Mengenal Anti HBs, Opsi Pemeriksaan Lain untuk Diagnosis Hepatitis B

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Hepatitis B adalah penyakit liver menular yang cukup umum terjadi di negara berkembang, termasuk Indonesia. Bila Anda khawatir tapi tidak begitu yakin terinfeksi hepatitis B, pastikan konsultasikan diagnosisnya kepada dokter melalui tes anti HBs.

Apa itu tes anti HBs?

Obat hepatitis B

Penularan virus hepatitis B (HBV) mudah terjadi lewat pertukaran darah, liur, air mani, dan cairan vagina saat berhubungan seks tanpa kondom. Namun, Anda bisa melakukan pemeriksaan untuk tahu apakah Anda terjangkit HBV atau tidak.

Pada dasarnya tes hepatitis B terdiri dari berbagai macam. Bila Anda berkonsultasi dengan dokter terkait penyakit hepatitis menular ini, dokter mungkin akan meminta Anda menjalani pemeriksaan darah bernama tes HBsAG.

Bila hasil tes HBsAg positif, artinya tubuh Anda menjadi inang bagi virus hepatitis B (HBV). Ada kemungkinan virus dapat menyebar ke orang lain.

Jika dibandingkan dengan HBsAg, tes anti HBs adalah bagian dari rangkaian tes darah diagnosis hepatitis B. Anti HBs memiliki kepanjangan hepatitis B surface antibody (HBsAb).

Tes HBsAb merupakan pemeriksaan lanjutan setelah tes HBsAG dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengamati bagaimana sistem kekebalan tubuh bekerja melawan virus HBV.

Sama seperti pemeriksan darah pada umumnya, petugas medis akan mengambil sampel darah yang nantinya dianalisis di laboratorium. Anda bisa menjalani tes ini di klinik, puskemas, laboratorium kesehatan, atau rumah sakit.

Bagaimana bila tes anti HBs positif?

Tes darah setelah mengetahui gejala hepatitis B

Tujuan utama dari tes anti HBs adalah memastikan diagnosis awal dari penyakit hepatitis B. Pemeriksaan ini juga membantu dokter melihat apakah sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi untuk melawan virus hepatitis.

Antibodi tersebut dihasilkan secara alami oleh tubuh setelah dirangsang dengan mendapatkan vaksin. Vaksin hepatitis B terbuat dari virus HBV yang sudah dinonaktifkan. Bila masuk ke dalam tubuh, sistem imun akan mengenalinya sebagai zat asing dan membentuk antibodi untuk melawannya.

Itu sebabnya, ketika virus HBV aktif masuk ke dalam tubuh di kemudian hari, sistem imun akan langsung membunuhnya karena sudah tahu cara melawannya. Antibodi ini juga berfungsi menjaga tubuh agar terhindar dari infeksi virus hepatitis B berulang.

Artinya, hasil tes anti HBs positif menandakan bahwa Anda sebelumnya mungkin sudah pernah mendapatkan vaksin hepatitis B. Efek vaksin tersebut biasanya masih cukup kuat untuk melindungi tubuh dari paparan infeksi virus.

Selain itu, hasil anti HBs yang reaktif juga kemungkinan besar Anda tengah dalam masa pemulihan dari hepatitis B akut.

Apa artinya ketika hasil tes negatif?

dokter urologi

Bila tes anti HBs menunjukkan hasil yang negatif, Anda perlu waspada. Pasalnya, hal ini menandakan Anda belum pernah mendapatkan vaksinasi hepatitis B. Walaupun demikian, belum tentu gejala penyakit liver yang dialami merupakan tanda dari infeksi hepatitis B.

Dokter biasanya akan meminta Anda untuk menjalani serangkaian tes lainnya guna memastikan apakah Anda benar-benar mengalami hepatitis B.

Bila tes hepatitis B lainnya menunjukkan hasil negatif, kemungkinan besar Anda tidak terinfeksi HBV atau dalam tahap infeksi awal. Anda mungkin akan dianjurkan untuk mendapatkan vaksin hepatitis B agar terhindar dari infeksi HBV.

Sementara itu, ketika tes hepatitis B lainnya reaktif, bisa jadi Anda baru memiliki infeksi aktif atau telah menderita hepatitis B kronis.

Jika hal ini terjadi, dokter akan merekomendasikan sejumlah pengobatan hepatitis B. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko komplikasi, seperti sirosis hati hingga kanker hati.

Efek samping pemeriksaan anti HBs

Tes anti HBs sebenarnya aman, tidak menimbulkan efek samping yang serius, dan membaik setelah beberapa hari. Umumnya, setelah sampel darah diambil, Anda mungkin akan mengalami beberapa efek samping seperti:

  • nyeri dan memar kecil pada bekas suntikan,
  • sensasi berdenyut di area bekas suntikan, serta
  • sakit kepala ringan.

Alangkah baiknya untuk memberitahu tenaga medis terkait semua obat yang tengah dikonsumsi dan riwayat kesehatan Anda. Hal ini termasuk vitamin, herbal, dan suplemen.

Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Habis Minum Minuman Beralkohol?

Ukur berapa kadar alkohol dalam darahmu sekarang!

Hitung di Sini!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

HBsAg, Tes Darah untuk Mendiagnosis Penyakit Hepatitis B

Jika hasil pemeriksaan HBsAg positif, ini berarti Anda terinfeksi virus hepatitis B (HBV) dan berisiko menularkan penyakit ini ke orang lain.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 23 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit yang mengganggu fungsi hati. Cari tahu gejala, penyebab, dan pengobatan, serta pencegahannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 22 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit

Apa Artinya Jika Hasil Tes Laju Endap Darah Saya Tinggi?

Tes laju endap darah adalah tes yang bertujuan memprediksi adanya penyakit peradangan dalam tubuh. Siapa saja yang butuh tes ini?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kelainan Darah, Penyakit Kelainan Darah Lainnya 15 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Menyusuri Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem peredaran darah pada manusia berguna untuk mengantarkan nutrisi dan oksigen serta zat lain yang dibutuhkan tubuh. Bagaimana mekanisme ini berjalan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kelainan Darah 15 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Obat hepatitis B

Segudang Pilihan Obat dan Penanganan untuk Hepatitis B

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
penyakit kelainan darah

Kelainan Darah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
jenis hepatitis adalah

2 Jenis Hepatitis Berdasarkan Penyebabnya, Apa Saja?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Sakit perut gejala hepatitis B

Waspadai Gejala Hepatitis B, Termasuk yang Kronis dan Akut

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 28 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit