5 Tips untuk Single Mom Agar Bisa Sukses

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Menjadi seorang ibu tunggal alias single mom tentu menjadi tantangan tersendiri bagi seorang wanita. Supaya Anda bisa mendidik anak dengan baik meskipun sendirian, ada beberapa tips agar menjadi single mom yang sukses.

Tips menjadi single mom yang sukses 

mengatasi stres anak sekolah

Bagi seorang ibu tunggal, membesarkan anak mungkin akan terasa sulit ketika dilakukan tanpa pasangan.

Tidak ada bantuan tambahan atau Anda memiliki tanggung jawab penuh atas segala hal yang berhubungan dengan anak, seperti sekolah, kondisi finansial, dan kesehatan mereka. Tentu aspek tersebut adalah kewajiban orangtua, tetapi lain dengan ibu tunggal. 

Namun, menurut American Psychological Association, menjadi single mom lebih rentan stres dan mudah lelah. Akibatnya, Anda mungkin lebih berisiko terganggu secara emosional, kesulitan mendisiplinkan anak, dan bingung harus memprioritaskan yang mana, sehingga muncul masalah dalam keluarga. 

Mulai dari anak yang kurang perhatian hingga tidak dapat menyeimbangkan waktu antara pekerjaan dan keluarga. 

Sebenarnya, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjadi single mom yang sukses, seperti:

1. Tips jadi single mom sukses dengan merencanakan tujuan jelas

anak ADHD belajar

Tips pertama menjadi seorang single mom yang sukses adalah mulai menetapkan tujuan yang jelas dalam keluarga tersebut. 

Setelah menjadi seorang ibu tunggal sudah saatnya untuk mencari tahu ke mana arah keluarga ini akan berlabuh. Mulai dari apa yang Anda dan anak-anak inginkan dapat memperkuat pribadi seorang ibu tunggal. 

Misalnya, Anda bisa menemukan tujuan baru yang sederhana, seperti membuat rutinitas pagi hari yang baru dan seru. Setelah itu, Anda bisa mulai menciptakan tujuan untuk jangka panjang, seperti pindah rumah, cara mengelola kondisi keuangan keluarga, dan menjalin hubungan dengan mantan pasangan. 

Dengan begitu, Anda dan anggota keluarga lainnya dapat lebih terarah dan semangat mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. 

2. Terorganisir dengan baik

mengatur waktu pasien ADHD

Setelah berhasil merencanakan tujuan baru dalam keluarga, tips lainnya menjadi single mom yang sukses adalah terorganisir dengan baik. 

Hal ini bertujuan agar Anda dapat membagi jadwal dengan baik, antara anak, keluarga, dan pekerjaan. Anda memiliki jadwal sendiri yang harus bisa dikelola dengan baik, rutinitas rutin anak, pekerjaan, rumah, dan mengelola jadwal kapan anak menghabiskan waktu bersama ayah mereka.

Jika hal tersebut tidak dilakukan dengan cermat, mungkin Anda akan pusing sendiri. Oleh karena itu, teknologi sekarang ini hadir untuk membantu Anda. 

Anda dapat menggunakan kalender daring untuk memeriksa agenda, mengelola acara setiap minggu atau bulannya, dan menyebarkannya kepada anggota keluarga lainnya. 

Misalnya, akhir pekan bulan ini anak akan pergi ke berwisata bersama ayahnya. Anda bisa memasukkan jadwal tersebut dalam agenda Anda agar tidak lupa dan dapat dilacak. 

Selain itu, dengan adanya sistem ini anak pun lebih mengetahui dan dapat mempelajari jadwal mereka sendiri. 

3. Fleksibel namun tegas

menjelaskan mimpi basah anak

Sebagai seorang ibu tunggal, tentu Anda perlu menjadi pribadi yang tegas. Akan tetapi, terlalu keras terhadap anak Anda bukan salah satu tips menjadi seorang single mom yang sukses. 

Walaupun jadwal sudah dimasukkan ke agenda dan segalanya telah direncanakan, mungkin akan ada masalah yang mengubah hal tersebut. 

Misalnya, Anda tidak dapat menjemput anak karena harus menghadiri rapat tiba-tiba. Tidak perlu panik, Anda dapat meminta bantuan kepada orangtua atau orang yang bisa dipercaya untuk melakukan hal tersebut. 

Menjadi fleksibel bukan berarti longgar aturan. Anda juga perlu tegas dalam beberapa situasi tertentu. Contohnya, ketika anak melanggar beberapa aturan, seperti pulang terlalu larut malam tanpa alasan yang jelas pun perlu diberikan konsekuensi

Jika Anda bingung harus berbuat apa, tanyakan kepada teman yang mengalami hal yang sama untuk mendapatkan pilihan saran. 

4. Mandiri tetapi tahu kapan harus meminta bantuan

anak autisme datang acara keluarga

Kunci utama dari tips menjadi seorang single mom yang sukses adalah mandiri. Kemandirian tersebut tidak jarang melekat pada diri seorang ibu tunggal karena menjadi sebuah kewajiban. 

Akan tetapi, ibu tunggal yang sukses bisanya tahu akan ada saatnya Anda melakukan sesuatu sendiri atau memerlukan bantuan dari orang lain. 

Hal ini bertujuan agar Anda tahu kapasitas dari diri sendiri. Bukan berarti Anda tidak mampu, melainkan ada situasi tertentu yang mungkin membutuhkan pertolongan dari orang yang bisa dipercaya. 

Tidak bergantung kepada orang lain memang prinsip yang baik, tetapi tidak ada salahnya untuk memperluas lingkaran pertemanan. Entah itu rekan kerja ataupun tetangga yang mungkin bisa Anda jadikan dukungan. 

5. Percaya pada diri sendiri

mengembangkan kemampuan anak

Menjalani kehidupan sebagai ibu tunggal diperlukan kepercayaan terhadap diri sendiri yang tinggi.

Bagi Anda yang baru saja memulai kondisi ini, mungkin bisa melihat kembali ke belakang. Bagaimana Anda bisa melewati semua rintangan tersebut dengan pikiran yang utuh. 

Percaya pada diri sendiri adalah elemen penting dari tips menjadi seorang single mom yang sukses. Kini Anda menjadi tulang punggung keluarga dan perlu mengatur semuanya. 

Terdengar berat memang, tetapi mengakui apa yang telah diperbuat dan betapa kuat Anda selama ini tentu bisa menjadi bentuk penghargaan terhadap diri sendiri. 

Tips menjadi seorang single mom yang sukses memerlukan waktu yang tidak sebentar dan usaha yang tidak sedikit. Oleh karena itu, Anda perlu bersabar dan ingat bahwa ada anak-anak di rumah yang bisa menjadi pendukung untuk melewati rintangan itu.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 28, 2020 | Terakhir Diedit: Februari 27, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca