9 Makanan yang Dapat Membuat Kulit Lebih Cerah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang juga harus kita jaga kesehatannya. Mungkin selama ini Anda berpikir dengan memakai produk perawatan kulit Anda sudah menjaga kesehatan kulit. Namun, lebih dari itu, ternyata Anda juga bisa menjaga kesehatan kulit melalui makanan yang Anda makan.

Ya, di dalam makanan yang Anda makan terkandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Sehingga, sebenarnya Anda turut menjaga kesehatan kulit Anda dengan selalu memakan makanan yang sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, setiap hari. Jadi, dengan menggunakan produk perawatan kulit dan juga dengan memakan makanan yang sehat, Anda telah menjaga kesehatan kulit Anda dari luar dan dalam.

Makanan apa saja yang dapat membantu mencerahkan kulit?

Kulit cerah merupakan dambaan setiap wanita. Dengan mempunyai kulit cerah, wanita bisa tampil dengan percaya diri. Nah, apa saja sih makanan yang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih cerah?

1. Kiwi

Buah kiwi merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Kandungan vitamin C inilah yang membuat kiwi berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Vitamin C sebagai antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan pada kulit. Selain itu, vitamin C juga dapat menjaga kelembaban pada kulit, sehingga kulit Anda tidak kering.

Saat memakan kiwi, pastikan Anda juga memakan kulitnya. Loh, mengapa? Justru di dalam kulit kiwi terkandung antioksidan yang lebih banyak, bisa mencapai tiga kali lipat dibandingkan jika Anda hanya memakan isinya. Artinya, dengan memakan kiwi bersama kulitnya, Anda tiga kali lipat lebih mampu untuk melawan radikal bebas dan membuat kulit Anda lebih bersinar.

2. Tomat

Lagi, buah yang kaya vitamin C, yaitu tomat. Ya, buah tomat yang biasa kita temukan dalam sayur, salad, atau dalam lalapan ternyata bermanfaat untuk membuat kulit lebih cerah. Selain itu, tomat juga mengandung likopen yang memberikan warna merah pada tomat.

Likopen ini dapat melindungi kulit Anda dari sinar UV dan juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada kulit, sehingga membuat kulit Anda lebih cerah. Likopen juga dapat meningkatkan status antioksidan dalam kulit, sehingga sel-sel kulit lebih mampu untuk melawan radikal bebas dari lingkungan. Bosan dengan tomat? Buah-buahan lain juga ada yang mengandung likopen, yaitu buah-buahan yang berwarna merah, seperti semangka.

3. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau biasa kita makan dalam bentuk kuaci, mungkin selama ini kita menganggapnya hanya makanan ringan. Namun, Anda jangan salah, kuaci ternyata bermanfaat untuk membuat kulit Anda lebih cerah. Di dalam biji bunga matahari terkandung vitamin E yang berguna untuk kesehatan kulit. Dalam 30 gram biji bunga matahari, terkandung sekitar 10,2 mg vitamin E.

4. Kacang almond

Kacang ini memang enak dan juga mengandung nutrisi penting, salah satunya adalah vitamin E. Sekitar 30 gram kacang almond mengandung vitamin E sebanyak 6,9 mg. Seorang profesor dermatologi dari Yale University, Jeffrey Dover, M.D., menjelaskan bahwa vitamin E sebagai antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari sinar UV dan faktor lingkungan lain yang menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit.

5. Alpukat

Ini merupakan buah yang kaya akan manfaat. Dalam satu buah alpukat terkandung sekitar 4,2 mg vitamin E dan 12 mg vitamin C. Artinya, jika Anda makan satu buah alpukat, Anda bisa mendapatkan kedua vitamin yang dibutuhkan oleh kulit. Juga, di dalam alpukat terkandung lemak baik yang dapat memberikan kelembaban serta menghidrasi kulit Anda, sehingga membuat kulit Anda terlihat lebih muda dan lebih sehat.

6. Wortel

Wortel merupakan salah satu sumber vitamin A dalam bentuk betakaroten. Vitamin A diperlukan untuk memperbaiki jaringan dalam kulit yang rusak. Jadi, wortel akan membantu membuat kulit Anda lebih sehat dan juga dapat membantu melawan keriput. Selain itu, wortel juga dapat membuat kulit Anda lebih cerah.

7. Ikan dan seafood

Ikan dan seafood, terutama yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membuat kulit Anda lebih sehat. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American College of Nutrition menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak ikan dan seafood mempunyai kerutan kulit yang lebih sedikit. Hal ini mungkin terjadi karena asam lemak omega-3 dalam ikan dapat membantu memperlambat proses kerutan di kulit dan juga dapat membantu mengurangi jerawat.

8. Brokoli

Brokoli, salah satu sayuran yang mengandung tinggi vitamin C. Dalam 100 gram brokoli mengandung 89,2 mg vitamin C. Seperti makanan yang mengandung vitamin C lainnya, brokoli juga dapat melindungi kulit Anda dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit keriput dan merusak DNA dalam sel-sel kulit.

9. Buah berry

Buah berry, seperti raspberry, blueberry, dan strawberry mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dan juga dapat mencegah kulit Anda dari keriput. Asam malat yang ditemukan dalam strawberry juga merupakan agen pemutih kulit alami. Buah lain yang juga mengandung vitamin C tinggi adalah lemon, jeruk, jambu biji, dan lainnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Zat Aditif pada Makanan Ternyata Tak Selalu Berbahaya

Zat aditif ada dalam setiap makanan kemasan. Biasanya sengaja ditambahkan untuk tujuan tertentu. Namun, apakah berbahaya bila dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Fakta Gizi, Nutrisi 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Bulu mata membantu membangun karakter wajah seseorang. Tidak heran jika bulu mata rontok bisa bikin Anda minder. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Makan Telur Mentah, Sehat atau Malah Berbahaya?

Telur mentah bisa ditemukan dalam berbagai minuman dan masakan. Tapi ternyata ada banyak risiko makan telur mentah, apalagi untuk orang-orang tertentu.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar dan tidak rata bisa mengganggu penampilan. Masker alami bisa mengecilkan pori-pori, Anda bisa memilih sesuai dengan tipe kulit.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pertolongan pertama keracunan makanan

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
makanan penyubur sperma

10 Makanan Penyubur Sperma agar Pasangan Cepat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
cara menghilangkan hitam di leher

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit