4 Cara Jitu Menghentikan Kebiasaan Ngompol Pada Si Kecil

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Setelah lahir ke dunia, banyak hal yang harus dipelajari oleh buah hati Anda. Salah satunya, melatih anak menggunakan toilet (toilet training) sehingga ia bisa berhenti memakai popok. Meski sudah bisa menahan buang air kecil di siang hari, anak-anak masih saja suka mengompol. Lantas, bagaimana cara mengatasi anak ngompol di malam hari? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

Cara mengatasi anak mengompol di malam hari

Jika usianya sudah di atas 5 tahun, anak seharusnya sudah tidak mengompol lagi. Hal ini membuat kasur jadi bau dan Anda perlu mengganti seprai dan selimut setiap hari. Sungguh melelahkan, bukan? Selain membuat Anda repot, kebiasaan anak suka ngompol tentu tidak akan baik jika dibiarkan hingga dewasa.

Jangan khawatir, Anda bisa mengikuti beberapa cara menghentikan kebiasaan mengompol pada anak seperti berikut:

1. Tetap pastikan kebutuhan cairan anak terpenuhi

Mengurangi asupan cairan pada anak bukan cara mengatasi anak ngompol yang tepat. Si kecil tetap harus tercukupi kebutuhan cairan tubuhnya, baik dari air putih, jus, susu, atau makanan.

Membiasakan anak untuk minum cukup air putih ternyata membantu mengosongkan kendung kemih dan meningkatkan sensitivitas otot dan saraf di sekitarnya. Tanyakan pada anak, apakah ia perlu pergi ke toilet atau tidak setiap dua jam sekali.

2. Latih supaya terbiasa buang air kecil di malam hari

Umumnya, anak-anak suka ngompol karena mereka tidak terbiasa bangun malam hari ke toilet. Jadi, ia perlu latihan beberapa kali supaya terbiasa. Caranya, minta anak untuk minum satu gelas air putih menjelang malam.

Kemudian, biarkan anak pura-pura untuk tidur di kasur setidaknya satu jam. Kemudian, minta ia untuk pergi ke toilet. Latihan ini dapat membangun memori pada otot di kandung kemih. Anda bisa menerapkan latihan pada anak usia 3 tahun secara rutin.

3. Batasi asupan air menjelang tidur dan perhatikan pilihan makanannya

Untuk mencegah anak suka ngompol di malam hari, batasi seberapa banyak ia minum menjelang malam. Hindarin juga makanan yang mengganggu fungsi kandung kemih. Contohnya makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti cokelat, teh, dan kopi. Selain itu, hindari jus jeruk dan makanan berprotein yang mengganggu tidur .

4. Berikan apresiasi dan pergi ke dokter jika diperlu

Jika si kecil menunjukkan kemajuan selama latihan bahkan berhasil, jangan lupa untuk memberikan apresiasi padanya. Anda bisa memberikan pujian atas kerja kerasnya atau hadiah sebagai tanda keberhasilannya. Jika cara mengatasi anak ngompol di atas, masih tidak ampuh, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca