Benarkah Kacang Hijau Baik untuk Orang yang Punya Maag?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Orang yang punya penyakit lambung, misalnya maag, harus benar-benar menjaga pola makan dengan baik. Selain itu, Anda juga harus menghindari berbagai makanan yang bisa memicu gejala penyakit lambung seperti heartburn atau rasa perih di dada dan kerongkongan. Nah, ada kabar baik buat Anda. Makan kacang hijau ternyata baik untuk orang yang punya maag. Bagaimana bisa, ya? Simak ulasannya di bawah ini.

Mengenal kandungan dan berbagai manfaat kacang hijau

Jenis kacang yang satu ini memiliki zat gizi yang padat. Misalnya protein dan karbohidrat yang tinggi. Tak hanya itu, Anda bisa mendapatkan asupan berbagai vitamin seperti vitamin B kompleks, vitamin K, vitamin C, provitamin A dan beragam mineral seperti asam folat, magnesium, zat besi, kalsium, dan fosfor. Dengan kandungan yang cukup banyak di atas, sudah pasti kacang hijau pun punya berbagai manfaat kesehatan.

National Geographic menjelaskan bahwa kacang yang kecil itu bisa bermanfaat seperti anemia, pertumbuhan bayi dan anak, menurunkan berat badan, menguatkan tulang hingga kesehatan jantung. Lalu, benarkah kacang hijau bisa baik bagi Anda yang punya penyakit maag dan asam lambung?

Kandungan serat dalam kacang hijau

Serat adalah kandungan nutrisi yang membuat kacang hijau bermanfaat dan baik untuk maag. Nah, kacang hijau sendiri mengandung banyak serat. Setiap seratus gram kacang hijau mengandung 16 gram serat. Ini bisa memenuhi kebutuhan serat harian Anda hingga 64 persen.

manfaat kacang hijau

Lalu bagaimana serat bisa baik untuk penyakit maag?

Serat terbagi menjadi dua. Serat yang dapat dicerna oleh tubuh dan serat yang tidak dapat dicerna. Serat yang dapat dicerna oleh tubuh menarik cairan dari makanan yang sedang dicerna. Cairan membuat makanan memiliki ukuran besar dan mengembang. Dengan terserapnya cairan, Anda akan merasa lebih puas dan kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Ini akan meringankan kerja lambung Anda.

Selain itu, serat yang dapat dicerna juga bekerja dalam mengatur glukosa dan akan memberikan sinyal perut sudah kenyang ke otak, agar Anda tidak ingin makan lagi.

Di sisi lain, serat yang tidak dapat dicerna memiliki cara kerja yang berbeda untuk mengurangi sakit maag. Serat yang tidak dapat dicerna, yang terdapat pada sayur, mendorong proses pencernaan makanan dan membersihkan saluran pencernaan dari sisa-sisa pencernaan makanan sehingga mengurangi risiko naiknya asam lambung dan munculnya gejala maag.

Bukti medis lainnya juga menguak bahwa dengan makan banyak serat akan mengurangi perut kembung. Perut kembung adalah salah satu gejala maag yang membuat perasaan sangat tidak menyenangkan di perut. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengonsumsi kacang hijau bagi Anda dengan sakit maag.

Akan tetapi, sebaiknya jangan makan terlalu banyak dan kalau bisa hindari makan bubur kacang hijau menggunakan santan. Santan kelapa tinggi akan lemak jenuh yang bisa mengganggu pencernaan dan memicu refluks asam lambung.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Cara Mengeluarkan Racun dari Tubuh (Detoksifikasi)

Setiap hari tubuh terpapar oleh racun, dari luar maupun dari dalam tubuh. Oleh karena itu kita perlu melakukan detoksifikasi.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan, Informasi Kesehatan 27 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

10 Penyebab Maag, dari Penyakit Hingga Kebiasaan Sehari-hari

Maag adalah masalah pencernaan yang dialami siapa saja. Selain pola makan yang buruk, apa lagi yang biasa jadi penyebab maag?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Pencernaan, Gastritis dan Maag 26 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Apa Bedanya Sakit Maag (Dispepsia) dan GERD?

GERD dan maag sama-sama masalah pencernaan. Namun, ada perbedaan antara sakit maag dan GERD yang perlu diketahui. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Kesehatan Pencernaan, Gastritis dan Maag 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Maag (Dispepsia)

Sakit maag adalah penyakit yang tak boleh disepelekan. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, serta penanganannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Pencernaan, Gastritis dan Maag 13 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Direkomendasikan untuk Anda

buah untuk memperlancar BAB sembelit

9 Buah Terbaik untuk Melancarkan Buang Air Besar (BAB)

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit
manfaat bunga lawang

6 Manfaat Mujarab Bunga Lawang yang Sayang Dilewatkan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
dispepsia fungsional sakit maag

Dispepsia Fungsional

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Dipublikasikan tanggal: 17 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
punya maag boleh makan yogurt

Bolehkah Orang yang Punya Maag Makan Yogurt?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 5 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit