home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Manfaat Cleansing Milk, Pembersih yang Bikin Kulit Makin Cerah

Manfaat Cleansing Milk, Pembersih yang Bikin Kulit Makin Cerah

Susu sapi menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan karena kandungan vitamin A, vitamin D, serta asam laktatnya yang tinggi. Kandungan ini bermanfaat untuk perawatan kulit wajah, termasuk membersihkannya. Inilah mengapa banyak produk pembersih wajah memakai susu sebagai bahan dasarnya. Simak apa saja manfaat cleansing milk dan cara pakainya di sini.

Apa itu cleansing milk?

Cleansing milk atau susu pembersih merupakan salah satu produk perawatan kulit untuk membersihkan kotoran dan make-up secara menyeluruh.

Banyak orang yang menggemari produk ini karena memiliki tekstur yang ringan.

Berkat teksturnya yang ringan, lembut, dan tidak berbusa ini, produk yang juga disebut milk cleanser ini cocok digunakan pemilik kulit kombinasi.

Sama seperti produk pembersih wajah lainnya, Anda perlu menggunakan tisu atau kapas ketika memanfaatkan susu pembersih. Hal ini bertujuan mengurangi iritasi dan tekstur kasar pada kulit.

Manfaat cleansing milk

mengangkat sel kulit mati

Pada dasarnya fungsi utama dari milk cleanser yaitu membersihkan wajah dengan menghilangkan kotoran, minyak, makeup, dan sel kulit mati.

Setiap produk susu pembersih mengandung bahan khusus yang ditujukan sesuai jenis kulit.

Beberapa cleansing milk bahkan mengandung pelembap untuk mencegah kulit mengering.

Untuk memudahkan Anda memilih produk perawatan wajah ini, berikut beberapa manfaat dari cleansing milk yang bisa jadi bahan pertimbangan.

1. Mengangkat sel kulit mati

Salah satu manfaat cleansing milk yang sayang dilewatkan yaitu mengangkat sel kulit mati.

Kebanyakan susu mengandung asam laktat, yaitu bagian dari bahan asam alfa hidroksi (AHA) yang banyak dijumpai pada produk perawatan kulit.

Selain itu, asam laktat cukup populer digunakan pada produk pembersih wajah anti-penuaan. Hal ini dikarenakan kandungan aktif susu pembersih dapat mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru.

Hanya saja, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa milk cleanser jauh lebih baik daripada sabun cuci muka.

2. Melembapkan kulit

Selain mengangkat sel kulit mati, kegunaan lain dari milk cleanser yaitu membantu menjaga kelembapan kulit wajah.

Produk cleansing milk mengandung mineral oil yang memiliki efek melembapkan pada kulit kering. Kandungan pada susu pembersih ini juga dianggap membantu memperlambat penuaan dini.

Proses penuaan sebenarnya terjadi lebih cepat pada tipe kulit yang kering, tetapi mineral oil bisa membantu mencegah risiko ini dan menjaga kelembapan kulit.

3. Mencerahkan kulit

Tahukah Anda banyak orang yang percaya jika mengoleskan susu ke kulit dapat membantu mencerahkan kulit wajah?

Banyak produk pencerah kulit yang mengandung asam laktat dari susu yang dipercaya dapat mengobati bintik hitam.

Meski begitu, belum ada bukti klinis yang memperlihatkan bahwa susu atau asam laktat benar-benar membuat kulit tampak lebih cerah.

4. Menenangkan kulit yang sensitif

Bagi pemilik kulit sensitif, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan cleansing milk. Pasalnya, cleansing milk juga menawarkan manfaat untuk menenangkan kulit yang sensitif.

Milk cleanser mengandung triethanolamine yang bertugas menyeimbangkan pH pada sebuah produk.

Selain itu, senyawa dengan aroma amonia ini dikenal dapat menetralkan pH yang lebih tinggi dan lebih rendah. Produk dengan tingkat pH netral memiliki tingkat risiko mengiritasi kulit yang lebih rendah.

5. Mencegah jerawat

Seperti yang sudah diketahui, kegunaan utama dari milk cleanser yaitu membantu mengangkat pori-pori kulit hingga wajah menjadi bersih.

Manfaat tersebut ternyata membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Cleansing milk yang dapat mengangkat sisa make-up dan kotoran hingga ke dalam pori-pori tentu membantu mencegah beberapa masalah kulit.

Tidak hanya itu, kandungan aktif dalam susu pembersih pun bisa membantu mengatasi kulit yang sedang berjerawat.

Cara memakai cleansing milk

Sama seperti produk perawatan kulit lainnya, manfaat dari milk cleanser tidak akan maksimal bila dipakai asal-asalan.

Itu sebabnya, penting untuk mengetahui bagaimana cara memakai cleansing milk yang benar, berikut langkah-langkahnya.

  • Cuci tangan sebelum membilas wajah dengan air bersih.
  • Tuangkan milk cleanser ke tangan secukupnya.
  • Letakkan pada wajah, hidung, dagu, pipi, dan dahi.
  • Oleskan cleansing milk secara merata dan bersihkan wajah dengan kapas.
  • Pastikan wajah dibersihkan secara menyeluruh hingga kotoran dan sisa makeup terangkat.
  • Bila perlu, lanjutkan dengan toner, pelembap, dan krim malam.

Manfaat yang ditawarkan cleansing milk memang cukup beragam. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika memilih produk perawatan kulit ini.

Karena tersedia dalam berbagai varian dan campuran kandungan aktif, pilihlah milk cleanser yang sesuai dengan jenis atau masalah kulit Anda.

Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli dermatologi guna memahami solusi yang tepat untuk Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Cleansers. (n.d). Cosmetics Info. Retrieved 15 September 2021, from https://cosmeticsinfo.org/products/cleansers 

Unconventional Uses for Milk. (2019). Arizona Milk. Retrieved 15 September 2021, from https://arizonamilk.org/unconventional-uses-for-milk/ 

Tang, S. C., & Yang, J. H. (2018). Dual Effects of Alpha-Hydroxy Acids on the Skin. Molecules (Basel, Switzerland), 23(4), 863. https://doi.org/10.3390/molecules23040863. Retrieved 15 September 2021. 

Mineral Oil. (n.d). Chemical Safety Facts. Retrieved 15 September 2021, from https://www.chemicalsafetyfacts.org/mineral-oil/ 

Triethanolamine. (n.d). Cosmetics Info. Retrieved 15 September 2021, from https://cosmeticsinfo.org/ingredient/triethanolamine 

Watson, K. (2020). Does Milk Have Any Benefits for Your Facial Skin When Applied Topically?. Healthline. Retrieved 15 September 2021, from https://www.healthline.com/health/milk-for-face

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 4 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan