home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kulit Wajah Mengelupas Bikin Seram? Kenali Dulu Apa Penyebabnya

Kulit Wajah Mengelupas Bikin Seram? Kenali Dulu Apa Penyebabnya

Pernahkah Anda merasa wajah terlalu kering sampai kulit mengelupas? Kondisi ini sebenarnya disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari penggunaan produk kecantikan hingga kondisi medis tertentu. Mengetahui penyebabnya memungkinkan Anda mengetahui perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Berbagai penyebab kulit wajah mengelupas

Seperti yang dilansir dari Cleveland Clinic, kulit wajah mengelupas biasanya ditandai dengan wajah terasa kering dan mulai menunjukkan warna kemerahan. Gejala tersebut kemudian dapat berkembang menjadi rasa gatal, iritasi, dan akhirnya mulai terlihat mengelupas.

Kondisi ini bisa terjadi ketika Anda sedang dalam proses penyembuhan suatu penyakit. Namun, mungkin pula karena beberapa penyebab lain yang perlu Anda perhatikan.

1. Kulit wajah kering

mengatasi kulit wajah kering akibat tretinoin

Salah satu penyebab paling umum mengapa kulit wajah Anda mengelupas adalah terlalu kering.

Jika Anda merasa kulit wajah Anda kering, biasanya sel kulit tidak akan menempel satu sama lain dan mulai mengelupas. Kurangnya tingkat kelembapan pada wajah bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Iklim kering
  • Cuaca terlalu dingin
  • Produk perawatan kulit yang mengiritasi kulit
  • Senyawa klorin di kolam renang

Maka itu, ketika Anda berada di daerah dingin, kulit akan cenderung lebih cepat kering. Bahkan, hal ini juga dapat terjadi ketika Anda seharian bekerja di kantor dan pengaturan pendingin ruangannya terlalu dingin.

2. Sering terbakar matahari

Sumber: Men’s Health

Tidak hanya kulit kering, kulit wajah mengelupas juga dapat disebabkan oleh sunburn.

Sunburn merupakan sebuah kondisi ketika kulit terbakar matahari karena mendapatkan paparan sinar matahari terlalu banyak. Akibatnya, sinar UV membunuh sel-sel kulit, sel yang sudah mati pun dihilangkan, sehingga membuat wajah Anda mengelupas untuk digantikan oleh sel kulit baru.

Pada beberapa kasus, kulit wajah yang terbakar akan melepuh terlebih dahulu sebelum mengelupas untuk menghilangkan sel kulit mati.

Apabila hal tersebut terjadi pada Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli dermatologi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Menggunakan obat-obatan tertentu

obat jerawat roaccutane

Bagi Anda yang sedang menggunakan obat-obatan tertentu, terutama jerawat, mungkin saja hal ini yang menjadi penyebab kulit wajah Anda mengelupas.

Biasanya, produk untuk mengobati jerawat dan mengurangi kerutan berisiko membuat kulit wajah terkelupas. Pertama-tama, mungkin Anda akan sadar terdapat kerak putih seperti sehabis minum susu di sekitar mulut Anda.

Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya konsultasikan kondisi ini dengan dokter Anda. Apakah terdapat obat yang harus dikurangi penggunaannya atau tidak.

Selain itu, produk perawatan jerawat yang mengandung benzoil peroksida, sulfa, dan asam salisilat juga memberikan efek yang sama, terutama pada kulit sensitif.

4. Hipotiroidisme

obat gangguan tiroid

Hipotiroidisme atau hipotiroid merupakan sebuah kondisi ketika tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup. Akibatnya, proses metabolisme tubuh menjadi lambat dan menimbulkan berbagai gejala yang cukup mengganggu.

Menurut American Academy of Dermatology, salah satu gejala yang sangat erat hubungannya dengan kulit wajah mengelupas adalah kulit Anda menjadi cepat kering. Hal tersebut dikarenakan hormon tiroid berperan penting dalam pembentukan sel kulit baru yang menggantikan sel kulit mati.

Oleh karena itu, para penderita hipotiroidisme cenderung memiliki kulit yang kering, hingga dapat menyebabkan kulit mereka terkelupas, termasuk wajah.

5. Gangguan terhadap kesehatan kulit

cara mengobati eksim di wajah

Beberapa kondisi kesehatan berikut juga bisa menjadi penyebab kulit wajah Anda mengelupas.

  • Eksim. Kondisi peradangan ini dapat membuat kulit Anda memerah, mengelupas, dan terasa gatal. Bahkan, kulit Anda bisa terlihat retak dan mengeluarkan cairan.
  • Alergi menggunakan produk perawatan kulit tertentu membuat wajah Anda terasa gatal dan mengelupas.
  • Rosacea yang menyebabkan kemerahan dan menimbulkan benjolan di wajah, sehingga membuat kulit menjadi kering dan terkelupas akibat terlalu sensitif.

Kulit wajah yang mengelupas tak jarang juga karena kurangnya menjaga kesehatan kulit saat Anda berada di luar ruangan. Itu sebabnya, ingatlah untuk selalu menggunakan pelembap atau perawatan kulit lain, seperti sunscreen.

Untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat, konsultasikan dengan ahli dermatologi atau dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

American Academy of Dermatology. Thyroid disease: a checklist of skin, hair, and nail changes. Accessed Oct 4 2019. 

How Stuff Works. (2013). 5 Reasons the Skin on Your Face Might be Peeling. Accessed Oct 4 2019. 

Cleveland Clinic. (2018). Peeling Skin: Possible Causes. Accessed Oct 4 2019. 

Healthline. (2018). How to Get Rid of Peeling Skin on The Face, Fast. accessed Oct 4 2019. 

Medical News Today. (2019). Home Remedies for peeling skin on the face. Accessed Oct 4 2019. 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 11/11/2019
x