya seperti semula.

    2. Mengangkat kotoran dan sel kulit mati

    Seperti masker peel-off pada umumnya, masker gelatin akan berikatan dengan minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang menempel pada wajah. Semua kotoran ini akan ikut terbawa saat Anda mengelupas masker tersebut dan membersihkan muka.

    Hasilnya, wajah Anda bersih dari berbagai kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Proses eksfoliasi ini menghasilkan permukaan kulit yang halus dengan sel-sel baru yang siap membelah diri menjadi jaringan kulit yang sehat.

    3. Mencegah munculnya jerawat

    Ada banyak bahan aktif dalam produk skincare yang berguna untuk mencegah jerawat. Namun, apabila Anda sedang mencari produk alternatif dengan manfaat yang sama, cobalah masker wajah alami yang dibuat dari bubuk gelatin.

    Jerawat muncul ketika pori-pori tersumbat oleh minyak atau kotoran, lalu mengalami peradangan. Masker peel-off berbahan gelatin ampuh membantu mengangkat kotoran dari wajah sehingga pori-pori tetap bersih dan tidak tersumbat.

    4. Membantu mencegah penuaan dini

    Produksi kolagen menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini menyebabkan timbulnya tanda penuaan kulit seperti flek hitam, garis-garis halus, dan keriput. Jika muncul lebih cepat, Anda mungkin mengalami kondisi yang disebut penuaan dini.

    Produk skincare mengandung gelatin membantu menyediakan kolagen untuk menjaga kesehatan kulit. Penggunaan secara rutin berpotensi menjaga kekenyalan dan kelenturan kulit sehingga wajah Anda terlindungi dari tanda-tanda penuaan dini.

    5. Mengatasi masalah komedo

    Masker gelatin punya manfaat tersendiri untuk orang-orang yang bermasalah dengan komedo. Pertama, masker ini mengangkat minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang bisa menjadi cikal-bakal munculnya komedo.

    Kedua, masker peel-off dari gelatin juga ampuh mengangkat komedo putih (whitehead) yang kerap membandel. Jika dibersihkan secara rutin, komedo putih tidak akan sempat berkembang menjadi komedo hitam (blackhead) yang lebih susah dibersihkan.

    Cara membuat masker gelatin

    membuat masker wajah alami

    Siapa pun kini bisa membuat masker gelatin dengan bahan-bahan sederhana. Cukup siapkan bubuk gelatin tanpa perasa, pewarna, atau zat tambahan lainnya. Pastikan Anda menggunakan bubuk gelatin dengan keterangan “food-grade”.

    Anda boleh menggunakan air hangat untuk melarutkan gelatin. Namun, ada pula yang menambahkan dua sendok makan susu whole milk dan madu secukupnya untuk menghasilkan masker yang lebih melembapkan kulit.

    Campur bahan-bahan tersebut hingga rata. Kemudian, masukkan campuran masker ke dalam microwave dan panaskan selama 10 detik. Keluarkan dari microwave dan Anda akan mendapatkan masker dengan tekstur yang kental seperti lem.

    Tunggulah selama beberapa menit hingga bahan masker tidak lagi panas. Begitu suhu masker cukup hangat dan aman untuk kulit, segera oleskan pada wajah hingga merata. Jangan biarkan masker menjadi terlalu dingin.

    Diamkan masker pada wajah selama beberapa menit. Saat masker sudah mengering, Anda bisa mengelupasnya dengan cara yang sama seperti mengelupas masker peel-off pada umumnya. Mulailah dari bagian bawah wajah Anda.

    Gunakan masker gelatin secara rutin sebanyak dua kali seminggu. Agar hasilnya lebih optimal, lengkapi dengan rangkaian skincare harian Anda. Fokuslah dengan masalah kulit yang ingin Anda hadapi lebih dulu seperti jerawat.


    Pernah alami gangguan menstruasi?

    Gabung bersama Komunitas Kesehatan Wanita dan dapatkan berbagai tips menarik di sini.


    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    What Is Gelatin Good For? Benefits, Uses and More. (2017). Retrieved 4 May 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/gelatin-benefits

    Gelatin. (2020). Retrieved 4 May 2021, from https://medlineplus.gov/druginfo/natural/1051.html

    Liu, D., Nikoo, M., Boran, G., Zhou, P., & Regenstein, J. M. (2015). Collagen and gelatin. Annual review of food science and technology, 6, 527–557. https://doi.org/10.1146/annurev-food-031414-111800

    Inoue, N., Sugihara, F., & Wang, X. (2016). Ingestion of bioactive collagen hydrolysates enhance facial skin moisture and elasticity and reduce facial ageing signs in a randomised double-blind placebo-controlled clinical study. Journal Of The Science Of Food And Agriculture, 96(12), 4077-4081. https://doi.org/10.1002/jsfa.7606

    de Almeida Jackix, E., Cúneo, F., Amaya-Farfan, J., de Assunção, J., & Quintaes, K. (2010). A Food Supplement of Hydrolyzed Collagen Improves Compositional and Biodynamic Characteristics of Vertebrae in Ovariectomized Rats. Journal Of Medicinal Food, 13(6), 1385-1390. https://doi.org/10.1089/jmf.2009.0256

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui Jul 27, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro
    Next article: