home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

8 Cara Mengusir Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

8 Cara Mengusir Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

Saat sedang asyik-asyiknya makan ikan, tiba-tiba duri ikannya menyangkut di tenggorokan. Hmmm… pasti hal ini sangatlah mengganggu dan menjengkelkan. Menelan tulang ikan, atau bahasa umumnya disebut ketulangan, memang tidak enak. Pasalnya, ini membuat tenggorokan jadi sakit saat menelan makanan. Bahkan, jika tidak segera dilakukan tindakan, hal ini berisiko menyebabkan iritasi serta pembengkakan di wilayah tenggorokan, lho!

Lalu apa yang harus dilakukan jika Anda tak sengaja menelan tulang ikan? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan jika Anda mengalami ketulangan.

Cara mengatasi saat tidak sengaja menelan tulang ikan

Berikut beragam upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan duri atau tulang ikan saat tidak sengaja menelannya:

1. Jangan menggunakan tangan!

Jangan sekali-kali Anda mencoba mengeluarkan duri menggunakan tangan yang dimasukkan ke tenggorokan.

Pasalnya, hal itu bisa menyebabkan infeksi dan cedera pada kerongkongan, terlebih lagi jika Anda tidak dapat menjamin kebersihan tangan Anda.

2. Batuk

Hal pertama yang bisa Anda coba adalah batuk. Dalam beberapa kasus, batuk yang kencang dapat membantu mengeluarkan duri ikan yang terjebak di dalam tenggorokan.

3. Minum air garam

Jika dengan batuk duri masih belum hilang, Anda bisa langsung mengambil segelas air hangat yang ditambahkan dengan sejumput garam.

Selanjutnya, minum air campuran garam tersebut. Jika duri ikan yang tertelan cukup kecil, duri akan luruh terbawa air garam masuk ke saluran pencernaan.

4. Telan sekepal nasi

Anda juga bisa menelan sekepal nasi hangat tanpa dikunyah. Caranya, ambil nasi segenggam tangan, lalu bentuk menjadi bola-bola kecil. Ingat, jangan terlalu besar karena Anda berisiko tersedak.

Jangan lupa siapkan segelas air agar membantu nasi mendorong duri lepas dari tenggorokan.

5. Menelan marshmallow

Selain nasi, Anda juga bisa menelan marshmallow sebagai bantuan. Isi mulut Anda dengan beberapa marshmallow. Lalu kunyahlah marshmallow, kemudian telan.

Marshmallow memiliki tekstur tebal dan kenyal, ketika terkena air liur berubah menjadi lengket.

Hal ini memungkinkan duri menempel pada marshmallow dan luruh menuju pencernaan.

6. Minum minyak zaitun

Hal lain yang dapat Anda coba untuk menghilangkan duri ikan yang tersangkut di tenggorokan adalah dengan minum minyak zaitun.

Campurkan air hangat dengan minyak zaitun, lalu minumlah. Minyak zaitun memungkinkan memberikan pelumasan dalam kerongkongan sehingga membuat duri melunak dan terlepas.

7. Makan pisang

Sama seperti makan nasi, Anda bisa mengonsumsi beberapa pisang yang sudah dipotong-potong dengan ukuran sedang, dan mengemutnya di dalam mulut.

Pastikan Anda tidak mengunyah! Setelah cukup lembab, perlahan-lahan telanlah pisang tersebut. Agar menghindari tersendak, setelah menelan pisang, segeralah minum segelas air.

Kelengketan pisang bisa menarik tulang ikan sehingga memungkinkan terlepas dari kerongkongan.

8. Segera konsultasi ke dokter

Jika Anda tidak berhasil menghilangkan ketulangan di daerah tenggorokan dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas, Anda harus segera konsultasi ke dokter THT.

Terlebih jika ketulangan yang Anda alami menimbulkan beragam keluhan, seperti rasa sakit yang tidak kunjung sembuh ataupun pembengkakan di daerah tenggorokan.

Biasanya dokter akan melakukan X-ray dan menyuruh Anda menelan cairan berbasis barium.

Metode lain yang bisa dilakukan adalah melakukan laringoskopi untuk melihat di bagian belakang tenggorokan Anda.

Untuk kasus yang lebih parah, dokter biasanya menyarankan untuk melakukan CT scan dan endoskopi untuk melihat tingkat kerusakan kerongkongan atau saluran pencernaan Anda akibat menelan tulang ikan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

7 Ways to Remove Fish Bone Stuck in Throat – http://www.newhealthadvisor.com/fish-bone-stuck-in-throat.html diakses pada 12 April 2017

Remedies And Techniques To Remove Fish Bone Stuck In Throat: How do I get out a fish bone that is stuck in my throat? – http://www.home-remedies-for-you.com/askquestion/1514/cure-for-fish-bone-stuck-in-throat-how-do-i-get-ou.html diakses pada 12 April 2017

What Happens You Swallow Fish Bone – http://www.monitor.co.ug/Magazines/HealthLiving/What-happens-you-swallow-fish-bone/689846-3144314-m9e4tt/index.html diakses pada 12 April 2017

Oroesophageal Fish Bone Foreign Body – https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4977739/ diakses pada 12 April 2017

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal diperbarui seminggu yang lalu
x