backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

4

Tanya Dokter
Simpan

Bisul di Selangkangan, Simak Penyebab dan Pengobatannya

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 15/01/2024

Bisul di Selangkangan, Simak Penyebab dan Pengobatannya

Bisul di selangkangan sering membuat tidak nyaman saat duduk, berjalan, atau melakukan aktivitas lain di area tersebut. Benjolan ini biasa terlihat di luar area kelamin, sekitar area kelamin, atau berada di organ kemaluan Anda.

Cari tahu penyebab dan cara mengobatinya berikut.

Mengapa bisa ada bisul di selangkangan?

Menurut sebuah jurnal pada 2018, penyebab bisul adalah bakteri bernama Staphylococcus aureus. Orang-orang umumnya menyebut kondisi ini sebagai infeksi staph.

Sebenarnya, bakteri ini hidup di kulit banyak orang dan tidak menimbulkan masalah. Namun, bila kulit terluka seperti tergesek atau tergores, bakteri ini bisa masuk ke dalam folikel rambut dan menyebabkan infeksi.

Biasanya, bakteri ini menyerang orang yang memiliki sistem pertahanan tubuh yang lemah. Oleh karena itu, bisul biasa terjadi pada penderita diabetes, infeksi kronis, atau kanker

Bisul sering timbul pada bagian tubuh yang ditumbuhi rambut, lebih mudah berkeringat, dan sering terkena gesekan, salah satunya adalah selangkangan.

Bisul di selangkangan dapat terjadi akibat infeksi yang berkembang di akar rambut alat kelamin.

Infeksi tersebut menyebabkan jaringan di dalam kulit terciptanya bisul mati dan menciptakan ruang yang nantinya akan diisi oleh nanah. 

Bisul juga dapat muncul dari gigitan serangga atau suntikan jarum yang tidak bersih. 

Umumnya, bisul akan hilang seiring berjalannya waktu. Akan tetapi, jika Anda khawatir benjolan ini dapat memicu komplikasi, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui pengobatan yang tepat.

Lantas, bagaimana cara mengobati bisul di selangkangan?

Terdapat beberapa cara mengatasi bisul di rumah jika bisul yang muncul hanya satu dan berukuran kecil. Berikut cara yang bisa Anda ikuti.

1. Menggunakan kompres hangat

Salah satu cara yang dapat mengobati bisul di selangkangan Anda adalah menggunakan kompres hangat. Cara ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada kulit yang menjadi bisul.

Keistimewaan dari kompres hangat ternyata dapat memperlancar aliran darah, sehingga sel darah putih dapat melawan sisa infeksi. Di bawah ini adalah tips menggunakan kompres hangat di rumah Anda.

  • Rendam kain atau waslap dengan air hangat.
  • Peras waslap atau kain lap tersebut.
  • Letakkan kain yang terasa hangat itu ke daerah bisul.
  • Biarkan selama 7 – 10 menit.

Berapa lama bisul di selangkangan sembuh?

Bisul di selangkangan dapat hilang mulai dari beberapa hari hingga minggu. Kesembuhan tergantung ukuran bisul, tingkat infeksi, kekebalan tubuh, dan bagaimana bisul diobati.

2. Memakai bawahan yang longgar

Penyebab bisul di selangkangan semakin parah adalah memakai bawahan atau celana yang terlalu ketat.

Kebiasaan tersebut menyebabkan gesekan halus pada kulit kemaluan Anda.

Ketika Anda sedang dalam proses pemulihan, usahakan untuk memakai bawahan atau celana dalam yang longgar. Apabila Anda berolahraga, jangan lupa untuk mengganti celana dalam agar selalu bersih. 

3. Mengoleskan salep

Jenis salep yang paling sering digunakan untuk mengobati luka akibat infeksi pada kulit adalah petroleum jelly. Minyak mineral satu ini dapat melindungi bisul dari gesekan pakaian Anda. 

Jika bisul di selangkangan sudah pecah, cobalah menggunakan obat bisul berupa salep antibiotik yang mengandung bacitracin, neomycin, dan polymyxin B. Ketiganya dapat menjaga daerah selangkangan Anda dari infeksi lain. 

4. Mengonsumsi obat penghilang nyeri

Ibuprofen atau acetaminophen merupakan salah satu jenis obat anti nyeri yang sering digunakan untuk meredakan gejala nyeri dan radang yang diakibatkan oleh bisul.

Namun, jangan minum obat ini sembarangan. Bacalah aturan pakainya secara saksama. 

Perlu diingat, Anda wajib mencuci tangan sebelum menyentuh bisul. Bila perlu, gunakan sabun antibakteri dan air hangat agar tidak membuat infeksi bisul semakin parah.

Selain itu, Anda harus menahan diri untuk tidak memecahkan bisul di selangkangan. Pasalnya, bakteri pada bisul bisa semakin cepat menyebar dan menambah rasa nyeri.

Cara-cara mengobati bisul selangkangan di atas biasanya ampuh selama benjolan tersebut belum menimbulkan gejala-gejala lainnya.

Anda harus berkonsultasi ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut jika:

  • bisul yang muncul lebih dari satu di waktu yang bersamaan,
  • mengalami demam dan menggigil,
  • sering berkeringat dingin,
  • bisul semakin banyak dan terasa lebih nyeri, serta
  • ukuran bisul semakin besar dan tidak hilang dalam dua minggu.

Dokter akan memberikan pengobatan dan tips perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 15/01/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan