home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Tips Mudah Mengatasi Kelelahan Kronis Akibat Hepatitis

6 Tips Mudah Mengatasi Kelelahan Kronis Akibat Hepatitis

Hidup dengan hepatitis bisa menyebabkan kelelahan ekstrem atau kekurangan energi yang tidak juga membaik. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan beberapa tips untuk membantu mengatasi kelelahan akibat hepatitis. Anda bisa tetap berada di tempat tidur dan minum secangkir teh atau cokelat panas sembari membaca, dan kemudian mencoba menerapkan metode berikut dalam rutinitas harian Anda.

Beragam tips mengatasi kelelahan akibat hepatitis

Jangan khawatir jika Anda merasa kelelahan akibat hepatitis. Ada banyak orang yang juga hidup dengan penyakit tersebut yang merasa bahagia setiap harinya, dan Anda juga bisa melakukannya. Cukup dengan mengubah beberapa kebiasaan dan mencoba hal-hal baru setiap harinya, Anda akan menyadari bahwa kesehatan Anda semakin membaik. Begini tipsnya.

1. Mintalah bantuan

Jangan takut untuk meminta bantuan dari keluarga atau teman. Orang lain biasanya bersedia membantu, tetapi tidak ingin mengganggu hidup Anda. Anda mungkin akan terkejut saat mengetahui bahwa keluarga dan teman Anda senang karena mendapatkan kesempatan untuk membantu Anda mengatasi hepatitis.

2. Bersikaplah positif

Sikap optimis memang tidak dapat menyembuhkan kelelahan, tetapi pandangan positif dalam hidup bisa menjadi dukungan yang sangat kuat. Pikiran positif membuat semua hal tampak sederhana dan membantu mengurangi stres dan beban penyakit Anda. Cobalah untuk memiliki pikiran yang positif dan melakukan hal yang juga positif.

3. Bernapaslah dengan benar

Cara bernapas yang salah bisa menyebabkan kelelahan. Saat mengalami stres atau kelelahan, orang cenderung untuk menahan napas atau bernapas dengan pendek. Pasien hepatitis bisa mencoba latihan pernapasan dalam sembari fokus pada aliran udara yang mengalir masuk dan keluar tubuh.

4. Ubahlah kebiasaan untuk menyimpan energi

  • Mandilah sebelum tidur daripada di pagi hari. Mengenakan pakaian tidur memerlukan energi yang lebih sedikit karena lebih sederhana. Selalu duduk ketika berganti pakaian
  • Bekerjalah di lingkungan dengan penerangan yang baik dan suhu yang nyaman dengan ventilasi yang baik
  • Pakailah sepatu tanpa tali yang nyaman, suportif, dan tidak sulit untuk digunakan/dilepas.
  • Jangan mengangkat benda-benda berat. Kalau memungkinkan, diseret, digeser, atau didorong saja
  • Hindari tertekan dan terburu-buru. Frustasi dan sifat lekas marah meningkatkan kelelahan. Lakukan hal dengan santai, karena terburu-buru akan menyebabkan kesalahan dan kecelakaan, yang kemudian menuntut energi tambahan untuk menyelesaikannya, dan memberikan risiko cedera.

5. Berolahragalah

Berolahraga secara teratur adalah salah satu strategi terbaik untuk mengatasi kelelahan akibat hepatitis. Orang yang berolahraga teratur mengalami kelelahan yang tidak parah, kekuatan tubuh yang meningkat, dan merasa lebih baik secara keseluruhan. Latihan dengan interval lima sampai lima belas menit, dua sampai tiga kali sehari, bisa membantu mencegah kelelahan yang berkepanjangan. Olahraga tersedia dalam berbagai bentuk, dan berjalan kaki adalah salah satu latihan terbaik untuk meredakan kelelahan. Pada dasarnya, Anda bisa memilih aktivitas apapun yang membuat Anda bertenaga kembali tanpa menyebabkan Anda menjadi terlalu letih, seperti bersepeda, menari, berkebun, latihan daya tahan, Pilates, Qigong, berenang, Tai Chi, dan Yoga.

6. Jalani diet sehat

Diet sehat dan bernutrisi sesuai anjuran para ahli kesehatan mencakup menemukan keseimbangan antara kalori yang dikonsumsi dengan jumlah energi yang digunakan. Makanlah dengan sehat dalam porsi kecil secara sering, yang terdiri dari makanan rendah lemak dan tinggi serat. Pasien hepatitis juga harus mengonsumsi berbagai makanan yang mencakup buah-buahan, sayuran, dan gandum utuh. Cobalah untuk menghindari makanan dengan kandungan lemak, gula, dan sodium yang tinggi. Jika mungkin, berkonsultasilah pada ahli gizi atau dietitian terdaftar.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

A publication of the Hepatitis C Support Project. http://hcvadvocate.org/hepatitis/factsheets_pdf/Figue_guide.pdf. Accessed March 10,
2017.

How to Fight Fatigue From
Hepatitis C. http://www.webmd.com/hepatitis/hepatitis-c-fatigue. Accessed March 10,
2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi pada 03/08/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x