home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

9 Makanan yang Dapat Membuat Kulit Lebih Cerah

9 Makanan yang Dapat Membuat Kulit Lebih Cerah

Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang juga harus kita jaga kesehatannya. Mungkin selama ini Anda berpikir dengan memakai produk perawatan kulit Anda sudah menjaga kesehatan kulit. Namun, lebih dari itu, ternyata Anda juga bisa menjaga kesehatan kulit melalui makanan yang Anda makan.

Ya, di dalam makanan yang Anda makan terkandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Sehingga, sebenarnya Anda turut menjaga kesehatan kulit Anda dengan selalu memakan makanan yang sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, setiap hari. Jadi, dengan menggunakan produk perawatan kulit dan juga dengan memakan makanan yang sehat, Anda telah menjaga kesehatan kulit Anda dari luar dan dalam.

Makanan apa saja yang dapat membantu mencerahkan kulit?

Kulit cerah merupakan dambaan setiap wanita. Dengan mempunyai kulit cerah, wanita bisa tampil dengan percaya diri. Nah, apa saja sih makanan yang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih cerah?

1. Kiwi

Buah kiwi merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Kandungan vitamin C inilah yang membuat kiwi berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Vitamin C sebagai antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan pada kulit. Selain itu, vitamin C juga dapat menjaga kelembaban pada kulit, sehingga kulit Anda tidak kering.

Saat memakan kiwi, pastikan Anda juga memakan kulitnya. Loh, mengapa? Justru di dalam kulit kiwi terkandung antioksidan yang lebih banyak, bisa mencapai tiga kali lipat dibandingkan jika Anda hanya memakan isinya. Artinya, dengan memakan kiwi bersama kulitnya, Anda tiga kali lipat lebih mampu untuk melawan radikal bebas dan membuat kulit Anda lebih bersinar.

2. Tomat

Lagi, buah yang kaya vitamin C, yaitu tomat. Ya, buah tomat yang biasa kita temukan dalam sayur, salad, atau dalam lalapan ternyata bermanfaat untuk membuat kulit lebih cerah. Selain itu, tomat juga mengandung likopen yang memberikan warna merah pada tomat.

Likopen ini dapat melindungi kulit Anda dari sinar UV dan juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada kulit, sehingga membuat kulit Anda lebih cerah. Likopen juga dapat meningkatkan status antioksidan dalam kulit, sehingga sel-sel kulit lebih mampu untuk melawan radikal bebas dari lingkungan. Bosan dengan tomat? Buah-buahan lain juga ada yang mengandung likopen, yaitu buah-buahan yang berwarna merah, seperti semangka.

3. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau biasa kita makan dalam bentuk kuaci, mungkin selama ini kita menganggapnya hanya makanan ringan. Namun, Anda jangan salah, kuaci ternyata bermanfaat untuk membuat kulit Anda lebih cerah. Di dalam biji bunga matahari terkandung vitamin E yang berguna untuk kesehatan kulit. Dalam 30 gram biji bunga matahari, terkandung sekitar 10,2 mg vitamin E.

4. Kacang almond

Kacang ini memang enak dan juga mengandung nutrisi penting, salah satunya adalah vitamin E. Sekitar 30 gram kacang almond mengandung vitamin E sebanyak 6,9 mg. Seorang profesor dermatologi dari Yale University, Jeffrey Dover, M.D., menjelaskan bahwa vitamin E sebagai antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari sinar UV dan faktor lingkungan lain yang menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit.

5. Alpukat

Ini merupakan buah yang kaya akan manfaat. Dalam satu buah alpukat terkandung sekitar 4,2 mg vitamin E dan 12 mg vitamin C. Artinya, jika Anda makan satu buah alpukat, Anda bisa mendapatkan kedua vitamin yang dibutuhkan oleh kulit. Juga, di dalam alpukat terkandung lemak baik yang dapat memberikan kelembaban serta menghidrasi kulit Anda, sehingga membuat kulit Anda terlihat lebih muda dan lebih sehat.

6. Wortel

Wortel merupakan salah satu sumber vitamin A dalam bentuk betakaroten. Vitamin A diperlukan untuk memperbaiki jaringan dalam kulit yang rusak. Jadi, wortel akan membantu membuat kulit Anda lebih sehat dan juga dapat membantu melawan keriput. Selain itu, wortel juga dapat membuat kulit Anda lebih cerah.

7. Ikan dan seafood

Ikan dan seafood, terutama yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membuat kulit Anda lebih sehat. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American College of Nutrition menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak ikan dan seafood mempunyai kerutan kulit yang lebih sedikit. Hal ini mungkin terjadi karena asam lemak omega-3 dalam ikan dapat membantu memperlambat proses kerutan di kulit dan juga dapat membantu mengurangi jerawat.

8. Brokoli

Brokoli, salah satu sayuran yang mengandung tinggi vitamin C. Dalam 100 gram brokoli mengandung 89,2 mg vitamin C. Seperti makanan yang mengandung vitamin C lainnya, brokoli juga dapat melindungi kulit Anda dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit keriput dan merusak DNA dalam sel-sel kulit.

9. Buah berry

Buah berry, seperti raspberry, blueberry, dan strawberry mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dan juga dapat mencegah kulit Anda dari keriput. Asam malat yang ditemukan dalam strawberry juga merupakan agen pemutih kulit alami. Buah lain yang juga mengandung vitamin C tinggi adalah lemon, jeruk, jambu biji, dan lainnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Kamo, M. (2015). 15 Miracle Foods for Glowing Skin – Nutrition Secrets. [online] Nutrition Secrets. Available at: http://www.nutritionsecrets.com/miracle-foods-for-glowing-skin/ [Accessed 21 Oct. 2016].

Goldberg, Jennifer. (2015). 5 Foods to Eat for Healthy, Glowing Skin | Page 5 of 6 | Best Health Magazine Canada. [online] Available at: http://www.besthealthmag.ca/best-looks/skin/5-foods-to-eat-for-healthy-glowing-skin/5/ [Accessed 21 Oct. 2016].

Saraswat, Kriti. (2015). 10 vegetables and fruits for glowing skin. [online] Available at: http://www.thehealthsite.com/beauty/10-fruits-and-vegetables-that-can-give-you-glowing-skin/ [Accessed 21 Oct. 2016].

Giglio, K. (2015). 30 Easy Tips for Glowing Skin. [online] Women’s Health UK. Available at: http://www.womenshealthmag.co.uk/beauty-style/skin/108/30-easy-tips-for-glowing-skin/ [Accessed 21 Oct. 2016].

Reader’s Digest. (2016). 8 Foods for Beautiful Skin | Skincare Nutrition Tips. [online] Available at: http://www.rd.com/health/beauty/8-essential-foods-for-beautiful-skin/ [Accessed 21 Oct. 2016].

Bouchez, Colette. (2005). Skin Nutrition: Vitamins and Minerals for Your Skin. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/beauty/features/nutrients-for-healthy-skin-inside-out#1 [Accessed 21 Oct. 2016].

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 08/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
x