5 Deretan Bahan Alami yang Ampuh Meredakan Gejala Impetigo Pada Anak

    5 Deretan Bahan Alami yang Ampuh Meredakan Gejala Impetigo Pada Anak

    Kulit melepuh, gatal, dan nyeri akibat impetigo perlu segera diatasi. Jika tidak, infeksi impetigo dapat cepat menular atau bahkan memperparah kondisinya. Sebagai langkah awal, segera redakan gejala impetigo pada anak-anak atau orang dewasa dengan beberapa obat impetigo alami berikut ini.

    Beragam pilihan obat impetigo alami yang ampuh

    Sebelum Anda mulai memanfaatkan obat impetigo alami ini, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk mencegah efek samping yang mungkin terjadi. Ingat, obat impetigo alami ini hanya berfungsi untuk meredakan gejala, bukan untuk menggantikan obat impetigo dari dokter.

    Beberapa obat impetigo alami yang bisa Anda manfaatkan di antaranya:

    1. Bawang putih

    makan bawang putih

    Dikutip dari Healthline, sebuah studi tahun 2011 melaporkan bahwa sifat antimikroba dan antijamur pada bawang putih dapat melawan infeksi Staphylococcus dan Streptococcus, dua bakteri penyebab impetigo yang paling umum.

    Potong beberapa siung bawang putih menjadi kecil-kecil, lalu tempelkan pada luka impetigo dengan hati-hati karena akan terasa sedikit perih. Cara ini tidak boleh dilakukan pada anak yang usianya masih sangat kecil karena berisiko memicu iritasi kulit.

    2. Jahe

    Sumber: Medical News Today

    Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang memiliki segudang manfaat, salah satunya sebagai obat impetigo alami. Jahe memiliki sifat antimikroba yang ampuh melawan infeksi bakteri Staphylococcus penyebab impetigo.

    Caranya, potong-potong atau parut jahe terlebih dahulu sebelum ditempelkan pada luka impetigo. Karena rasanya akan sedikit perih, lakukan secara hati-hati.

    3. Kunyit

    kunyit untuk bayi

    Sifat antiradang dan antimikroba pada kunyit diketahui dapat melawan bakteri penyebab impetigo. Bahkan, bahan alami ini dinilai lebih ampuh meredakan gejala impetigo ketimbang rempah-rempah lainnya, lho.

    Potong kunyit menjadi beberapa bagian, lalu tempelkan pada luka impetigo. Anda juga dapat membuat pasta bubuk kunyit untuk dioleskan pada luka.

    4. Lidah buaya

    jus lidah buaya

    Kombinasi lidah buaya dengan daun mimba (intaran) efektif melawan infeksi Staphylococcus aureus penyebab impetigo. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan pada Journal of Pharmacy and Nutrition Sciences tahun 2015 silam.

    Untuk memanfaatkannya, oleskan getah (gel) lidah buaya langsung pada kulit atau gunakan gel lain yang mengandung lidah buaya di dalamnya. Sensasi dinginnya dapat membantu melembapkan kulit yang kering dan meredakan gatal akibat impetigo.

    5. Madu

    minum madu

    Manfaat madu ternyata tidak hanya meningkatkan sistem imun tubuh, tetapi juga menjadi obat impetigo alami. Lagi-lagi, hal ini disebabkan oleh zat antimikroba pada madu yang dapat membunuh bakteri Staphylococcus dan Streptococcus penyebab impetigo.

    Oleskan beberapa tetes madu manuka atau madu mentah pada luka impetigo dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan hati-hati.

    Untuk mendapatkan pengobatan yang lebih tepat, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter spesialis kulit. Booking dokter spesialis kulit terdekat melalui platfom Hello Sehat agar lebih mudah.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Yusra Firdaus


    Ditulis oleh Adelia Marista Safitri · Tanggal diperbarui 10/10/2022

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan