4 Tips Memilih Sepatu Anak yang Nyaman dan Tepat Bagi Pertumbuhannya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Begitu buah hati Anda sudah mulai berjalan, ia sangat membutuhkan alas kaki. Namun, sepatu yang dibutuhkan kali ini berbeda dengan yang sebelumnya. Baik dari segi ukuran maupun fungsinya yang pasti memberinya perlindungan total ketika ia berjalan. Seperti apa sih sepatu yang baik dan nyaman untuk anak? Cek tips memilih sepatu anak pada ulasan berikut ini.

Tips memilih sepatu anak yang aman dan nyaman

Salah besar jika Anda memilih sepatu anak berdasarkan modelnya saja. Apalagi termakan diskon besar-besaran, tanpa tahu lebih lanjut bagaimana bahan dan kualitas sepatunya. Supaya tidak salah langkah, simak tipsnya berikut ini.

1. Pilih ukuran yang tepat

Membeli sepatu secara online mungkin lebih praktis. Namun, sering kali tidak sesuai dengan harapan Anda. Akan lebih baik jika Anda pergi ke toko sepatu bersama anak. Anda akan lebih mudah menyesuaikan ukuran sepatu yang cocok. Ingat ukuran sepatu adalah poin penting dalam memilih sepatu. Jika terlalu sempit, kaki anak bisa lecet. Sebaliknya, jika terlalu besar, sepatu akan sering terlepas dari kakinya dan bisa membuatnya jatuh.

Langkah-langkah mengukur sepatu anak, antara lain:

  • Saat mencoba sepatu, posisikan anak untuk berdiri. Ini akan memudahkan Anda mengecek ukuran yang pas.
  • Pakaikan kaus kaki agar ukuran sepatu yang dipilih akan sesuai.
  • Tekankan jari Anda di bagian depan sepatu untuk memastikan jempol kaki si kecil tidak tertekuk atau ada ruang kosong di ujungnya.
  • Jika sepatu sudah sesuai ukurannya, jangan tergoda untuk memilih yang lebih besar. Sepatu yang kebesaran dapat membuat si kecil tidak nyaman.

2. Jangan tergoda dengan trend

Mengikuti trend mungkin membuat si kecil jadi lebih menarik dan menggemaskan, namun itu bisa membuatnya tidak nyaman. Anda mungkin melihat berbagai macam jenis sepatu lucu dengan hak. Ingat, keseimbangan tubuh anak masih belum cukup baik sehingga sepatu yang digunakan harus mendukungnya untuk berdiri tegap.

3. Pilih bahan sepatu sesuai kebutuhan

Sepatu anak dapat dibuat dari berbagai macam bahan, mulai dari kanvas, kain, atau kulit. Sepatu dengan bahan demikian memungkinkan sirkulasi udara pada kaki. Sementara bahan karet atau plastik lebih cocok untuk bahan sandal anak.

4. Biarkan si kecil memilih

Anak yang sudah bisa berjalan tentu akan sangat antusias jika Anda ajak ke toko sepatu. Meski Anda tahu sepatu yang tepat untuk dirinya, tidak ada salahnya Anda memberi kesempatan anak untuk memilih warna atau model sepatu yang diinginkannya.

Memakai sepatu sesuai dengan keinginannya, akan membuat perasaan anak jadi senang. Tentu, ia akan berhenti meminta Anda untuk menggendongnya.

Baca Juga:

Sumber