home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Hati-hati, Sering Cemas dan Gelisah Bikin Maag Gampang Kambuh

Hati-hati, Sering Cemas dan Gelisah Bikin Maag Gampang Kambuh

Rasanya hampir tidak ada orang di dunia ini yang tidak pernah cemas. Namun, hati-hati. Cemas berlebihan dan kenaikan asam lambung yang bikin sakit maag kambuh, ternyata saling berkaitan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Scandinavian Journal of Gastroenterology tahun 2002, cemas berlebihan dapat memicu masalah pencernaan. Begitupun sebaliknya, sakit maag kronis juga dapat membuat Anda mengalami kecemasan yang berlebihan. Lantas, bagaimana hubungan antara keduanya? Berikut penjelasannya.

Cemas berlebihan bisa jadi penyebab sakit maag kambuh terus

Salah satu gejala paling umum dari maag adalah perut mulas akibat kenaikan asam lambung ke kerongkongan (heartburn). Hal ini disebabkan karena otot cincin di ujung kerongkongan tidak berfungsi dengan baik sehingga terbuka secara spontan. Gejala lainnya yang ditimbulkan berupa sensasi sulit menelan, mual, muntah, dan sensasi terbakar di tenggorokan. Kenaikan asam lambung bisa berubah menjadi kronis jika terus berlanjut 2-3 kali setiap minggu. Kondisi ini disebut GERD.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Alimentary Pharmacology and Therapeutics tahun 2007 menemukan bahwa orang-orang yang sering cemas berisiko dua sampai empat kali terkena GERD. Gejala umum refluks asam lambung yang dikaitkan dengan kecemasan meliputi:

  • Sakit di bagian dada
  • Sulit menelan
  • Suara serak, terutama saat bangun tidur
  • Batuk kering
  • Nyeri tenggorokan ringan
  • Mual dan muntah
  • Bau mulut

Saat Anda cemas, lambung akan memproduksi asam lambung tiga kali lebih banyak daripada saat kondisi normal. Beberapa ahli percaya bahwa kolesistokinin — salah satu zat kimia di otak — berperan dalam meningkatkan perkembangan GERD pada orang yang mengalami kecemasan. Kecemasan juga dapat menurunkan produksi prostaglandin di dalam tubuh. Prostaglandin adalah hormonyang berfungsi melindungi lambung dari cairan asam lambung.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa penyebab perkembangan GERD tidak dapat dijelaskan secara medis. Artinya, seseorang dapat mengalami gejala sakit pencernaan namun tidak ditemukan adanya penyakit tertentu dalam tubuhnya.

Para ahli menduga hal ini disebabkan oleh perubahan perilaku. Pasalnya saat seseorang merasa cemas, mereka cenderung melakukan perilaku yang dapat memicu atau memperburuk lambungnya, seperti merokok, minum alkohol, atau makan makanan berlemak.

Sebaliknya, orang dengan masalah pencernaan juga dapat mengembangkan kecemasan, apalagi jika masalah lambungnya tergolong parah. Kondisi ini dapat merangsang saraf vagus yang ada di kerongkongan dan membuat seseorang menjadi semakin cemas. Maka dapat disimpulkan bahwa efek kecemasan dan gangguan lambung saling memengaruhi satu sama lain.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?

Anda wajib segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami masalah pencernaan ringan sampai sedang dan telah terjadi selama beberapa hari. Termasuk jika sakit maag kambuh lagi setelah sekian lama tidak muncul.

Namun jika penyebabnya adalah kecemasan, hal pertama yang dilakukan adalah mengobati gejala kecemasan Anda. ada beberapa pengobatan yang mungkin akan diresepkan untuk mengobati gejala kecemasan Anda. Dokter akan meresepkan obat-obatan tertentu sekaligus menganjurkan psikoterapi. Tujuannya adalah untuk mempercepat penurunan gejala cemas dan menutup kemungkinan kecemasan Anda berkembang menjadi stres berkelanjutan.

Selain itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah stres dan menjaga keseimbangan asam lambung Anda, di antaranya:

  1. Olahraga teratur. Olahraga dapat membantu melemaskan otot-otot yang kencang dan membantu melepaskan hormon alami agar Anda tidak stres. Lakukan juga beberapa teknik relaksasi seperti yoga, tai chi, dan olahraga favorit Anda lainnya.
  2. Hindari makanan pemicu, seperti cokelat, kafein, buah-buahan sitrus, makanan pedas, dan makanan berlemak yang dapat merangsang asam lambung Anda.
  3. Tidur yang cukup. Kurang tidur dapat membuat Anda rentan terkena stres. Jadi, manfaatkan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya dan letakkan posisi kepala lebih tinggi saat tidur. Hal ini berguna untuk mencegah kemungkinan asam lambung naik saat tidur.
  4. Tertawa. Tertawa merupakan salah satu penghilang stres terbaik. Jadi, cobalah untuk menonton film lucu atau bersenda gurau bersama teman. Hal ini terbukti ampuh menghindarkan Anda dari kecemasan sekaligus mencegah sakit maag kambuh lagi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Gastrointestinal Symptoms and Anxiety Disorders. https://www.verywellmind.com/gastrointestinal-gi-symptoms-and-anxiety-disorders-2584240. Accessed 9/2/2018.

Gastrointestinal Symptoms From Anxiety. https://www.livestrong.com/article/43282-gastrointestinal-symptoms-anxiety/. Accessed 9/2/2018.

Are Anxiety and Depression Related to Gastrointestinal Symptoms in the General Population? https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11916191. Accessed 9/2/2018.

Can Stress Cause Acid Reflux? https://www.healthline.com/health/gerd/stress#3. Accessed 9/2/2018.

What is the link between GERD and Anxiety https://www.verywellmind.com/gerd-and-panic-disorder-2584204. Accessed 14/2/2018

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri pada 27/02/2018
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
x