backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

5 Penyebab Kuku Kaki Menghitam dan Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 23/04/2024

5 Penyebab Kuku Kaki Menghitam dan Cara Mengatasinya

Kuku jari yang sehat umumnya berwarna putih bening alami. Namun, warnanya bisa berubah menjadi hitam karena beberapa hal, misalnya infeksi jamur, kuku tumbuh ke dalam, hingga cedera. Berikut penyebab dan cara mengatasi kuku kaki hitam yang bisa Anda lakukan.

Daftar penyebab kuku kaki hitam

Berikut ini beberapa penyebab kuku jempol kaki hitam yang perlu Anda ketahui.

1. Cedera pada kuku

Penyebab umum kuku kaki hitam yaitu karena cedera atau trauma yang umum disebut dengan hematoma subungual. Kondisi ini biasanya karena kuku kaki terjepit, tertindih, atau mengalami gesekan berulang.

Ketika terjadi cedera pada area kuku, pembuluh darah di bawah kuku bisa pecah atau rusak. Hal ini menyebabkan darah keluar dan menumpuk di bawah kuku sehingga menciptakan area yang berwarna gelap atau hitam.

Selain kebiruan, gejala lainnya meliputi nyeri dan bengkak di area yang cedera.

2. Infeksi jamur

Infeksi jamur kuku juga dapat menjadi penyebab kuku hitam pada kaki. Infeksi jamur kuku, yang disebut onikomikosis, sering disebabkan oleh jenis jamur tertentu yang disebut dermatofita.

Jamur ini menginfeksi kuku dan menyebabkan perubahan warna, termasuk kuku jempol dan jari lainnya yang menjadi hitam, kecokelatan, atau bahkan kehijauan.

Kondisi ini bisa terjadi ketika seseorang berada di lingkungan lembap, seperti sering menggunakan sepatu atau kaki sering terendam air.

3. Kuku tumbuh ke dalam

Kuku yang tumbuh ke dalam atau dikenal dengan cantengan (onychocryptosis) dapat menyebabkan kuku kaki hitam. Ketika kuku tumbuh ke dalam, tekanan yang terjadi di sekitar kuku dapat menyebabkan perdarahan di bawah kuku. 

Hal inilah yang kemudian membuat kuku atau area di bawahnya menjadi hitam.

Gejala lain yang sering terjadi ketika kuku tumbuh ke dalam meliputi nyeri, pembengkakan, kemerahan, dan bahkan nanah jika infeksi terjadi.

4. Melanoma

cara mengobati darah beku di kuku

Dalam kasus yang jarang terjadi, kuku hitam bisa disebabkan oleh melanoma.

Melanoma pada kuku, terjadi ketika sel-sel melanosit (yang menghasilkan pigmen melanin) menjadi ganas dan berkembang di bawah kuku.

Gejala melanoma dapat termasuk perubahan warna kuku, seperti garis vertikal hitam atau kebiruan di bawah kuku, perubahan bentuk kuku, dan perubahan pada kulit di sekitar kuku. 

Apabila hal ini terjadi, Anda harus segera memeriksakan kondisi kuku ke dokter. Pasalnya, melanoma tumbuh dan berkembang secara perlahan tanpa adanya gejala-gejala tertentu.

5. Perubahan pigmen pada kuku

Orang dengan kulit gelap lebih rentan terhadap perubahan pigmen, termasuk pada kuku. 

Ini bisa disebabkan oleh peningkatan aktivitas melanosit, sel-sel yang menghasilkan melanin, yang umumnya terjadi pada orang dengan warna kulit yang lebih gelap.

Perubahan pigmen pada kuku bisa menyebabkan kuku berubah warna menjadi hitam yang bisa memengaruhi seluruh atau sebagian dari kuku. 

Apakah kuku hitam bisa hilang?

Kuku kaki hitam akibat cedera dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan medis tertentu. Namun, jika disebabkan oleh hal lainnya, seperti infeksi jamur atau melanoma, masa penyembuhan akan tergantung efektivitas pengobatan.

Cara mengatasi kuku kaki hitam

Apabila kuku kaki menghitam tidak menimbulkan rasa sakit dan area hitam kurang dari separuh kuku, kuku tidak perlu diobati. Kondisi ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya selama beberapa hari.

Namun, jika ada gejala lain yang menyertai, pengobatan dilakukan berdasarkan penyebabnya. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Istirahatkan kaki

Bila kuku kaki hitam disebabkan oleh cedera, istirahatkan kaki Anda. Hindari menekan atau menggosok area yang terkena cedera untuk mencegah lebih banyak kerusakan pada kuku.

Gunakan kompres dingin seperti es batu yang dibungkus dalam kain tipis dan diletakkan di atas area yang terkena cedera. Ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri.

2. Obat antijamur

Obat antijamur topikal digunakan jika kuku kaki jempol hitam disebabkan oleh infeksi jamur. Beberapa obat yang bisa Anda beli di apotek yaitu:

  • siklopiroks,
  • efinakonazol,
  • tavaborole.

Obat resep oral yang bisa Anda peroleh melalui resep dokter yaitu:

3. Potong kuku dengan benar

kuku kaki menghitam

Cara mengatasi kuku hitam karena kuku tumbuh ke dalam yaitu dengan merendam kaki dalam air hangat selama sekitar 15 – 20 menit setiap hari. 

Hal ini membantu melembutkan kuku dan jaringan di sekitarnya, dan memudahkan untuk memperbaiki posisi kuku yang tumbuh ke dalam. 

Kemudian, potong kuku dengan benar, lurus, dan hindari memotong terlalu pendek.

4. Pemberian betadine

Apabila kuku kaki hitam disebabkan karena cedera, Anda dapat memberikan betadine selama 2 kali sehari selama kurang lebih 2 – 4 minggu.

Hal ini bertujuan untuk mempercepat penyembuhan cedera dan agar kuku yang baru segera tumbuh.

Bila kuku hitam disebabkan oleh melanoma, Anda harus mengobati kanker terlebih dulu, Konsultasikan dokter untuk mendapatkan perawatan sesuai kondisi Anda.

Sementara itu, jika kuku hitam karena warna kulit alami tubuh, hal tersebut tidak dapat diubah atau diobati.

Jika perubahan warna menutupi lebih dari separuh kuku, atau kuku menghitam dan mengelupas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 23/04/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan