home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Penyebab Kuku Kaki Berubah Warna Jadi Menghitam

5 Penyebab Kuku Kaki Berubah Warna Jadi Menghitam

Kuku jari yang sehat umumnya berwarna putih bening alami. Nah, warna kuku kaki yang berubah kadang bisa disebabkan karena beberapa hal, antara lain karena terlalu sering pakai cat kuku, kekurangan gizi, infeksi jamur, hingga cedera akibat terbentur atau terinjak. Namun, beberapa orang mengalami kuku kaki menghitam yang mungkin membuat Anda was-was. Apa saja penyebab kuku kaki menghitam dan apakah ini tanda yang berbahaya? Simak penjelasan lengkap berikut ini.

Penyebab kuku kaki menghitam

1. Trauma kuku kaki

Dalam beberapa kasus, kuku kaki menghitam bisa disebabkan karena hantaman benda keras. Misalnya kaki Anda terlindas ban motor atau tertimpa lemari. Tak jarang, hal itu bisa menyebabkan pembuluh darah di sekitar jari kaki pecah dan akhirnya memar menghitam. Hal ini bisa juga sering disebut sebagai perdarahan dalam.

Kondisi ini juga bisa menyebabkan jari kaki terasa sakit dan bengkak. Dokter akan mengobati kondisi ini dengan cara mengalirkan darah lewat jarum suntik ke dalam kaki yang terluka.

2. Infeksi jamur

Infeksi jamur bisa membuat kuku jadi menghitam dan lepas dengan sendirinya. Jamur yang tumbuh di kuku biasanya akan merubah warna kuku menjadi kusam dan bahkan gelap. Infeksi ini sering disebabkan oleh kaki yang lembab dan kotor.

Untuk mengatasi masalah ini, dokter biasanya akan memberikan krim atau semprotan antijamur. Anda juga perlu melakukan perawatan kebersihan kaki yang sehat.

3. Melanoma

Dalam kasus yang jarang terjadi, kuku hitam bisa disebabkan oleh melanoma. Melanoma adalah bakal dari adanya kanker pada kulit. Melanoma bisa menyebabkan kulit atau jari timbul bercak gelap yang tidak beraturan. Nah, dalam beberapa kasus melanoma ini bisa muncul di bawah kuku, atau di kulit kuku bagian dalam. Anda harus segera memeriksakan kondisi kuku ke dokter. Pasalnya, melanoma tumbuh dan berkembang secara perlahan tanpa adanya gejala-gejala tertentu.

4. Pigmen kuku yang berubah

Warna kulit seseroang, biasanya bisa berubah secara alami. Untuk orang yang kulitnya gelap, terkadang lebih mudah untuk mengalami perubahan pigmen, termasuk pada warna kukunya. Perubahan pigmentasi ini biasanya akan berpengaruh kepada jari-jari kaki yang lainnya. Kuku juga bisa menjadi tebal dan membesar jika terdapat perubahan pigmen yang berwarna hitam di dalamnya.

5. Kondisi lain

Ada beberapa kondisi medis lainnya yang bisa menyebabkan kuku kaki menghitam, antara lain:

Pada kebanyakan kasus, mengobati penyebab dasar di atas bisa membantu kuku berubah warna seperti sedia kala kembali. Untuk memastikan apa tepatnya yang menyebabkan kuku kaki Anda menghitam, sebaiknya periksakan langsung ke dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

6 potential cause of black toenails https://www.medicalnewstoday.com/articles/320187.php Diakses pada 29 Januari 2018.

Black toenails https://www.healthline.com/health/black-toenail Diakses pada 29 Januari 2018.


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 25/09/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x