Langkah-langkah Menolong Bayi dan Anak yang Tersedak

Oleh

Tersedak terjadi saat benda asing tersangkut dalam tenggorokan atau kerongkongan sehingga menghalangi aliran udara. Pada orang dewasa, potongan makanan sering menjadi pelaku utamanya. Anak dan balita sering tersedak karena menelan benda-benda kecil saat bermain.

Jika Anda bersama seseorang yang tersedak, berikan pertolongan secepat mungkin. Ini sangat penting karena tersedak dapat memotong asupan oksigen ke dalam otak dan bisa membahayakan nyawa.

Bagaimana saya tahu kalau seseorang sedang tersedang?

Tanda yang umumnya ditunjukkan oleh orang yang tersedak adalah kedua tangan yang mencengkeran kuat tenggorokan. Jika orang tersebut tidak menunjukkan tanda ini, perhatikan indikasi bahaya lainnya, seperti:

  • Ketidakmampuan untuk berbicara
  • Kesulitan bernapas atau suara napas yang berisik
  • Ketidakmampuan saat diminta batuk
  • Kulit, bibir, dan kuku yang membiru atau kehitaman
  • Hilang kesadaran

Biasanya, untuk kasus tersedak ringan, jalur napas hanya akan terhalang sebagian dan orang tersebut masih dapat berbicara (walaupun sulit), menangis, batuk, atau bernapas.

Walaupun pada umumnya korban bisa mengatasi sedakanny sendiri, Anda juga bisa membantu mereka dengan memposisikan mereka sedikit condong ke depan (atau untuk bayi dan balita, baringkan tengkurap pada kedua paha Anda) dan pukulkan pergelangan tangan Anda di antara tulang belikat punggung (area di antara kedua bahu, di bawah tengkuk leher) orang tersebut sebanyak lima kali dengan gerakan yang tegas dan mantap.

Jika orang tersebut tidak bisa bernapas, tidak bisa batuk, atau tidak bisa bersuara, berikan bantuan dengan menekan perut kuat-kuat, disebut juga sebagai manuver Heimlich.

Manuver Heimlich untuk anak kecil dan dewasa yang tersedak

Untuk melakukan teknik ini, Anda harus:

1. Berdiri di belakang orang tersebut dan posisikan tubuh Anda di salah satu sisi tubuhnya. Jika orang tersebut dalam posisi berdiri, tempatkan salah satu kaki Anda di antara kedua kakinya agar Anda dapat menyangga orang tersebut jika ia pingsan.

2. Lingkarkan kedua tangan Anda di sekitar pinggangnya seperti posisi memeluk, dengan mengepalkan salah satu tangan. Posisikan sisi luar dari ibu jari menghadap perut orang tersebut, di atas pusar tapi tidak mendekati tulang dada. Lihat gambar di bawah ini:

Langkah menolong orang yang tersedak (sumber: webmd.com)
Langkah menolong orang yang tersedak (sumber: webmd.com)

3. Genggam kepalan tangan Anda dengan tangan yang bebas. Berikan sentakan ke atas ke dalam perut dengan keras dan cepat. Gerakan ini dapat menyebabkan benda asing yang tersangkut untuk lompat keluar. Anda mungkin perlu menggunakan tenaga yang lebih besar untuk orang yang berpostur tubuh besar, dan kurangi tenaga untuk orang dewasa bertubuh kecil atau anak-anak (di atas usia satu tahun).

Langkah menolong orang yang tersedak (sumber: webmd.com)
Langkah menolong orang yang tersedak (sumber: webmd.com)

4. Ulangi sentakan sampai benda asing benar-benar keluar seluruhnya atau sampai orang tersebut pingsan.

Namun, jika orang yang tersedak dalam keadaan hamil atau memiliki postur badan besar (berat badan berlebih atau obesitas), posisikan kepalan tangan Anda berada tepat di ujung tulang dada, kemudian lakukan sentakan mengarah ke dalam dan ke atas beberapa kali sampai mereka bisa memuntahkan benda tersebut.

Pertolongan pertama pada bayi berusia kurang dari satu tahun yang tersedak

Jika bayi bisa batuk atau membuat suara, biarkan ia batuk untuk mencoba mengeluarkan benda tersebut dengan sendirinya. Namun, tetap awasi mereka.

Jika Anda dapat melihat objek tersebut, coba untuk mengeluarkannya dengan perlahan. Jangan menyodok tanpa arah atau berulang kali dengan jari Anda, Anda justru akan memperburuk situasi dengan semakin mendorong benda tersebut masuk ke dalam tenggorokan, sehingga semakin sulit untuk dikeluarkan.

Jika bayi tersebut tidak bisa bersuara, batuk, atau menangis, maka Anda harus:

1. Duduk, kemudian baringkan bayi tersebut dalam posisi tengkurap condong ke depan di gendongan Anda sedemikian rupa di atas kedua paha Anda, sehingga posisi kepalanya akan lebih rendah dari dadanya.

2. Tahan posisi bayi dari depan dengan mantap menggunakan salah satu telapak tangan Anda, usahakan agar posisi kepala tidak layu menempel di paha Anda.

3. Gunakan tumit telapak tangan Anda untuk memukul di antara kedua tulang belikat bahu anak sebanyak lima kali.

Langkah menolong bayi yang tersedak (1-3) sumber: www.webmd.com
Langkah menolong bayi yang tersedak (1-3) sumber: www.webmd.com

4. Jika benda asing tidak kunjung keluar, sangga kepala bayi dan balikkan posisinya menghadap Anda sambil tetap menjaga posisi kepala lebih rendah dari dadanya.

5. Tempatkan 2-3 jari Anda di bawah garis puting dan tepat di atas tulang dada, kemudian berikan sentakan dada sebanyak lima kali dengan cepat.

Langkah menolong bayi yang tersedak (4-5) sumber: www.webmd.com
Langkah menolong bayi yang tersedak (4-5) sumber: www.webmd.com

6.Terus ulangi gerakan menepuk punggung dan menyentakkan dada, masing-masing 5 kali dan bergantian, sampai benda asing bisa keluar seluruhnya atau sampai bayi tersebut pingsan.

Jika jalan napas korban masih terhalang setelah melakukan teknik di atas, atau mengalami hilang kesadaran, segera lakukan teknik pernapasan bantuan (CPR) atau cari bantuan medis.

Manuver Heimlich atau teknik CPR dapat menyebabkan cedera serius. Meski langkah pertolongan pertama ini sangat efektif dan diperlukan untuk menyelamatkan jiwa, tenaga kesehatan profesional, misalnya dokter atau petugas ambulans, harus tetap memeriksakan orang tersebut untuk kemungkinan komplikasi bahkan setelah korban sadar.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca