Berbagai Hal yang Bikin Kulit Kering Lebih Rentan Jerawatan Daripada Kulit Berminyak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tak salah kalau kulit berminyak adalah penyebab utama jerawat. Tapi jangan dulu cepat tinggi hati jika Anda punya jenis kulit yang cenderung normal atau bahkan kering. Cara perawatan wajah yang keliru bisa memicu kulit kering menjadi ladang baru bagi jerawat muncul. Kok bisa? 

Kulit kering juga bisa berjerawat

Penumpukan minyak wakah dan kotoran yang menyumbat pori adalah penyebab utama dari jerawat di muka. Tapi bukan berarti jika jenis kulit Anda kering, maka wajah Anda sama sekali tidak memproduksi minyak. Kenyataannya adalah bahwa apapun jenis kulit Anda, kulit wajah biasanya tetap menghasilkan minyak — hanya saja minyak yang dihasilkan tidak menempel lama-lama pada kulit.

Kulit kering biasanya berarti kulit yang rusak, jelas Kelly M. Cordoro, asisten profesor dermatologi di University of Virginia, dilansir dari Live Strong. Kulit Anda bergantung pada lapisan minyak (lipid) untuk mencegah berbagai kuman penyebab iritasi dan mempertahankan regenerasi sel yang konsisten. Jenis kulit yang kering kehilangan kemampuannya optimalnya untuk melakukan tugas ini.

Kulit kering justru mungkin menghasilkan lebih banyak minyak sebagai upaya untuk melembapkan diri sendiri, menyebabkan sel kulit mati menumpuk lebih banyak di permukaan kulit sehingga mudah teriritasi dan meradang. Pada akhirnya ini meningkatkan potensi pori-pori tersumbat dan timbul jerawat.

Berbagai penyebab yang bikin kulit kering jerawatan tanpa Anda sadari

Dibanding dengan jerawat di kulit berminyak yang disebabkan penumpukan minyak wajah dan kotoran, jerawat di kulit kering pada umumnya lebih dipicu oleh gosokan berulang yang dilakukan di seputar wajah, terutama di daerah yang paling sering digosok keras.

Menggunakan terlalu banyak produk perawatan wajah yang mengandung bahan aktif, misalnya scrub, facial, atau peeling — apakah itu dirancang untuk mengobati dan mencegah jerawat atau tidak — dapat menyebabkan kulit kering, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena jerawat.

Kulit kering mungkin terlalu sensitif untuk menangani produk pembasmi jerawat yang mengandung bahan aktif keras, terutama obat retinol resep dokter. Beberapa obat jerawat dapat menyebabkan kulit kering ekstrem sebagai efek sampingmya, sehingga menggunakan obat-obatan ini dapat menyebabkan kerusakan penghalang lipid dan kulit kering untuk orang-orang yang biasanya tidak harus berhadapan dengan kulit kering.

Selain itu, ketika kulit wajah jadi kering, biasanya kulit akan mengelupas dan mungkin tanpa sadar Anda jadi sering mengelopek kulit yang bersisik ini. Inilah yang dapat menjadi celah bagi bakteri untuk masuk dan mengakibatkan infeksi pada kulit yang selanjutnya dapat berkembang menjadi jerawat.

Lalu, bagaimana mencegah muncul jerawat di kulit kering?

Perawatan wajah dengan benar bisa membantu Anda mengontrol jerawat. Bersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah dua kali sehari, terutama sebelum tidur. Jika kulit sedang dalam kondisi berjerawat maka sebaiknya menggunakan pembersih wajah untuk kulit berjerawat dengan kandungan pH yang sesuai dengan kondisi kulit. Jika keluhan dirasakan semakin menganggu, sangat disarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter kulit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Cara Cuci Muka yang Benar Agar Kulit Bebas dari Kotoran

Sudah benarkah cara Anda membersihkan muka selama ini? Berikut panduan cara cuci muka yang benar yang penting untuk diketahui.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Sabun Susu Kambing Lebih Baik dari Sabun Mandi Biasa, Benarkah?

Selain dijadikan pengganti susu sapi, susu kambing juga diolah menjadi sabun. Sabun susu kambing menyimpan segudang manfaat. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 27 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Hidradenitis Suppurativa

Hidradenitis suppurativa adalah sebuah penyakit kronis (kambuhan) menyerang kulit bagian folikel rambut dan kelenjar keringat. Apa obatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 26 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit

Kulit Anda Sering Bermasalah? Bisa Jadi Karena Peredaran Darah Tidak Lancar

Kulit kusam, berbintik, kering, dan berjerawat? Mungkin penyebabnya adalah sirkulasi darah yang buruk. Bagaimana sirkulasi bisa membuat kulit lebih sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Kulit 24 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
es batu untuk wajah

4 Cara Memanfaatkan Es Batu Untuk Wajah Lebih Cerah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
cara mengetahui skincare cocok atau tidak

5 Cara untuk Mengetahui Produk Skincare Anda Cocok dengan Kulit

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 2 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
luka bakar

Luka Bakar

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 27 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit