home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bagaimana Cara Mengatasi Biang Keringat yang Ampuh?

Bagaimana Cara Mengatasi Biang Keringat yang Ampuh?

Biang keringat (miliria) disebabkan oleh penyumbatan pada kelenjar keringat yang membuat keringat tidak bisa keluar sehingga menimbulkan iritasi berupa ruam merah di kulit. Untungnya, ada berbagai cara untuk mengatasi gejala yang timbul akibat biang keringat.

Cara mengatasi biang keringat

Jenis penyakit kulit ini tergolong ringan dan seringnya tidak menimbulkan masalah serius. Gejalanya pun dapat menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Meski demikian, gejala seperti gatal-gatal tentunya dapat terasa mengganggu.

Oleh karena itu, berikut adalah berbagai cara dan pengobatan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gejala biang keringat.

1. Menggunakan kompres dingin

cara mengatasi biang keringat

Salah satu cara mudah untuk meringankan gatal-gatal adalah mengompres dingin area yang bermasalah. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan kain bersih yang telah direndam air dingin atau es batu yang dibungkus.

Kompres bagian yang terkena biang keringat paling lama 20 menit.

2. Mengoleskan calamine

Calamine kerap digunakan untuk meredakan gatal-gatal dan iritasi pada kulit berkat kandungan zinc oxidenya. Obat ini tersedia dalam bentuk losion dan salep.

Sebelum menggunakannya, kocok botol losion calamine terlebih dahulu. Kemudian, keluarkan secukupnya pada kapas dan usap perlahan di atas area kulit yang terkena biang keringat. Biarkan losion mengering.

3. Menggunakan obat steroid oles

efek samping salep obat kortikosteroid

Cara lain untuk mengatasi biang keringat adalah dengan mengoleskan obat steroid. Obat ini memiliki komponen anti-peradangan yang akan bantu meringankan gatal dan kemerahan.

Obat steroid yang bisa digunakan untuk kondisi ini adalah yang berkekuatan ringan seperti hidrokortison. Hidrokortison biasa ditemukan dalam bentuk krim dan tersedia di apotek. Anda cukup mengoleskan obat tipis-tipis pada kulit yang gatal sebanyak 1 – 2 kali sehari.

4. Minum obat antihistamin

Antihistamin dikenal sebagai salah satu obat yang dapat meringankan gejala reaksi alergi. Namun, ternyata obat ini juga dapat meringankan gejala untuk penyakit biang keringat. Antihistamin berfungsi untuk mengurangi rasa gatal di kulit.

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih obat tertentu, jangan lupa konsultasikan kepada dokter guna memastikan penggunaan obat benar-benar aman.

Bagaimana cara mengatasi biang keringat dengan bahan alami?

Selain mengompres dan menggunakan obat-obatan medis, ada beberapa bahan alami yang juga memiliki potensi untuk membantu mengatasi gejala biang keringat. Berikut beberapa di antaranya.

1. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu bahan alami yang dikenal cukup efektif untuk mengurangi gatal-gatal dan peradangan pada kulit. Oatmeal sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kulit dan pengobatan untuk beberapa jenis penyakit kulit.

Komponen yang terkandung dalam oatmeal koloid terbukti telah menunjukkan aktivitas anti-oksidan dan anti-peradangan yang tentunya baik untuk mengatasi biang keringat.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menyampurkan 1 atau 2 cangkir oatmeal ke dalam air hangat. Lalu, gunakan air rendaman tersebut untuk mandi. Pastikan airnya tidak terlalu panas agar kulit tidak teriritasi.

2. Lidah buaya

manfaat lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera dapat memberikan sensasi sejuk, sehingga dapat mengurangi intensitas gatal-gatal yang Anda rasakan. Selain itu, aloe vera juga mengandung antiseptik yang baik untuk mencegah infeksi pada kulit.

Anda dapat mengatasi biang keringat menggunakan lidah buaya dengan cara mengoleskan gelnya pada bagian kulit yang bermasalah.

3. Cendana

Sebuah penelitian pada 2011 pernah menunjukkan bahwa komponen anti-peradangan dan analgesik yang terkandung dalam kayu cendana (sandalwood) dapat mengurnagi sensasi terbakar dan nyeri yang kerap terjadi saat Anda mengalami biang keringat.

Cara menggunakannya, campur bubuk cendana dengan air mawar sampai mengental, lalu balurkan pada area kulit yang bermasalah.

Bahan-bahan alami di atas memang dapat membantu proses penyembuhan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tidak semua orang cocok menggunakan bahan alami, terutama bagi orang-orang yang memiliki alergi.

Maka dari itu, pastikan bahwa Anda tidak mempunyai alergi pada bahan tertentu. Bila belum yakin, konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Yang harus diingat saat mengatasi biang keringat

Selain mengatasi biang keringat dengan cara-cara di atas, hal lain yang tentu juga harus dilakukan adalah menghindari pemicu penyakitnya dengan cara sebagai berikut.

  • Gunakan pakaian berbahan katun yang longgar untuk mencegah kepanasan, terutama bila sedang melakukan aktivitas fisik yang berat.
  • Kurangi menggunakan pakaian berbahan kain yang dapat mengiritasi seperti wol.
  • Mandi menggunakan air yang sejuk.
  • Hindari terlalu lama beraktivitas di tempat yang panas.
  • Minum banyak air untuk mengurangi dehidrasi yang dapat berpengaruh pada kulit.
  • Jangan pakai krim atau salep seperti aluminium klorida yang dapat menyumbat saluran keringat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Prickly Heat. (n.d.). Cedars Sinai. Retrieved 4 November 2020, from https://www.cedars-sinai.org/health-library/diseases-and-conditions/p/prickly-heat.html

Heat Rash, Diagnosis and Treatment. (2020). Mayo Clinic. Retrieved 4 November 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heat-rash/diagnosis-treatment/drc-20373282

Heat Rash. (2019). Health Direct. Retrieved 4 November 2020, from https://www.healthdirect.gov.au/heat-rash

Miliaria. (2020). DermNet NZ. Retrieved 4 November 2020, from https://dermnetnz.org/topics/miliaria/

Oatmeal. (2011). DermNet NZ. Retrieved 4 November 2020, from https://dermnetnz.org/topics/oatmeal/

Kumar, D. (2011). Anti-inflammatory, analgesic, and antioxidant activities of methanolic wood extract of Pterocarpus santalinus L. Journal Of Pharmacology And Pharmacotherapeutics, 2(3), 200. doi: 10.4103/0976-500x.83293

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Theresia Evelyn
Tanggal diperbarui 26/12/2020
x