home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Siku Kering? Ini 5 Cara Efektif untuk Mengatasinya

Siku Kering? Ini 5 Cara Efektif untuk Mengatasinya

Terdapat berbagai hal yang dapat menyebabkan siku kering. Kaporit dalam air, suhu yang kering dan dingin, suhu air mandi yang terlalu panas, atau iritasi terus menerus dari bahan sabun, parfum, dan bahkan lotion yang tidak cocok, adalah beberapa contoh penyebab kulit siku menjadi kering. Nah, untungnya ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Cara mengatasi siku kering

Pada beberapa kasus, kulit siku yang kering juga dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu seperti eksim atau psoriasis. Namun, tidak peduli apapun penyebabnya, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mengembalikan kelembutan kulit siku Anda.

1. Perbaiki kebiasaan mandi Anda

Terdapat beberapa kebiasaan mandi yang mungkin saja dapat menyebabkan siku Anda kering. Waktu mandi yang terlalu lama salah satunya.

Cobalah untuk membatasi waktu mandi Anda. Anda juga dapat menurunkan suhu air yang Anda gunakan untuk mandi. Air mandi yang terlalu panas dapat mengurangi kelembaban dari kulit Anda, jadi jangan gunakan air yang terlalu panas untuk mandi.

Jika Anda menggunakan sabun mandi yang wangi, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk beralih ke produk sabun yang tidak mengandung pengharum.

Sabun yang mengandung pengharum biasanya cenderung membuat kulit kering. Sebagai tambahan, Anda juga dapat memilih produk yang mengandung pelembab di dalamnya.

2. Gunakan lotion yang mengandung bahan berikut

Anda dapat memakai lotion di siku Anda setelah mandi dan setiap Anda terpapar pada perubahan suhu yang cukup drastis (misalnya dari hawa panas ke ruangan ber-AC).

Saat membeli lotion, pastikan Anda memilih produk yang mengandung bahan seperti:

  • minyak zaitun (olive oil),
  • minyak kelapa,
  • petroleum jelly,
  • cocoa butter, dan
  • shea butter.

3. Pilih bahan pakaian yang tepat

Jika Anda memliki kulit yang sensitif, beberapa bahan pakaian dapat menyebabkan iritasi sehingga mengakibatkan kulit kering. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan pakaian yang akan Anda kenakan.

Apakah Anda memakai baju baru? Atau mengenakan selimut baru? Jika kulit siku Anda menjadi lebih kering atau mengalami pengelupasan setelah terpapar kain jenis tertentu, Anda mungkin memiliki kulit yang sensitif.

Batasi paparan Anda terhadap bahan-bahan kain tertentu, dan ingat-ingat bahan kain jenis apa yang membuat gejala Anda timbul.

Penting juga bagi Anda untuk memastikan bahwa detergen yang Anda gunakan tidak mengandung bahan iritan yang dapat mengakibatkan kulit kering seperti bahan kimia tertentu, pengharum, nikel, atau potassium dichromate.

4. Lindungi siku Anda dari perubahan lingkungan

Kebutuhan kulit Anda akan berubah seiring dengan perubahan cuaca. Sebagai contoh, terpapar matahari dalam waktu lama dapat membuat kulit Anda kering, terutama pada bagian siku.

Jika Anda akan menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari, pastikan Anda memakai tabir surya bebas pengharum (fragrance-free) dan menggunakan pakaian yang tertutup.

Untuk proteksi yang optimal, pakai kembali tabir surya Anda setiap dua jam sekali, atau setelah berenang, atau jika Anda berkeringat.

Suhu yang sangat dingin juga dapat membuat kulit siku Anda kering. Jika Anda berlibur ke tempat dengan cuaca dingin dan kering, pastikan Anda selalu memakai pelembab pada siku Anda dan tutupi bagian tersebut dengan pakaian.

5. Periksa ke dokter

Jika kulit kering Anda merupakan akibat dari kondisi medis tertentu seperti eksim atau psoriasis, Anda mungkin membutuhkan produk yang diformulasi khusus bagi keadaan Anda.

Terutama jika kondisi siku kering Anda tetap bertahan dan tidak membaik, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau spesialis kulit. Bisa saja Anda mengalami alergi yang tidak terdeteksi atau kondisi medis lainnya.

Jika Anda mengalami gejala yang bertambah buruk seperti kemerahan atau bahkan berdarah pada kulit siku, Anda harus segera mencari pertolongan medis.

Walau siku kering sering kali membuat Anda merasa tidak nyaman, ingatlah bahwa kondisi ini tidaklah permanen. Mengubah rutinitas Anda dan mengenakan pelembab mungkin dapat menjadi jawaban dari masalah kulit Anda.

Pada beberapa kasus, obat-obatan dari apotek juga dapat membantu mengobati kulit kering Anda. Jika gejala tidak membaik, segeralah berkonsultasi pada dokter atau dokter kulit.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Psoriasis: Cause and Triggers. (n.d.). National Psoriasis Foundation. Retrieved 28 May 2021, from https://www.psoriasis.org/about-psoriasis/causes

Dermatologists’ top tips for relieving dry skin. (n.d.). American Academy of Dermatology Association. Retrieved 28 May 2021, from https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/skin-care/dry-skin

Healthy Skin Matters. (2015). National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases. Retrieved 28 May 2021, from http://www.niams.nih.gov/health_info/kids/healthy_skin.asp

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Priscila Stevanni Diperbarui 28/05/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x