home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Cara Ampuh Mengobati Darah Beku di Kuku (Hematoma Subungual)

Cara Ampuh Mengobati Darah Beku di Kuku (Hematoma Subungual)

Jari yang terjepit pintu hingga tertimpa barang berat sudah pasti menyebabkan rasa sakit. Bahkan, cedera tersebut terkadang membuat kuku hitam. Selain terasa sakit, perubahan warna kuku ini tentu tidak enak dilihat. Bagaimana cara mengobati darah beku di kuku?

Cara mengobati darah beku di kuku

garis hitam di kuku

Darah beku di kuku atau dikenal dalam istilah medis sebagai hematoma subungual merupakan kondisi yang dapat terjadi pada setiap orang.

Masalah pada kuku ini terjadi ketika cedera pada kuku merusak pembuluh darah yang berada di bawah kuku. Akibatnya, perdarahan di dalam pun terjadi.

Berbeda dengan organ tubuh lainnya, perdarahan di bawah kuku tidak ditandai dengan adanya darah merah yang mengalir keluar. Kondisi ini dapat dilihat dengan adanya bercak atau garis hitam pada kuku, entah itu hanya satu titik atau ke sebagian kuku.

Kabar baiknya, darah beku di kuku ini dapat hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, terkadang hematoma subungual yang parah dapat memicu infeksi hingga kuku patah (onycholysis).

Itu sebabnya, dibutuhkan cara khusus untuk mengobati darah beku di kuku akibat cedera yang parah.

Nail trephination

Salah satu cara mengobati darah beku di kuku adalah nail trephination. Nail trephination adalah prosedur yang membuat lubang pada kuku untuk mengalirkan darah yang menggenang di bawah kuku. Metode ini bertujuan agar tekanan dan rasa nyeri di kuku berkurang dan hilang secara perlahan.

Nail trephination tidak menyebabkan rasa sakit sama sekali. Pasalnya, kuku tidak mengandung saraf, sehingga tidak akan memicu rasa sakit saat dilubangi. Meski begitu, cara menghilangkan darah beku di kuku ini hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis kulit.

Kauter

Selain trephination, cara lain mengobati darah beku di kuku adalah kauter. Kauterisasi bedah ini memanfaatkan alat berbentuk kawat logam panas atau laser karbon. Cara kerja alat ini pun tidak jauh beda dengan nail trephination.

Awalnya, dokter akan menyuntikkan bius lokal pada jari tangan atau kaki. Hal ini bertujuan agar Anda tidak merasakan sakit ketika prosedur berlangsung. Kemudian, kauter digunakan untuk melubangi kuku.

Dengan begitu, tumpukan darah beku yang ada di bawah kuku akan mengalir keluar dan mengurangi sensasi mati rasa. Untungnya, kauterisasi tidak menghasilkan rasa sakit karena ujung kawat didinginkan dahulu untuk mencegah luka pada dasar kuku.

Setelah itu, dokter akan membalut kuku dengan kain kasa. Anda mungkin akan diminta menaikkan jari sedikit tinggi untuk mencegah perdarahan.

Perawatan setelah prosedur

Setelah menjalani salah satu dari kedua cara mengobati darah beku di kuku, jangan lupa untuk merawat kuku jari yang mengalami masalah. Dokter biasanya akan meminta Anda untuk melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Menempelkan kompres dingin di area sekitar kuku selama 12 jam.
  • Mengganti kain kasa secara rutin, minimal selama tiga hari ke depan.
  • Menjaga kebersihan area kuku yang terinfeksi.

Adakah cara alami menghilangkan darah beku di kuku?

kompres es dingin
Sumber: Health Ambition

Umumnya, cara menghilangkan dara beku di kuku yang bisa Anda lakukan sendiri yaitu beristirahat dan mengompresnya dengan es. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan obat pereda nyeri bila diperlukan dan meninggikan jari yang terasa sakit.

Kompres es pada kuku

Perawatan di rumah yang bisa Anda coba untuk meringankan rasa sakit akibat hematoma subungual yaitu mengompresnya dengan air dingin atau es. Namun, menempatkan es langsung pada kuku yang rusak dapat menyebabkan cedera lebih lanjut.

Alangkah baiknya membungkus es dengan handuk kain dan meletakkanya ke area yang mengalami cedera. Dengan begitu, rasa sakit mungkin akan berkurang dan membantu mengurangi perdarahan di bawah kuku.

Selain mengompresnya, Anda juga bisa meninggikan kuku jari untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri lebih lanjut.

Meski terbilang tidak berbahaya, kuku hitam yang tidak segera ditangani dapat merusak sel-sel yang berfungsi menumbuhkan kuku. Bila matriks kuku rusak, kuku tidak akan tumbuh dengan benar atau bahkan tidak dapat tumbuh sama sekali.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Phillips, M. (2020). Subungual haemorrhage. DermNet NZ. Retrieved 24 November 2020, from https://dermnetnz.org/topics/subungual-haemorrhage/ 

Pingel C, McDowell C. (2020). Subungual Hematoma Drainage. [Updated 2020 Jul 31]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2020 Jan-. Retrieved 24 November 2020, from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK482508/ 

Subungual Hematoma. (n.d). American Osteopathic College of Dermatology. Retrieved 24 November 2020, from https://www.aocd.org/page/SubungualHematoma 

Dean, B., Becker, G., & Little, C. (2012). THE MANAGEMENT OF THE ACUTE TRAUMATIC SUBUNGUAL HAEMATOMA: A SYSTEMATIC REVIEW. Hand Surgery, 17(01), 151-154. https://doi.org/10.1142/s021881041230001x. Retrieved 24 November 2020.

Foto Penulis
Ditulis oleh Nabila Azmi pada 04/01/2021
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x